Ukuran Thumbnail Youtube Video Dan Header Channel Terbaik

3 min read

Ukuran Thumbnail Youtube Video Dan Header Channel

Pada saat ini banyak sekali orang yang ingin menjadi youtuber atau konten creator di youtube namun kalian harus tau juga satu aspek yang paling penting dalam membuat video youtube yaitu ukuran tampilan dari video youtube sendiri hingga ukuran thumbnail youtube.

untuk membuat thumbnail youtube kalian harus tau berapa ukuran dari thumbnail tersebut karena apabila kalian tidak tahu, jika thumbnail yang kalian pakai tidak sesuai dengan rekomendasi youtube maka tampilan tidak akan maximal dan akan tidak terlihat bagus.

Mungkin dari beberapa kalian mungkin bertanya -tanya kira-kira berapa ukuran thumbnail youtube?

Tapi apa kalian tahu apa itu thumbnail? Thumbnail merupakan sebuah gambar cover di suatu video ataupun artikel yang ada di sebuah situs, khususnya youtube untuk youtube sendiri memiliki rekomendasi khusus untuk thumbnail videonya .

namun berbeda dengan situs yang berisikan artikel, jika pada artikel thumbnailnya bebas bahkan bisa diatur sesuka hati sesuai keinginan si pembuat artikel ataupun template dari situs tersebut.

ukuran thumbnail video youtube adalah dengan resolusi 1280 x 720 pixel dan Rasio 16:9, minimal ukuran file gambar thumbnail yang dapat diupload ke video youtube tidak lebih dari 2Mb. format gambar yang bisa diupload ke video youtube seperti JPG,GIF,BMP, dan PNG.

1. Membuat Thumbnail Youtube Di photoshop

untuk membuat thumbnail YouTube di Photoshop Kita tetap mengikuti rekomendasi dari YouTube sendiri yaitu dengan ukuran 1280 x 720 piksel dengan rasio 16 : 9.

Dan size Thumbnail YouTube tersebut tidak boleh lebih dari 2 MB serta format yang dibuat adalah JPG, gif,  BMP, dan png.

Edit foto Thumbnail bisa menggunkan photoshop agar mendapatkan hasil yang maximal

Cara mengatur ukuran thumbnail YouTube di Photoshop sebagai berikut

  1. Silakan buka Photoshop dahulu
  2. Lalu klik FILE dan pilih New
  3. Ukuran Thumbnail Video youtube
  4. Nanti akan muncul settingan untuk mengatur ukuran pixel thumbnial yang mau dibuat
  5. Ukuran Thumbnail Video youtube
  6. Setelah itu silahkan Klik Oke Untuk memulai mengedit Thumbnail video youtube
  7. Jika sudah silahkan klik menu File seperti cara pertama tadi dan Klik save as
  8. Ganti nama File susuai nama video yang mau anda kasih Thumbnail
  9. Pilih format JPG,PNG dan lain sebagainya yang direkomendasikan oleh youtube
  10. Ukuran Thumbnail Video youtube

Gambar diatas menunjukan file nama dan format gambar yang dipilih ketikan mau menyimpan thumbnail youtube, untuk settingan awal tadi diphotoshop mungkin 2Mb lebih. akan tetapi nanti ketika sudah di save as ukuran thumbail tersebut akan akan dicompres lebih kecil secara otomatis oleh photoshop.

2. Ukuran Header Channel Youtube

Apabila tadi kita sudah membahas tentang ukuran Thumbnail YouTube berikutnya adalah kita akan membahas Berapa ukuran header channel YouTube, hal yang tidak kalah penting dari sebuah channel YouTube selain Thumbnail adalah Header dari channel tersebut.

kenapa Header ini sangat penting? karena dengan membuat header akan semakin membuat channel kita terlihat seperti profesional dan tentunya keren.

header channel sebagai identitas branded dari sebuah channel youtube , jadi apabila header kalian bagus dan menarik maka channel youtube kalian akan mudah diingat oleh penonton video youtube kalian.

Header channel akan terlihat berbeda-beda di layar setiap  device, jadi setiap header channel akan berubah-ubah pada perangkat yang digunakan seperti desktop, handphone dan juga TV gambar yang besar akan terpotong apabila kalian melihatnya dari handphone.

Untuk Mendapatkan tampilan header yang bagus ukuran header yang direkomendasikan oleh youtube adalah 2560 x 1440 pixel dengan ukuran ini akan memberikan tampilan yang bagus untuk semua perangkat seperti handphone, Tv dan komputer.

Pada penempatan nama channel dan logo harus di area ukuran 1546 x 423 pixel (penjelasan di gambar) apabila kalian membuat nama channel atau logo diheader.

Melebihi ukuran 1546 x 423 pixel maka teks atau logo yang kalian buat akan terpotong pada perangkat tertentu.  maka dari itu  yang bisa untuk sampul channel 2560 x 1440 piksel.

Untuk dimensi minimum yang bisa di upload sebagai sampul channel YouTube yaitu 2048 x 1152 piksel Sedangkan untuk lebar maksimum adalah 2560 x 423 pixel.

Dengan lebar yang sudah direkomendasikan tadi di area pada logo ataupun text tidak akan terpotong Ketika dilihat dari device tertentu akan tetapi hal ini juga bergantung pada Browser yang digunakan, bisa saja terpotong apabila tampilan Browser yang digunakan berbeda.

ukuran header youtube

Keterangan:
1. Ukuran Yang akan terlihat Di Tv
2. Ukuran yang akan terlihat ketikan Tampil Di komputer/pc
3. Ukuran yang akan Tampil pada Tablet atau Smartphone
4. Tempat dimana menulis Text Channnel dan Logo (area aman) agar logo dan Tulisan Channel kalian tidak terpotong di device yang berbeda.

Sedangkan untuk ukuran header channel YouTube, Kalian bisa meng-upload dari file tersebut berukuran tidak lebih dari 6 MB, apabila dari file tersebut melebihi 6 MB kemungkinan besar tidak dapat diupload.

Akan Tetapi untuk ukuran pixel dari sampul YouTube apabila kurang dari ukuran yang direkomendasikan, gambar header  YouTube tidak akan bisa diupload.

Cara Membuat Ukuran Header Youtube Di Photoshop

  1. Pertama silahkan buka softwere photoshop
  2. Lalu klik FILE dibagian kiri Atas
  3. Kemudian isilah ukuran Header YouTube sesuai rekomendasi yaitu 2560 x 1440 pixel
  4. ukuran header youtube di photoshop
  5. Lalu klik OK untuk menyimpan hasil settingan
  6. Silakan buat sampul YouTube yang kalian kehendaki
  7. Apabila desain sudah sesuai harapan kalian
  8. Setelah itu  klik menu file dan save as untuk menyimpan hasil header channel YouTube
  9. ukuran header youtube
  10. Isi file name dengan nama youtube kalian
  11. Langkah terakhir pilih format gambar dan klik save untuk menyimpan gambar header youtube kalian
  12. ukuran header youtube

Nah itulah kira-kira ulasan tentang ukuran video YouTube dan juga ukuran header youtube channel yang bisa menjadi panduan untuk kalian yang lagi mengelola channel YouTube sebagai content creator,

Apabila ada yang kurang paham untuk mengatur ukuran tabel dan header channel YouTube di Photoshop silahkan tinggalkan komentar di bawah ini, semoga bermanfaat terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *