Cara Menghilangkan Iklan di Laptop

Laptop merupakan salah satu alat elektronik yang sering digunakan untuk melakukan berbagai jenis pekerjaan. Namun dalam keadaan tertentu, sering kali muncul iklan-iklan yang tidak tahu dari mana asalnya muncul sehingga akhirnya mengganggu pekerjaan. Oleh karena itu di bawah ini akan kita bahas mengenai cara menghilangkan iklan di Laptop.

Apakah Anda penasaran dengan caranya? Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini:

Kemunculan Iklan di Laptop

Sebelum membahas mengenai cara menghapus iklan ada baiknya jika kita juga mengidentifikasi terlebih dahulu tempat di mana iklan-iklan yang sering kali muncul di laptop Anda sehingga nantinya Anda bisa memilih cara mana yang akan dilakukan. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Di Desktop

Kemunculan iklan sering kali muncul di bagian laptop. Iklan akan muncul saat laptop Anda sudah terhubung dengan internet. Kemunculan iklan ini mengharuskan Anda untuk membersihkannya secara manual.

Jenis iklan yang satu ini sering kali terjadi. Iklan sangat mengganggu apalagi kemunculannya pada saat Anda sedang melakukan pekerjaan yang cukup penting pada saat itu.

Iklan di desktop umumnya bersifat notifikasi, walaupun kecil akan tetapi kehadirannya memang diakui sangat mengganggu pandangan.

Selain dalam bentuk notifikasi, iklan juga sering muncul dengan bentuk jendela yang cukup besar di tengah-tengah layar. Model yang satu ini bisa menghalangi Anda dalam melakukan pekerjaan menggunakan PC dan cukup membuat jengkel.

  1. Di Browser

Iklan yang sangat sering terjadi adalah di browser. Ya, browser yang merupakan tempat mesin pencari berada ini memang sering menjadi gudangnya iklan.

Bahkan bukan hanya iklan dengan bentuk gambar saja bahkan muncul iklan dalam bentuk video yang bisa langsung berjalan tanpa adanya perintah dari pemilik laptop.

Hal ini sangat berbahaya, di samping mengganggu pekerjaan, iklan video seperti ini sering kali menyebabkan kuota data Anda menjadi banyak terkuras.

Jenis iklan yang satu ini juga sering muncul ketika Anda mengakses beberapa website lalu diarahkan pada laman iklan yang mana kehadirannya cukup mengganggu pandangan apalagi Anda harus membuang tenaga dengan menutup jendela tersebut.

  1. Di Software

Iklan tidak hanya muncul tiba-tiba di desktop maupun di browser saja namun juga sering kali muncul pada software aplikasi yang Anda miliki.

Iklan tiba-tiba akan muncul pada saat Anda menggunakan software tersebut dan mengganggu pandangan serta mengganggu pekerjaan yang akan Anda lakukan

Iklan seperti ini tak jauh berbeda dengan yang ada di browser karena keduanya sama-sama software komputer.

Software aplikasi yang diunduh selain dari pihak resmi seperti Windows App atau Google Store sering membawa iklan yang cukup mengganggu.

Biasanya iklan dimunculkan memang untuk membuat Anda jenuh dan memilih menggunakan layanan premium untuk mendapatkan akses tanpa batas pada aplikasi tersebut.

Cara Menghilangkan Iklan di Laptop

Setelah mengetahui di mana iklan sering muncul, selanjutnya akan kita bahas mengenai cara menghilangkan iklan di Laptop itu sendiri. Penjelasannya sebagai berikut:

  1. Uninstall Software yang Mencurigakan

Cara menghapus iklan di laptop yang pertama adalah dengan mencopot atau meng-uninstall berbagai software aplikasi yang sekiranya mencurigakan. Lalu, bagaimana cara menghapusnya?

  1. Menggunakan Control Panel
  2. Pertama, buka saja Control Panel dari menu start
  3. Kemudian pilih menu uninstall program
  4. Cari berbagai aplikasi yang tidak terpakai dan juga mencurigakan
  5. Kemudian klik kanan pada aplikasi tersebut, lalu pilih uninstall
  6. Tunggu proses selesai dan perhatikan apakah iklan masih muncul atau tidak.
  7. Menggunakan Windows Eksploler
  8. Pertama, masuk pada menu windows exploler baik ari menu start maupun di taskbar
  9. Kemudian masuk di Local Disk C
  10. Pilih Program Files
  11. Pilih aplikasi yang sekiranya mencurigakan
  12. Cari file uninstall, dan klik dua kali
  13. Tunggu proses berjalan, dan amati apakah iklan masih muncul.
  14. Scan Virus yang Mungkin Masuk ke Laptop Anda

Iklan juga bisa muncul karena ada beberapa jenis virus yang masuk pada laptop Anda. Oleh karena itu, Anda bisa mulai dengan melakukan scan keseluruhan pada laptop, dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka Anti virus yang ada di laptop Anda
  2. Kemudian pilih scan now
  3. Tunggu hingga proses scanning selesai
  4. Hapus semua virus yang terdeteksi pada anti virus Anda
  5. Jika sudah selesai coba matikan dan hidup kan atau restart laptop Anda dan amati apakah iklan masih mengganggu?
  6. Buang File Temporary

Apa itu File Temporary? Yaitu sebuah file yang isinya merupakan kumpulan dari data yang tersimpan dengan cara otomatis pada laptop. Data ini sering tersimpan untuk menyimpan data aplikasi. Hal ini juga sering memunculkan iklan mengganggu sehingga Anda bisa menghilangkannya dengan cara sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Windows dan R bersamaan dari keyboard atau klik menu run dari menu start
  2. Lalu ketik Temp dan klik OK
  3. Setelah itu hapus semua folder yang ditampilkan oleh sistem
  4. Tekan kembali Windows­+R dan ketik %temp% lalu klik ok
  5. Hapus kembali folder dan juga file di dalamnya
  6. Langkah selanjutnya, Anda tinggal me-restart
  7. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Berikutnya, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara ini dikenal sebagai cara menghilangkan iklan dengan add ons. Ya, ada berbagai jenis aplikasi add on yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan iklan.

Anda dapat menghilangkan iklan di browser laptop dengan mudah tanpa sehingga tidak mengganggu pekerjaan yang dilakukan. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

  1. Pertama, Anda harus memiliki aplikasi add ons yang sesuai dengan keinginan
  2. Kemudian buka browser Anda dan klik Option atau Preferences
  3. Klik contents
  4. Aktifkan dengan memberi tanda centang pada block pop-up windows
  5. Setelah itu, semua iklan akan terblokir dengan cara otomatis.
  6. Pakai Fasilitas Berlangganan

Untuk iklan yang muncul pada aplikasi, seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kebanyakan karena ingin membuat Anda menggunakan versi premium.

Versi premium maksudnya adalah fitur pada aplikasi tersebut dapat Anda gunakan semuanya dan juga bebas dari iklan.

Tentunya untuk hal ini Anda harus membayar sejumlah uang, namun iklan akan hilang dan tidak mengganggu Anda. Caranya bagaimana?

  1. Buka software Aplikasi yang berisi Iklan
  2. Cari menu Profil
  3. Pilih upgrade premium, upgrade VIP, dan lain sebagainya
  4. Masukkan data diri dan juga dokumen yang diperlukan seperti karu kredit atau kartu debit
  5. Bayar sesuai dengan nominal dan rasakan manfaatnya.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai cara menghilangkan iklan di Laptop dengan mudah dan cepat. Kini, Anda bisa menikmati bekerja menggunakan Laptop dengan mudah tanpa adanya gangguan. Semoga informasi di atas bisa berguna bagi Anda yang membutuhkan.