Cara Bayar Pajak Motor Online Semakin Praktis Melalui E-Samsat

Cara Bayar Pajak Motor Online Semakin Praktis Melalui E-Samsat

MasPedia.com – Kebanyakan orang mayoritas mempunyai kendaraan yang namanya motor. Setiap tahunnya motor pun juga dikenakan pajak. Dimana anda harus membayarnya setahun sekali sebelum jatuh tempo pembayaran. Biasanya membayar pajak dilakukan langsung pada kantor Samsat. Namun akankah kita sekarang bisa melakukan pembayaran secara online? Pertanyaan seperti ini bakalan kita jawab nantinya. Konon memang sudah tersedia beberapa cara bayar pajak motor online. Dimana cara tersebut terbukti memudahkan anda yang ingin membayarnya.

Sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya kita mampu membayar pajak. Namun terkadang karena rumitnya proses pembayarannya bisa memunculkan adanya kasus pungutan liar. Jangan sampai hal tersebut terjadi kepada anda. Kini pelayanan pembayaran pajak tidak hanya harus datan langsung ke SAMSAT melainkan cukup melakukan pembayaran secara online. Dengan adanya layanan secara online ini maka semua masyarakat mampu mengurus PKB dengan baik dan lebih cepat pastinya.

Meskipun terbilang begitu mudah, tentunya masih ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi supaya mampu melakukan pembayaran pajak secara online. Adapun beberapa persyaratannya yakni:

  • Kendaraan terbebas dari adanya status blokir polisi.
  • Wajib pajak sudah mempunyai nomor telepon aktif.
  • Nomor induk kependudukan wajib pajak sudah sesuai dengan NIK yang terdaftar server SAMSAT
  • Wajib pajak sudah mempunyai nomor rekening tabungan maupun kartu atm yang ada di bank.
  • Wajib pajak memang perseorangan.
  • Masa berlaku pajaknya bisa anda bayarkan setidaknya kurang dari 6 bulan jatuh temponya

Itulah tadi beragam persyaratan dari bayar pajak motor online yang perlu anda penuhi. Bagaimana pun juga pembayaran secara online ini di nilai lebih praktis dan memudahkan siapapun yang sibuk bekerja. Tanpa perlu datang lansung ke SAMSAT sudah bisa memenuhi kewajiban bayar pajak kendaraan bermotor.

Cara Mudah Membayar Pajak Secara Online Menggunakan E-Samsat

Jika memang anda sudah memenuhi semua persyaratan yang ada. Sudah saatnya anda memahami bagaimana caranya melakukan pembayaran pajak secara online. Hanya dengan melalui situs yang bernama E-Samsat kini semuanya terasa semakin mudah. Mungkin banyak yang sudah merasa penasaran akan caranya. Dari pada harus menunggu lama sebaiknya simak uraian berikut:

Membuka situs E-Samsat

Membuka situs E-Samsat

Kali ini bayar pajak online semakin dimudahkan melalui sebuah situs yang bernama E-Samsat. Tentunya anda bisa mengaksesnya dengan mudah menggunakan smartphone. Hanya saja yang perlu anda ketahui ternyata situs dari aplikasi tersebut berbeda untuk setiap daerahnya. Jadi anda harus mengerti sebetulnya manakah situs paling tepat sesuai daerah saat ini. Jika memang sudah merasa penasaran sebaiknya simak alamat situsnya berikut ini:

Itulah tadi beberapa situs dari E-Samsat yang perlu anda ketahui. Setidaknya dari sini anda bisa mengerti situsnya berdasarkan penjelasan tersebut. Dari sini anda harus paham jika setiap provinsi mempunyai situs resmi tersendiri yang mampu di akses. Berkat penjelasan di atas maka pembayaran pajak kendaraan bermotor terasa lebih cepat bahkan semakin mudah.

Melakukan pengisian data kendaraan

Cara bayar pajak motor online kini terasa lebih mudah bahkan juga aman. Dimana anda kali ini perlu melakukan pengisian data kendaraan. Baik itu mulai dari mengisi kota, samsat, nomor polisi, kode pada kotak yang telah tersedia. Jika memang sudah selanjutnya tinggal klik saja tombol”cari”. Apabila semua data yang sudah anda masukkan tadi benar sebaiknya anda membawanya menuju halaman baru. Nantinya bakalan terlihat data kendaraan bahkan juga jumlah pajak yang perlu dibayarkan.  Usahakan melakukan pengecekan ulang untuk memastikan data yang sudah dimasukkan tadi benar adanya. Jika memang sudah tepat kemudian klik saja tombol”YA”.

Baca Juga :

Memilih kota tempat dimana mengambil nota pajak

Cara Bayar Pajak Motor Online

Sebelum akhirnya anda lakukan pembayaran pajak motor secara oniine. Alangkah baiknya lakukan pengisian sebuah form pengambilan nota pajaknya. Hal ini bisa dikatakan sebagai bukti sah yang nantinya akan kita serahkan pada kantor samsat terdekat. Adapun beberapa data yang perlu di isi meliputi kota, samsat, Bank, layanan, kode bayar. Selanjutnya anda perlu klik tombol penggajuan kode bayar kemudian klik print. Jika memang sudah selesai sebaiknya anda melihat informasi mengenai kode bayar, jumlah uang yang harus dibayarkan sekaligus informasi terkait alamat samsat dimana pengambilan nota pajak.

Melakukan proses pembayaran

Cara membayar pajak motor tahunan online sebetulnya terbilang mudah jika anda mengerti langkah caranya. Sebetulnya pembayaran pajak secara online ini prosesnya juga melalui ATM, sms banking bahkan juga internet banking. Pertama tentu saja anda bisa mencari menu pembayaran. Kemudian pilih saja Multipayment dan pilih Samsat kemudian klik lanjutkan. Lakukan pembayaran dan jangan lupa memasukkan kode bayarnya. Terakhir pastinya anda perlu menyimpan bukti pembayaran tadi. Kali ini anda bisa memilih salah satu metode pembayaran paling tepat. Jika memang memungkinkan melakukan pembayaran melalui ATM. Tidak ada salahnya anda mencoba cara tersebut.

Mengambil nota pajaknya di Samsat

Ketika anda sudah melalui proses pembayaran bahkan menyimpan bukti pembayaran. Langkah selanjutnya hanya perlu mendatangi kantor Samsat kemudian tunjukkan saja bukti pembayarannya. Kini nota pajak pun akhirnya sudah bisa anda ambil.  Sebetulnya bukan hanya bukti pembayaran yang perlu anda persiapkan. Tetapi masih ada beberapa dokumen lain seperti STNK asli bahkan juga KTP yang nantinya diperlihatkan pada petugas yang berada pada loket pembayaran.

Ternyata mudah dan praktis sekali langkah cara bayar pajak motor online ini. Dimana rekomendasi cara tersebut paling cocok bagi anda yang penuh kesibukan. Tanpa harus datang langsung ke Samsat kini pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan. Berhubung sejumlah daerah sudah menerapkan cara pembayaran secara online. Seharusnya kita juga harus mengikuti cara tersebut. Jangan sampai nantinya telat membayar pajak hanya karena kesibukan yang mendera. Jika memang anda telat melakukan pembayaran biasanya bakalan dikenakan biaya tambahan senilai 20%. Jadi sebaiknya lakukan pembayaran sebelum jatuh temponya.

Keuntungan Jika Melakukan Pembayaran Pajak Motor Secara Online

Cara bayar pajak motor online kini bukan lagi impian berkat adanya situs E-Samsat semuanya terasa semakin dimudahkan. Tentunya pembayaran pajak secara online ini menghadirkan beragam keuntungan menarik. Ada baiknya simak uraian detail berikut:

  • Mampu berikan kemudahan pihak samsat sajikan data lebih akurat dan terbaru. Jadi realisasi maupun penerima per UPT PPD bisa langsung ketemu dengan lebih cepat.
  • Berikan kemudahan pembayaran pajak kendaraan motor.

Berkat hadirnya beragam keuntungannya ini pasti bisa memikat hati banyak orang untuk melakukan pembayaran pajak motor secara online. Hanya dengan mengakses situs E-Samsat sesuai provinsi maka semua terasa lebih dimudahkan. Mengapa harus merasa ragu jika memang situs tersebut terpercaya. Anda yang begitu sibuk dengan aktivitas pekerjaan kini semakin dimudahkan berkat layanan ini.