Cara Upload Video Ke Youtube Lewat HP dan PC Serta Tipsnya

MasPedia.com – Cara upload video ke youtube bisa dilakukan dengan mudah yaitu melalui HP maupun PC. Melalui cara ini siapapun bisa menjadi youtuber. Namun, tentu saja hal ini membutuhkan pengetahuan sehingga perlu banyak belajar dan praktik secara langsung sesering mungkin agar pengalaman mendalami kegiatan tersebut semakin banyak.

Yang perlu menjadi perhatian adalah bahwa semakin menarik perhatian video yang anda upload maka viewer atau jumlah penontonnya akan semakin banyak pula. Bila jumlah penontonnya semakin meningkat maka kemungkinan anda untuk mendapatkan uang dari youtube akan semakin besar.

Belakangan memang profesi sebagai youtuber sedang booming di kalangan masyarakat dari berbagai usia. Tak sedikit kisah sukses mereka yang berkecimpung sebagai youtuber yang menginspirasi. Mereka memperoleh penghasilan dari profesi tersebut bahkan ada yang hingga menjadi miliarder. Sangat menggiurkan bukan? Namun, dibalik itu semua tentu ada kerja keras dan pengalaman yang tidak sedikit.

Siapa sangka dengan mengupload video ke youtube bisa mendapatkan uang. Tentu saja banyak orang yang tertarik. Langsung saja, berikut ulasan tentang cara upload video ke youtube selengkapnya.

Cara Upload Video Youtube Lewat HP

Cara Upload Video Youtube Lewat HP

Cara yang bisa dibilang simpel dan fleksibel yakni dengan hanya melalui HP. Jadi, anda tak perlu repot membuka komputer atau leptop. Cukup dengan hanya memanfaatkan HP yang bisa anda lakukan kapan saja dan dimana saja. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi youtube dan “sign in”
  2. Klik “ikon (+) yang ada tepat di bagian bawah
  3. Pilih opsi “upload video” kemudian :allow acces”
  4. Pilih mana video yang akan anda upload
  5. Edit video anda, buat judul dan deskripsi, kustomisasi dan lainnya
  6. Bila sudah selesai lalu klik “next”
  7. Pilih sasaran audience, kepada siapakah video anda prioritaskan apakah untuk orang dewasa, anak-anak dan lainnya
  8. Polih “upload” lalu tunggu sampai prosesnya selesai

Cara Upload Video Youtube Lewat PC

Cara Upload Video Youtube Lewat PC

Cara upload video melalui PC tidak ada yang berbeda dengan cara melalui HP secara keseluruhan. Yang sedikit berbeda hanya di bagian tombol serta urutannya saja.

Catatannya, cara ini dapat anda lakukan bila anda telah mempunyai channel youtube. Inilah langkah-langkahnya:

  1. Buka situs youtube melalui browser kemudian klik “sign in” ke akun channel youtube anda
  2. Pilihlah ikon camcorder yang ada di pojok kanan atas kemudian pilih “upload video”
  3. Pilih file video yang akan anda upload
  4. Isi judul, deskripsi singkat tentang video kemudian klik “next”
  5. Pilih sasaran audience, kepada siapakah video anda prioritaskan apakah untuk orang dewasa, anak-anak dan lainnya
  6. Isi kolom “visibility” untuk video public atau private
  7. Pilih public bila ingin orang melihat video anda, anda juga dapat mengatur waktu untuk kegiatan mempubilsh video anda
  8. Langkah terakhir, klik “save” dan setelah itu video yang anda upload tadi akan segera tampil di Google dari channel anda

Tips Upload Video Ke Youtube

Tips Upload Video Ke Youtube

Setalah mengetahui ulasan tentang cara upload video ke youtube, mantapkan dengan tips mengupload video ke youtube. Berikut tipsnya:

  1. Upload konten pilihan yang kreatif, bermanfaat dan berkualitas

Cobalah dan berupayalah untuk selalu membuat dan mengahasilkan konten video yang kreatif, bermanfaat dan berkualitas. Semakin bagus dan unik video yang anda upload maka kesempatan anda untuk memperoleh subscriber serta penghasilan dari youtube berpotensi semakin besar pula.

 

  1. Kelola youtube agar menarik

Untuk mengelola youtube supaya menarik, ada beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu:

 

  • Tentukan konten sesuai passion

Bisa kecantikan, traveling, gaming, kuliner dan semacamnya

 

  • Karya original

Cari hal-hal unik original yang tidak dipunyai oleh channel lain

 

  • Selalu update

Berpetualang dalam mengikuti perkembangan yang tren dan terkini

 

  1. Ikuti panduan sebelum mengupload video ke youtube

Beberapa panduannnya adalah:

 

  • Konten video

Utamakan konten dan bijak meletakkan iklan, sesuaikan iklan yang relevan di channel anda.

 

  • Durasi

Miliki video berdurasi lebih panjang karena akan menambahkan total detik yang pengguna habiskan untuk nonton video anda. Supaya mereka tidak meninggalkan video anda, buat konten yang tidak membosankan. Namun, sebaiknya perhatikan pula proporsi durasi, hindari yang terlalu lama atau terlalu singkat.

 

  • Tambah internal link menuju website anda

Dekati audiens, arahkan mereka menuju website anda. Peran website dapat menjadi tempat untuk menyelesaikan marketing dengan terlebih dulu menarik perhatian mereka, melakukan kegiatan penjualan, mengklik iklan dan semacamnya.

 

  1. Tingkatkan peringkat video youtube

Setelah sukses mengupload video anda ke youtube, untuk menguangkannya tidak berhenti sampai disitu saja. Anda perlu meningkatkan peringkat video youtube anda melalui mesin pencari. Berikut langkah-langkahnya adalah melalui:

 

  • Kata kunci dan judul yang tepat

Kata kunci dan judul merupakan alat yang membuat para pencari mengetahui apa yang ada didalamnya. Dengan memilih judul yang cocok dengan isi pada video maka akan sangat baik untuk pengunjung serta bagi algoritma youtube untuk SEO. Upaya untuk memberikan judul yang sesuai dengan isi video merupakan cara supaya video anda bisa mendapatkan optimasi SEO.

 

  • Deskripsi video youtube

Tulis deskripsi terkait dengan isi video. Untuk memperoleh peringkat tinggi pada mesin pencari, penjelasan 2-3 baris pertama adalah hal yang berarti. Gunakan frasa kata kunci yang auto complete sebagai deskripsi video di mesin pencari. Jika kata kunci dalam pencarian mesin pencari berada pada 2 baris deskripsi video anda maka video anda nanti akan memperoleh peringkat atas yang lebih tinggi. Karenanya, tulis dengan tepat deskripsnya agar dapat sesuai dengan kata kunci atau keyword pencarian.

 

  • Beri nama video sebelum diupload

Usai anda mengambil video serta mengeditnya, pastikan anda sudah menamai video anda dengan format : kata_kunci.mp4. Dengan menamai file video yang berfokus pada kata kunci maka akan bisa membantu mesin pencari untuk mengenali apa isi yang ada didalam video tersebut. Hal ini karena mesin pencari tidak dapat melihat langsung ke dalam isi video yang bisa membantu algoritma untuk mengetahui apa isi video adalah nama file dari video anda. Gunakan kata kunci target pada nama file video anda karena memberi judul serta nama video memudahkan indeks pencarian video serta meletakkannya pada peringkat yang lebih tinggi.

 

  • Gunakan fitur CC atau Closed Caption pada video youtube

CC akan memberikan tampilan teks anda pada video yang dapat membatu para audiens dalam memahami narasi video serta bisa diterjemahkan dalam bermacam bahasa yang berbeda.

 

  • Penggunaan tag & keyword idea

 

  • Tag

Tips penggunaan tag pada video:

  • Buat daftar tag dengan pilihan spesifik, tulis kata kunci utama
  • Buat daftar tag umum, tuliskan kata kunci umum dengan pilihan yang sesuai
  • Hindari menyertakan tag dengan ejaan keliru
  • Sertakan bentuk jamak dan tunggal dari tag yang anda gunakan
  • Sertakan frasa pada tag seperti anda menggunakan long tail keyword

 

  • Keyword idea

Inilah salah satu bagian penting dalam SEO. Anda tidak dapat menemukan semua keyword yang memungkinkan untuk anda sertakan ke video anda. Untuk mendapatkan ide penggunaan keyword, gunakan Google Display Planner.

Dari bagaimana saja cara upload video ke youtube diatas beserta tipsnya, kini anda sudah mulai mencoba mempraktikkannya. Tunggu apa lagi? Untuk segera meraup hasilnya, jangan tunda lagi.