cara mendapatkan uang dari YouTube

8 Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube Paling Top & Update

Maspedia.com – Info tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube menjadi info yang paling banyak dicari. Anda juga pasti sering mendengar jika banyak kisah sukses dari mereka-mereka sudah mendapatkan uang dari hasil berkiprah dan menekuni YouTube.

YouTube memang berpotensi cukup tinggi untuk meraup pundi-pundi rupiah. Mengapa demikian? Inilah beberapa alasannya:

  1. Konsumsi masyarakat terhadap video online khususnya melalui YouTube sangat tinggi
  2. YouTube menjangkau audiens dengan mudah dan merata
  3. Peran YouTube sebagai platform video utama
  4. YouTube berpotensi menyaingi televisi
  5. Tidak harus memiliki jutaan subscriber
  6. Siapapun bisa melakukannya asalkan mau berupaya dan belajar

Dari alasan-alasan diatas sudah cukup jelas bukan bahwa bisa dibilang potensinya cerah sepanjang masa. Memang konon kabarnya perolehan uang dari YouTube bisa sampai jutaan bahkan hingga milyaran rupiah. Tentu hal ini semakin membuat siapapun penasaran tentang bagaimana langkah-langkah agar bisa segera merasakan peroleh uang tersebut. Selanjutnya, ketahui deretan cara-cara memperoleh uang dari YouTube.

Ini Deretan Rahasia Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube Terupdate

Rahasia menguangkan YouTube adalah dengan monetize. Artinya, anda mengizinkan YouTube menaruh iklan pada video anda. Namun, untuk mendapatkan uang tak hanya dengan cara monotize YouTube. Ada beberapa cara yang lain yaitu seperti bergabung di YPP atau YouTube Patner Program.

Apa yang dimaksud dengan YPP? Berikut penjelasnnya dan beberapa cara-cara lainnya:

  1. YPP

Bergabung di YPP atau YouTube Patner Program memungkinkan kreator menguangkan konten di YouTube. Namun, sayangnya tidak semua channel dapat bergabung bersama program ini. Agar dapat bergabung dengan YPP, kanal anda harus ditonton hingga 4.000 jam dalam 12 bulan terakhir. Selain itu, kanal anda harus mempunyai 1000 subscriber. Adanya ketentuan tersebut memungkinkan YouTube mengevaluasi kanal yang telah mendaftar tersebut. Disamping ketentuan-ketentuan tadi, anda juga harus terlebih dulu memastikan hanya mempunyai satu saja akun Google AdSense. Karenanya, daftarkan ke akun AdSense anda ketika mendaftarkan kanal di YPP.

 

  1. Keanggotaan channel

Istilah ini bisa dikatakan seperti grup penggemar khusus untuk channel YouTube anda. Para penggemar dan pengikut setia anda dapat membayar biaya keanggotaan bulanan. Lalu, sebagai gantinya nantinya mereka akan menerima konten khusus dari anda. Agar dapat mengaktifkan fitur ini syaratnya harus berusia 18 tahun dan mempunyai lebih dari 30 ribu subscriber. Langkah mengaktifkannya, anda tinggal login ke akun Google anda, lalu pilih “tab membership” dan klik “get started” dan ikuti saja petunjuk yang ada di layar.

 

  1. Iklan

Jika sudah terdaftar di YPP, anda akan memperoleh lebih banyak tool lagi yang bermanfaat bagi anda selaku kreator. Tak berhenti sampai disitu saja, anda bahkan sudah bisa memasang iklan lalu mendapatkan uang melalui YouTube anda. Supaya video anda dapat dipasangi iklan, maka pastikan jika video anda itu telah sesuai dengan ketentuan YouTube seperti konten yang ramah pengiklan. Bila video anda mengandung konten atau topik sensitif, sebaiknya matikan monetize pada video itu supaya tidak dicekal oleh YPP. Sementara cara mengaktifkan iklan pada video YouTube yaitu dengan lebih dulu login ke YouTube kemudian masuk ke” studio.YouTube.com” yang ada di menu sebelah kiri, lalu klik “videos”. Setelah itu, pilih satu video lalu klik opsi “monetization” di menu sebelah kiri. Kemudian pilih jenis iklan yang anda ingin tampilkan, klik save.

 

  1. YouTube premium

YouTube mempunyai opsi berlangganan yang sebutannya premium. Bila pengguna YouTube premium menonton video yang anda unggah, anda nantinya akan memperoleh porsi dari biaya berlangganan yang pengguna bayarkan. Untuk mengaktifkan fitur ini, anda tidak perlu melakukan apapun. Namun, pastikan selalu jika konten anda telah mengikuti aturan dan panduan komunitas YouTube supaya bisa memperoleh pundi-pundi rupiah hingga dollar dari YouTube.

 

  1. Super Chat dan Super Stickers

Super Chat dan Super Stickers merupakan suatu cara melakukan interaksi dengan para subscriber serta penggemar melalui fitur live chat. Supaya anda dapat menghasilkan uang maka penggemar anda bisa membayar supaya pesan yang dikirim oleh mereka dapat disorot di live chat. Login ke YouTube studio untuk mengaktifkan fitur ini. Klik opsi “monetization” pada menu sebelah kiri. Klik “live chat” dan “get started” pada menu sisi atas yang berada di dashboard utama. Selanjutnya ikuti petunjuk yang ada.

 

  1. Kerja sama dengan brand

Menjalin kerja saja dengan brand dalam bentuk endorsement bisa jadi pilihan anda. Perusahaan akan memberikan produk pada anda untuk anda review melalu channel YouTube anda. Perusahaan memperoleh audiens baru dan anda memperoleh produk dengan secara cuma-cuma. Keuntungan yang anda peroleh dapat bermacam-macam mulai dari kupon diskon, produk sample dan uang tunai. Hal ini tergantung kontrak dengan perusahaan terkait. Semakin banyak subscriber anda maka akan semakin tinggi pula biaya endorsmentnya.

 

  1. Menjadi affiliate marketer

Meskipun sama-sama bergerak di bidang promosi produk, affiliate marketing tidak sama dengan endorsment. Pada affiliate markating, skema komisi adalah skema yang digunakan untuk affiliate marketernya. Disamping itu, anda terlebih dulu perlu mendaftar sebagai affiliate marketer pada perusahaan yang anda inginkan. Cara ini juga menjadi cara mendapatkan uang dari YouTube yang banyak dilakukan dan disukai.

 

  1. Rak merchandise

Pada cara ini, anda bisa menjual pernak-pernik secara resmi yang ada kaitannya dengan kanal dan brand anda. Agar dapat mengaktifkannya, syaratnya harus berusia 18 tahun dan mempunyai lebih dari 10 ribu subscriber. Login ke YouTube studio untuk mengaktifkannya. Pada menu sebelah kiri, klik “monetization” lalu klik “tab merchandise”. Anda hanya akan dapat melihat opsi ini bila channel anda eligible. Selanjutnya, ikuti petunjuk di layar anda.

Itulah sederet tentang rahasia cara mendapatkan uang dari YouTube paling top dan update. Sudah siap mencoba salah satu atau semuanya? Semoga sukses.