Buah Tin
Buah Tin

Cara Menanam dan Merawat Bibit Buah Tin Dengan Mudah

Maspedia – Bibit buah Tin atau yang dikenal dengan bibit buah surga ini memang sedang banyak dicari oleh orang karena buahnya nanti yang dihasilkan akan sangat berguna untuk kesehatan. Maka dari itu banyak yang menyebut bahwa buah ini adalah buah dari surga. Tentunya dalam perawatan dan cara menanamnya tidak sembarang karena untuk menghasilkan buah yang berkualitas dengan jumlah buah yang banyak harus dilakukan dengan cara khusus. Berikut ini akan memandu Anda cara merawat dan menanam buah Tin agar bisa dipanen dengan maksimal.

Cara Menanam dan Cara Mendapatkan Bibit Buah Tin

Untuk mendapatkan bibit buah yang berkualitas memang harus menggunakan 2 cara yaitu pencangkokan dan stek batang. Kedua cara ini lebih cepat menumbuhkan dan menghasilkan buah yang banyak. Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebagai berikut ini:

Cara Mencangkok

Cara ini juga dapat dilakukan untuk mendapatkan bibit buah yang berkualitas. Untuk peralatan dan medianya sangat mudah karena tidak membutuhkan alat yang terlalu mahal. Hasilnya nanti bisa mendapatkan bibit buah yang sangat banyak dalam sekali penggunaan.

  1. Anda bisa memilih batang yang muda dan berkulit hijau karena nanti akan menghasilkan bibit yang sangat berkualitas.
  2. Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan plastik transparan dan sabut kelapa yang sudah dicampur dengan tanah.
  3. Setelah itu baru bersihkan batang dari kulit luarnya sepanjang 10 sampai 15 cm kemudian segera tempatkan sabut kelapa tersebut dan balut menggunakan plastik transparan. Ikatkan kedua ujung dengan tali rafia agar tidak cepat lepas.
  4. Plastik nanti pada bagian luarnya bisa ditambahkan lubang yang banyak guna menyirami dan memberikan nutrisi dari luar.
  5. Anda bisa melakukan penyiraman setiap harinya dengan kadar air yang tidak terlalu banyak.
  6. Setelah akar mulai tumbuh biarkan sampai siap untuk ditanam pada media tanam yang sudah disiapkan nantinya.
  7. Tanam bibit buah Tin tersebut dan mulai lakukan pemupukan dan penyiraman secara teratur.
  8. Biasanya pada umur 30 sampai 40 hari sudah ada bibit baru yang bisa mulai ditanam.

Cara Stek Batang

Buah Tin juga bisa dikembangbiakkan dengan menggunakan cara stek batang. Cara ini lebih dipilih karena beberapa riset yang sudah dilakukan mengharuskan petani untuk melakukan pembibitan dengan cara ini. Dengan begitu akan menghasilkan bibit buah yang sangat berkualitas dan terhindar dari penyakit yang menyerang.

  1. Ambil batang buah Tin yang sudah agak tua kemudian potong menjadi beberapa bagian.
  2. Biasanya batang yang sudah berwarna cokelat atau berwarna ungu dengan panjang ukuran 10 sampai 15 cm
  3. Untuk pemotongan usahakan miring agar mudah ditancapkan ke media tanam nantinya.
  4. Biarkan sehari tetapi disiram menggunakan air biasa, keesokan harinya bisa langsung ditancapkan ke media tanam.
  5. Untuk medianya Anda bisa membuat dari tanah yang dicampur dengan pupuk kandang lama atau pupuk kompos dengan perbandingan 2:1.
  6. Anda bisa melakukan penyiraman tetapi usahakan untuk tidak membasahinya terlalu banyak karena bisa membuat batangnya menjadi membusuk.
  7. Biasanya dalam waktu sebulan sudah memiliki bibit buah Tin yang mulai tumbuh dan memiliki banyak daun.
  8. Jangan tunggu ukurannya menjadi lebih besar lagi, bibit tersebut bisa langsung dipindahkan ke media yang lainnya.

Sama halnya seperti bibit buah-buahan yang lainnya karena pada buah Tin ini memiliki batang yang sangat rentan untuk terjangkit penyakit dan virus yang menyerang. Maka dari itu perlu pengawasan terus untuk mendapatkan bibit buah yang sangat berkualitas. Berbeda dengan bibit buah anggur atau bibit buah leci karena pada buah Tin ini hanya bisa berkembang secara maksimal dengan kedua cara tersebut.

Itulah informasi yang bisa diberikan dari cara pembibitan buah Tin yang bisa Anda lakukan sendiri. Untuk mengawali pertanian buah ini memang harus mendapatkan bibit yang dijual oleh petani di daerah lain. Untuk mendapatkan bibit buah Tin yang berkualitas bisa melakukan kedua langkah di atas karena banyak yang menyarankan untuk memakai cara tersebut.