Ini Dia Tips Dan Trik Perawatan Tanaman Hias Daun

MasPedia.com – Tanaman hias daun mungkin merupakan salah satu jenis tanaman hias yang paling mudah perawatannya. Hal ini disebabkan karena tanaman hias daun jarang memiliki bunga, sehingga kecantikan murni berasal dari daunnya saja. Meski terkesan mudah, namun demikian, tetap saja perawatan yang kurang tepat akan menyebabkan tanaman hias daun yang Anda miliki bisa mati dan juga rusak. Nah, untuk mencegahnya, berikut ini adalah beberapa tips dan juga trik dalam merawat tanaman hias daun.

Pilih Media Tanam Yang Tepat

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk merawat tanaman hias daun dengan tepat adalah memilih media tanam yang tepat. Saat ini banyak sekali alternatif media tanam yang bisa Anda gunakan, misalnya media tanam menggunakan hidroponik, yang tidak perlu menggunakan tanah. Namun demikian, Anda harus memastikan, apakah tanaman hias daun yang Anda inginkan bisa ditanam menggunakan media tanaman hidroponik? Karena mungkin tidak semua tanaman bisa menggunakan media tersebut. maka dari itu, Anda harus memastikan karakteristik tanaman yang akan Anda rawat, agar nantinya tanaman tersebut bisa tumbuh subur.

Pilihan Pot Yang Sesuai Dengan Ukuran Tanaman Hias Daun

Contoh tanaman hias daun biasanya banyak menggunakan pot sebagai lokasi penanamannya. Hal ini membuat tanaman seperti tanaman hias daun aglaonema dan nama tanaman hias daun lainnya bisa Anda pindah – pindahkan sesuai dengan lokasi yang Anda inginkan. Namun, Anda juga harus memperhatikan ukuran dari pot yang digunakan. Beberapa tanaman hias daun membutuhkan ukuran pot yang besar. Dan tidak semua tanaman berukuran kecil cocok ditanam pada pot berukuran besar. Karena itu, Anda harus melihat, apakah tanaman tersebut pas dan juga cocok diletakkan di dalam pot yang Anda miliki. Jangan asal tanam saja ya.

Pastikan Tanaman Hias Daun Selalu Terpenuhi Kebutuhan Nutrisinya

Tanaman hias juga merupakan makhluk hidup yang butuh makan. Anda harus memastikan bahwa tanaman hias daun yang Anda miliki tersebut memiliki pemenuhan nutrisi yang cukup dan juga terpenuhi. Paling tidak, Anda harus menyiramnya secara rutin dan juga teratur, supaya tanaman Anda tetap menjadi segar dan juga tetap menjadi sehat dan juga subur. Apabila Anda tidak dapat memperhatikan kebutuhan nutrisi tanaman Anda, maka tanaman hias Anda akan rusak dan malahan mati karena kekurangan nutrisi. Sayang sekali bukan apabila hal tersebut sampai terjadi?

Perhatikan Penempatan Dari Tanaman Hias

Penempatan tanaman hias daun juga wajib Anda perhatikan. Perlu diketahui, ada jenis tanaman hias daun outdoor, dan ada juga jenis tanaman hias daun indoor. Kedua jenis tanaman hias ini tentu saja membutuhkan perawatan yang berbeda – beda. Misalnya saja tanaman hias daun indoor, tentu saja akan rusak apabila Anda letakkan terlalu lama di bawah sinar matahari langsung. Untuk tanaman hias outdoor pun sama. Tanaman hias outdoor akan mudah rusak apabila terlalu lama diletakkan di dalam ruangan, dan kekurangan cahaya matahari. Pemahaman Anda menangani jenis – jenis tanaman hias, baik outdoor maupun indoor haruslah Anda kembangkan, agar nantinya Anda tidak salah salam merawat tanaman hias daun Anda.

Rajin Membersihkan Daun Dari Tanaman Hias

Hal terakhir yang bisa menjadi tips dan juga trik agar tanaman hias daun Anda menjadi tetap cantik dan juga indah adalah rajin dibersihkan. Ya, tanaman hias ini memiliki bentuk daun yang kebanyakan lebar – lebar, sehingga mudah dibersihkan. Apabila Anda memiliki waktu luang, Anda bisa membersihkan satu per satu daun dari tanaman hias Anda dengan menggunakan lap basah secara hati – hati. Hal ini akan membuat daun – daun dari tanaman Anda menjadi semakin terlihat segar dan juga cantik. Selain itu, Anda juga sekalian mengamati hama – hama yang mungkin tumbuh pada tanaman yang Anda miliki. Yang terpenting, jangan sampai tanaman hias Anda terbengkalai, dan tidak mendapatkan perawatan sama sekali.

Itulah beberapa tips dan juga trik yang bisa Anda lakukan supaya tanaman hias daun Anda tetap tumbuh subur, cantik, dan juga selalu terawat dengan baik. Selamat mencoba, selamat berkebun, dan semoga tanaman hias koleksi Anda bisa tetap bertahan hidup dan juga terlihat cantik.