Methylprednisolone 4 mg Obat Apa? Berikut Fungsi Dan Efek Sampingnya

2 min read

Methylprednisolone 4 mg Obat Apa

Methylprednisolone 4 mg obat apa?

Methylprednisolone adalah obat jenis kategori kartikostiroid yang tidak dijual secara bebas, dan obat ini harus menggunakan resep dokter. Sebelum menggunakanya pastikan anda memberi tahu kepada dokter atau jasa layanan kesehatan lainya, bahwa anda memiliki gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, kejang, penyakit tiroid, tuberkulosis, diverticulitis, alergi obat, penyakit ginjal atau hati, diabetes, dan masalah lainya.

Dan yang terpenting, karena obat methylprednisolone tergolong obat yang dapat menurunkan sistem imun kita saat menggunakanya, sehingga dikhawatirkan akan memperburuk yang anda alami, jadi anda harus memberitahu kepada jasa layanan kesehatan bahwa anda memiliki infeksi seperti jamur, selanjutnya demam, atau penyakit serius seperti cedera.

Baca Juga : Menyadap WA Hanya Dengan Nomor HP

Saat sedang menjalani vaksin dan mungkin juga sedang hamil, pastikan beritahu kepada jasa layanan kesehatan juga, karena obat ini belum diketahui efek sampingnya saat seorang memiliki janin dalam rahimnya, tetapi saat percobaan terhadap hewan yang sedang mengandung janin terkena efek sampingnya, namun untuk manusia belum diketahui.

Berikut beberapa merk dagang yang dapat kita temukan di indonesia : Methylprednisolone, Depo Medrol, Cormetison, Lameson, Meticon, Phadilon, Vadrol, Cortesa, Prednox, Medixon, Urbason, Comedrol, Lexcomet, Intidrol, Metrison, Advantan, Carmeson, Hexilon, Methylon.

Cara Menggunakan Obat Methylprednisolone

Gunakanlah obat ini sesuai takaran yang diberikan oleh dokter, jangan melebihi atau mengurangi saat mengkonsumsinya. Dan jangan berhenti secara tiba tiba saat menggunakanya pastikan minta persetujuan dulu, jika anda menggunakanya lebih dari 2 minggu, harusnya secara bertahap anda mengurangi dosis untuk mencegah terjadinya efek samping terhadap tubuh.

Obat ini dapat digunakan sebelum dan sesudah makan, tapi sebaiknya setelah makan dengan tujuan menghindari masalah pada perut anda. Methylprednisolone tersedia dalam bentuk kapsul, cairan dan tablet.

Tersedia Obat Methylprednisolone Dalam Tablet 8 Mg, 4 Mg Dan 16 Mg

Ya, obat ini tersedia dalam tablet dengan takaran 4 mg, 8 mg dan 16 mg. tersedia juga dalam bentuk cairan dan kapsul, untuk takaran penggunaanya harus dari resep penyedia layanan kesehatan.

Baca Juga: Obat Jerawat Ampuh yang Bisa Dibeli Di Apotek

Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat ini dapat meredakan peradangan di berbagai tubuh. Juga mengatasi masalah kulit, radang sendi, radang mata, limfoma, leukimia, asma, dan beberapa penyakit paru lainya.

Methylprednisolone juga dapat digunakan untuk meredakan radang tenggorokan yang pastinya harus menggunakan anjuran jasa layanan kesehatan.

Anjuran Penggunaan Methylprednisolone Untuk Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan biasanya dapat disebabkan oleh infeksi beberapa virus, saat anda mengalaminya tenggorokan akan terasa gatal dan kering, dan tidak jarang akan batuk batuk. Tetapi sakit tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan berjalanya waktu, mungkin sekitaran 1 minggu lebih, akan segera membaik.

Radang tenggorokan sering terjadi karena beberapa hal, seperti pergantian musim, berteriak terlalu keras dan lama, asap rokok, dan orang tersebut memiliki kekebalan tubuh yang lemah sehingga dengan mudahnya virus menyerangnya.

Sakit tenggorokan terkadang juga semakin parah, dan akan ditandai beberapa hal berikut nyeri sendi, susah menelan makanan, sulit bernapas, demam semakin tinggi kisaran 38 derajat celcius.
Radang tenggorokan dapat diobati dengan methylprednisolone untuk meredakan nyeri pada tenggorokan, untuk penggunaanya harus menggunakan resep dan arahan dari jasa layanan kesehatan atau dokter.

Setiap orang memiliki dosis yang berbeda beda, karena bisa disebabkan oleh tingkat keparahan sakitnya, berat badan pasien, dan lainya. jika melebihi dosis yang diresepkan dokter yang akan terjadi kedepanya akan meningkatnya resiko gangguan pada kelenjar andrenal.

Apa Efek Samping Yang Mungkin Terjadi Saat Penggunaan Methylprednisolone?

Obat ini mungkin akan memiliki efek samping pada tubuh anda, tetapi akan segera berakhir karena penyesuaian obat dengan tubuh anda, namun jika efek damoibg itu tetap berlanjut atau terus berjalan, segera hubungi jasa layanan kesehatan anda sesegera mungkin.

Berikut yang mungkin terjadi, Efek mengancam nyawa : anda sulit bernapas, sesak di dada, terjadi pembekakan di bibir lidah dan tenggorokan, gatal gatal, dan adanya ruam, hal tersebut harus segera hubungi dokter untuk panggilan darurat.

Dan ini juga beberapa efek samping lainya : mual, muntah, pusing, sakit kepala, sakit punggung, gas, perubahan dalam periode menstruasi, gugup, gemetar, kesulitan tidur, nafsu makan meningkat, kenaikan berat badan secara bertahap, wajah bulat, jerawat, meningkat berkeringat, peningkatan pertumbuhan rambut.

Beberapa Obat Yang Bisa Berinteraksi Dengan Methylprednisolone

Jika anda akan mengkonsumsi obat lain srcara bersamaan denagn obat ini, pastikan sebelumnya konsultasi dulu pada jasa kesehatan anda.

Beberapa produk dibawah ini dapat menyebabkan efek samping yang sangat berbahaya, berikut diantaranya : Antasida mengandung aluminium, kalsium, dan magnesium (mengambil 2 jam terpisah dari obat ini)

Antibiotik seperti azitromisin (Zithromax), ciprofloxacin (Cipro), klaritromisin (Biaxin), Eritromisin (Eritromisin, E-Mycin, Ery-tab), isoniazid, levofloxacin (Levaquin), Rifampisin (Rifadin, Rimactane), rifabutin (Mycobutin), rifapentine (Priftin), dan telithromycin (ketek).

Obat-obatan anti jamur seperti Amfoterisin B (Abelcet, AmBisome, Amphotec; Fungizone), flukonazol (Diflucan), itrakonazol (Sporanox), ketoconazole (Nizoral), posaconazole (Noxafil), dan Voriconazole (VFEND)

Obat-obatan anti-HIV seperti atazanavir (Reyataz), darunavira (prezista), delavirdine (Rescriptor), efavirenz (Sustiva), etravirine dan masih banyak lainya.

Juga jangan minum jus jeruk saat menggunakan obat ini. Grapefruit mempengaruhi cara obat ini bekerja dan dapat meningkatkan risiko efek samping.

Cara Penyimpanan Methylprednisolone

  1. Simpanlah obat ini pada suhu kamar
  2. Pastikan agar wadah tertutup rapat
  3. Melindunginya dari panas, kelembaban tinggi, dan cahaya terang
  4. Jauhkan dari jangkauan anak anak dan jangan bagi dengan orang lain.

Mungkin penjelasan diatas kurang lengkap tentang Methylprednisolone obat apa? kamu bisa tanyakan pada jasa layanan kesehatan anda lebih rinci. Referensi : kualitasjos.com