Gejala Kulit
Gejala Kulit

5 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kasar

Maspedia, Kulit kering atau biasa disebut dengan xerosis merupakan kondisi umum yang terjadi pada setiap orang. Di mana kondisi ini tentu terdapat faktor penyebabnya. Namun, kulit kering tidak bisa diremehkan juga, karena bisa jadi menunjukkan adanya gejala yang lebih serius. Untuk itu, kita perlu mengetahui cara mengatasi kulit kering agar tidak terjadi lebih fatal lagi.

Umumnya kulit kering disebabkan dari faktor lingkungan, di mana kondisi lingkungan bisa menghilangkan kelembaban kulit, sehingga kulit akan terasa lebih kering tidak seperti biasanya.

Udara kering yang disebabkan cuaca dingin juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya kulit kering. Karena udara kering mampu menurunkan kelembaban kulit sehingga kulit akan terasa retak-retak atau pecah-pecah. Nah, seringnya kulit kering ini bisa menimbulkan terjadinya iritasi dan gatal.

Namun ada juga kulit kering berupa bercak kulit berbentuk bundar seperti penyakit jamur pada kulit. Pad dasarnya kulit kering terjadi karena kulit sedang mengalami kekurangan minyak pada lapisan kulit kita.

Faktor lain dari penyebabnya kulit kering juga terjadi karena beberapa hal di antaranya seperti dehidrasi kulit, perawatan kulit yang kurang, mandi dengan air panas, suhu tinggi, lingkungan yang renah akan kelembaban, dan faktor lingkungan lainya.

Beberapa faktor lain yang menyebabkan terjadinya kulit kering di antaranya seperti:

  1. Cuaca yang terlalu dingin atau panas;
  2. Usia yang sudah tua;
  3. Mandi air panas terlalu lama;
  4. Penggunaan sabun yang salah pada kandungannya;
  5. Penggunaan obat-obatan yang salah; atau
  6. Kondisi medis tertentu pada kulit.

Gejala Terjadinya Kulit Kering

Gejala Kulit : idn time

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kulit yang berbeda-beda jenisnya. Namun, kulit yang sehat bisa kita lihat sendiri bahwa kulit akan terlihat lebih segar, elastis, lembab, dan tanpa adanya rasa gatal atau perih. Tak mudah untuk mendapatkan kulit sehar dan bersih. Selalu ada saja penyakit kulit yang sering menyerang pada tubuh kita, salah satunya adalah kulit kering.

Jika kamu merasakan adanya rasa kencang atau tertarik pada kulit kamu, bisa saja itu adalah gejala terjadinya kulit kering. Biasanya kamu akan merasakan setelah kamu mandi. Kulit akan terasa lebih kerut, kasar, kusam, atau bahkan rasa gatal yang tak wajar. Jangan dibiarkan kulit kering berlarut terlalu lama. Karena kulit kering bisa menjadi gejala terjadinya peradangan kulit yang bisa berakibat atal.

Kondisi seperti ini tak memandang usia, dari anak-anak hingga orang dewasa pun juga bisa mengalaminya. Semua tergantung dari cuaca dan lingkungannya. Namun, kulit kering akan terlihat lebih parah pada orang tua yang beranjak usia 60 tahun ke atas karena faktor cuaca yang terlalu dingin.

Cara Mengatasi Kulit Kering Sendiri di Rumah

Kamu nggak perlu khawatir untuk kejadian ini, karena berikut adalah 5 cara mengatasi kulit kering yang bisa kamu coba di rumah tanpa perlu pergi ke dokter kecantikan:

1. Hindari Mandi Air Panas Terlalu Lama

Biasanya, kalau cuaca dingin, kita enggan untuk mandi. Jadi kita berpikir bahwa solusi tepatnya adalah mandi dengan air panas, agar badan tidak kedinginan. Memang badan akan terasa tidak kedinginan dan tubuh menjadi hangat. Namun, jika hal ini dilakukan secara berlebihan atau terlalu lama mandi dengan air panas, maka bisa menyebabkan kekeringan pada kulit tubuh kita. Alhasil, kulit akan menjadi kering karena kelembaban kulit semakin berkurang karena air panas tadi.

Jadi, cukup mandi air panas 5 sampai 10 menit jika memang tetap ingin mandi dengan air panas untuk menghilangkan dingin.

2. Menggunakan Sabun Khusus Kulit Kering

Sudah banyak beredar produk sabun mandi yang khusus untuk kulit kering. Biasanya sabun ini memiliki label ‘moisturizing’ yang artinya adalah melembabkan. Umumnya sabun khusus ini tidak wangi dan tidak berwarna. Karena memang sabun ini dibuat khusus untuk mengatasi kulit kering.

3. Mandi Terlalu Lama

Cara mengatasi kulit kering berikutnya adalah mandi dengan waktu secukupnya alias jangan terlalu lama. Karena mandi terlalu lama, meskipun menggunakan air dingin sekali pun juga bisa menyebabkan kekeringan pada kulit. Hal ini dikarenakan suhu terlalu rendah dan bisa menyebabkan terjadinya kulit kering.

4. Mengeringkan Tubuh dengan Benar

Setelah mandi, biasanya kita menggunakan handuk. Nah, handuk ini kita perlu menggunakannya yang tepat jika kita sedang mengalami kulit kering. Karena handuk yang mampu membersihkan saja itu tidak cukup. Namun, kita perlu menggunakan handuk yang benar-benar menyerap air pada tubuh kita. Sehingga kita bisa mengeringkan tubuh kita dengan benar.

5. Hindari Sabun Detergen

Cara mengatasi kulit kering dan kasar adalah menghindari penggunaan sabun detergen. Kulit kering juga bisa saja disebabkan oleh sabun detergen atau sabun cuci. Karena sabun cuci mengandung bahan yang keras sehingga membuat kulit kita kering. Jadi, jika kulit kita sedang mengalami kekeringan, sebaiknya hindari dulu sabun detergen. Alias, kamu bisa istirahat dulu untuk cucui piring atau cuci baju demi kesehatan kulit kamu.

Nah, itulah 5 cara mengatasi kulit kering yang bisa kamu coba sendiri di rumah tanpa harus pergi ke dokter kecantikan atau dokter kulit. Selamat mencoba!