Jerawat batu
jerawat batu hitam, skincare untuk jerawat batu, salep jerawat batu, cara menghilangkan jerawat batu yang mengeras

4 Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Nomor 3 Dijamin Ampuh!

Maspedia, Jerawat bisa dikatakan sebagai salah satu masalah kulit wajah yang sering terjadi pada setiap orang. Banyak hal yang membuat jerawat ini muncul pada wajah kita, seperti kebersihan wajah, alergi, tekanan pikiran, iritasi, hormon, dan beberapa faktor lainnya. Jenis jerawat pun bermacam-macam, salah satunya jerawat yang paling mengesalkan adalah jerawat batu dan sering menyerang remaja. Tak heran kalau para remaja mencari cara menghilangkan jerawat batu untuk segera mengatasinya.

Mungkin Sebagian besar banyak yang menganggap bahwa mengatasi jerawat jenis apapun memiliki solusi yang sama. Padahal statement tersebut kurang tepat. Karena jerawat ada berbagai macam jenisnya, di mana masing-masing jenis jerawat memiliki cara mengatasinya yang berbeda-beda.

Perlu diperhatikan, jika terjadi kesalahan dalam mengatasi jerawat akan berakibat fatal. Jerawat akan semakin parah atau malah menimbulkan bekas yang mengganggu di wajah.

Penyebab Terjadinya Jerawat Batu

Sebelum kita membahas ke cara mengatasinya, ada baiknya kita mengetahui bagaimana penyebab jerawat batu terlebih dahulu. Karena dengan kita mengetahui penyebabnya maka kita bisa mencari solusi untuk mengatasinya.

Tak sedikit para dokter kecantikan beranggapan bahwa terjadinya jerawat batu disebabkan oleh adanya hormon androgen, di mana hormon ini Ketika mengingkat akan menyebabkan tertutupnya pori-pori pada kulit wajah. Umumnya, gejala ini dialami oleh para remaja khususnya pada wanita yang sedang mengalami menopause, menstruasi, kehamilan, hingga sindrom ovarium polkistik.

Jadi, bisa dikatakan kalau jerawat batu bukan hanya terjadi pada usia remaja saja, melainkan saat anak-anak yang beranjak dewasa hingga wanita berusia senja pun bisa saja mengalaminya. Sehinga, jerawat batu muncul bukan karena gejala lain, melainkan memang adanya hormon yang berasal dari keturunan.

Baca Juga : 

Ciri-Ciri Jerawat Batu

jerawat batu

Mungkin Sebagian besar ada yang belum mengetahui bagaimana ciri-ciri jerawat batu itu bagaimana. Karena tak sedikit juga yang bisa membedakan jenis-jenis jerawat. Ciri-ciri jerawat batu di antaranya:

  1. Bentuknya besar;
  2. Berwarna kemerahan;
  3. Komedo putih tak Nampak; dan
  4. Terdapat nanah di dalam jerawat.

Jerawat batu yang sudah parah dapat menghasilkan kista dan nodul pada permukaan kulit wajah kita.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Mudah dan Cepat

Setelah mengetahui penyebab dan ciri-ciri terjadinya jerawat batu, sekarang saatnya kita mengetahui cara menghilangkan jerawat batu yang dianggap paling susah mengatasinya. Berikut adalah 4 cara menghilangkan jerawat batu dengan mudah dan kulit wajah akan kembali mulus seperti sedia kala.

1. Membersihkan Wajah Secara Rutin

Rajin dan rutin membersihkan wajah adalah cara menghilangkan jerawat batu yang pertama. Apalagi setelah kita beraktivitas seharian di luar rumah. Kalau kamu sedang menggunakan make-up tebal, sebaiknya bersihkan wajahmu dengan metode double atau triple cleanser. Di mana perlu adanya pembersihan secara berulang-ulang.

Jangan sampai kamu tidur dalam keadaan wajah yang masih kotor. Karena hal ini bisa memperburuk keadaan kulit wajahmu. Bakteri, kuman, atau polusi dari luar dapat menimbulkan jerawat batu dan komedo pada kulit wajah kita. Bahkan make up yang masih tersisa pada kulit wajah juga bisa menjadi penyebab terjadinya jerawat pada wajah kita.

Tak hanya jerawat, kulit akan terasa lebih kasar dan kusam, jika kita tidak mencuci muka sebelum tidur.
Sebenarnya mencuci wajah sebelum tidur tak hanya untuk menghilangkan atau mncegah jerawat batu pada wajah, melainkan juga berfungsi untuk membantu kulit kita pada system pernapasan.

2. Menggunakan Antibiotik

Jika cara alami masih belum juga teratasi, mungkin kamu juga bisa mengatasinya dengan cara menggunakan antibiotic. Di mana antiobiotik ini mampu mengontrol bakteri pada kulit wajah kita. Selain itu, antibiotic juga mampu meminimalisir peradangan pada jerawat batu.

Kamu bisa mendapatkan antibiotic dari apotek terdekat. Umumnya antibiotic ini berbentuk tablet dengan berbagai jenis dan dosis sesuai usia dan kondisi jerawat.

3. Masker Kentang

cara menghilangkan jerawat batu - Masker Kentang

Ada cara alami lain selain membersihkan wajah sebagai cara menghilangkan jerawat. Salah satunya adalah menggunakan masker dari kentang, di mana kentang adalah makanan dengan zat karbohidrat yang tinggi. Karena zat karbohidrat dipercaya mampu mengatasi penyakit kulit, termasuk jerawat.

Cukup iris tipis 1 buah kentang dan letakkan irisan tersebut ke jerawat batu. Diamkan sampai 10 menit lalu bersihkan air bersih. Lakukan hal ini secara rutin sebelum tidur, maka kamu akan mendapatkan efek positifnya.

4. Produk Berbahan Retinoid

Kamu juga bisa menggunakan produk kosmetik yang mengandung retinoid. Di mana retinoid merupakan bahan turun dari vitamin A yang mampu mengatasi segala jenis penyakit dan menjaga Kesehatan kulit.

Tak hanya itu, retinoid memiliki sifat anti-aging, sehingga mampu mengatasi pori-pori yang tersumbat. Bahkan produk berbahan retinoid ini juga mendukung obat antibiotic. Jadi, jika kamu sudah menggunakan antibiotic, perlu adanya produk berbahan retinoid agar hasilnya bisa maksimal dalam menghilangkan jerawat batu.

Ada empat jenis retinoid yang bisa bisa kamu gunakan. Di mana bahan ini biasanya terdapat pada skincare dengan kandungan retinol, adapalene, isotretinoin, dan tretinoin. Sehingga bukan hanya bermanfaat pada kulit wajah saja, melainkan juga mampu menjaga Kesehatan kulit pada seluruh tubuh kita.

Nah, itulah 4 cara menghilangkan jerawat batu yang bisa kamu coba di rumah. Kamu bisa menggunakan cara alami atau menggunakan obat dan produk. Atau kamu juga bisa mengkombinasikannya, asal pemakaian sesuai dengan aturan dan anjuran. Dengan kombinasi solusi alami dan produk atau obat, maka kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

cara menghilangkan jerawat