Berat Badan
Berat Badan

10 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Alami

MASPEDIA.COM, apakah sekarang ini Anda sedang menjalani program penurunan berat badan? Apakah Anda teratur merencanakan untuk olahraga? Bila ya, berhasilkah cara Anda? Kadang kita telah bekerja keras untuk menurunkan berat badan, seperti rutin melakukan olahraga kardio, tetapi untuk turun 1 kg saja rasa-rasanya susah. Wajar bila beberapa orang mencari bermacam cara menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Walau sebenarnya kita merasa energi telah terkuras habis, kenapa timbangan tidak juga berkurang? Bila ada cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, Anda tentu mau mencobanya, kan? Olahraga memanglah memerlukan waktu, belum juga kegiatan setiap hari telah membuat Anda lelah. Komitmen untuk teratur olahraga juga jadi sirna. Lantas, apa ada jalan keluar lain untuk menurunkan berat badan?

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Alami

Bagaimana cara menurunkan berat badan tanpa olahraga dengan cepat dan alami, atau dalam waktu 1 minggu saja. Baca artikel berikut ini dengan cermat dan praktekkan.

Memang berat badan Anda tidak langsung mengalami penurunan yang drastis. Tetapi, untuk Anda yang tidak mempunyai waktu untuk olahraga, beberapa cara di bawah ini dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan:

1. Mengunyah Makanan Pelan – Pelan

Otak perlu waktu untuk mengolah apa yang akan kita lakukan. Begitupun saat makan, otak harus mengolah jika kita cukup kenyang untuk berhenti makan. Mengunyah makan pelan-pelan, rasakan rasa makanan tersebut, lalu menelannya bisa membuat kita sadar jika kita sedang makan. Anda kemungkinan sering marasa tidak betul-betul sadar saat Anda sedang makan sebab otak berkelana memikirkan pekerjaan, pekerjaan sekolah, pekerjaan di dalam rumah, dan ada banyak lagi. Maka dari itu, otak tidak mempunyai waktu untuk mengolah jika kita telah kenyang.

Menguyah makanan pelan-pelan bisa menambah rasa kenyang, disamping itu makanan dapat dicerna dengan baik oleh beberapa enzim yang ada di mulut. Kalori yang masuk juga menjadi lebih sedikit. Penjelasan dari 23 penelitian riset yang diambil Authority Nutrition, mendapati jika pemakan cepat lebih mudah berat badannya naik, bila dibanding dengan pemakan santai.

2. Gunakan Piring Kecil

Piring atau tempat makanan berbagai macam ukurannya. Siapkan piring kecil di dalam rumah atau di mana pun. Saat Anda membeli makanan yang kurang sehat, pakai piring ukuran kecil tersebut. Ini menjadi trik untuk otak Anda. Piring kecil bisa membuat makanan kelihatan lebih besar, otak akan menangkapnya begitu. Bila Anda memakai piring kecil, jatah makanan kurang sehat itu juga menjadi lebih sedikit. Anda bisa juga lakukan trik kebalikannya pada makanan sehat, simpan makanan tersebut dalam piring yang lebih besar.

3. Konsumsi Banyak Protein

Protein mempunyai manfaat untuk meningkatkan perasaan kenyang, sehingga bisa membantu Anda untuk mengonsumsi sedikit kalori. Hormon ghrelin – hormon yang merangsang rasa kenyang – dan GLP-1 bisa dirangsang oleh protein.

Menurut riset yang diambil oleh Authority Nutrition, simpatisan terbantu untuk mengonsumsi 441 lebih sedikit kalori /hari dan bisa menurunkan berat badan kurang lebih 4 kg dalam 12 minggu, tanpa membatasi apa pun, cukup dengan meningkatkan konsumsi protein 15% sampai 30%.

Anda dapat memperoleh protein dari telur menjadi menu makan pagi. Makan telur waktu makan pagi dipercayai akan membantu memasukkan asupan kalori lebih sedikit untuk makan siang, bahkan juga selama seharian dan sepanjang 36 jam ke depan. Protein dapat ditemui pada dada ayam, ikan, Greek yogurt, dan kacang almond.
kurang sehat

4. Jangan Simpan Makanan yang Kurang Sehat di Tempat yang Terlihat

Menyimpan makanan atau jajanan yang kurang sehat dalam tempat terlihat bisa membuat Anda tergiur mengkonsumsinya lagi dan lagi. Menyamil yang kurang sehat dapat meningkatkan berat badan.

Kerap kali, kita menyimpan makanan yang tinggi kalori dalam tempat terbuka, mudah digapai, dan mempunyai ruang yang lebih banyak dibanding dengan tempat untuk menyimpan buah. Bila Anda termasuk ke dalam golongan ini, seharusnya Anda mulai mengganti tekniknya sekarang.

5. Memperbanyak Makanan yang Mempunyai Kandungan Serat

Cara menurunkan berat badan yang efektif ialah perbanyak makan serat. Makanan yang kaya akan serat membantu Anda untuk merasa kenyang dalam jangka waktu lama. Salah satu macam serat, yakni serat kental, bisa membuat gel saat terjadi kontak dengan air. Gel ini akan meningkatkan waktu untuk menyerap gizi dan memperlambat pencernaan, sehingga lambung tidak cepat kosong.

Serat kental ini bisa Anda dapatkan di sereal gandum, sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji rami. Disamping itu, Anda bisa juga memperolehnya pada suplemen glucomannan.

6. Minum Air Putih Lebih Banyak

Cara lain untuk menurunkan berat badan tiada olahraga dengan minum air putih saat sebelum makan. Ini bisa membuat Anda mengonsumsi sedikit kalori. Dehidrasi dapat memacu rasa lapar, karena saat dehidrasi, otak kebingungan tangkap signal badan, hingga ditranslate selaku rasa lapar.

Meminum sekitar 0,5 liter air 1/2 jam saat sebelum makan, bisa mengurangi rasa lapar. Simpatisan dari riset yang melakukan cara ini, berat badannya turun sekitar 44% dalam 12 minggu dibanding yang tidak melakukan cara ini. Upayakan yang dikonsumsi ialah air putih, dan jauhi minuman manis.

7. Kurangi Porsi Makan

Awalnya memang akan susah. Tetapi saat Anda sukses, maka Anda akan terlatih dengan porsi sedikit tersebut. Bila Anda terlatih dengan porsi banyak, Anda akan tergerak untuk mengonsumsi porsi yang lebih besar saat lapar. Porsi makan yang besar akan menyebabkan resiko obesitas.

8. Hindari Makan Sembari Mengerjakan Hal Lain

Sama seperti yang telah diterangkan di atas, saat makan seharusnya tidak memikirkan hal-hal lain atau mengerjakan pekerjaan lain. Jauhi makan sembari melihat televisi atau kerja di depan komputer. Orang yang terdistraksi waktu makan, bisa mengonsumsi sekitar lebih dari 25% kalori dibandingkan yang tidak terdistraksi.

9. Menjaga Pola Tidur dan Hindari Stress

Saat Anda kekurangan tidur, hormon leptin (hormon yang menstimulasi rasa lapar) dan hormon ghrelin menjadi terusik. Sedangkan, stress bisa menaikkan produksi hormon kortisol, hormon ini bisa mengganggu kerja hormon-hormon lain. Bila hormon-hormon itu terganggu, rasa lapar dan ngidam makanan juga jadi bertambah. Maka dari itu menjaga pola tidur Anda dan menghindari stress juda merupakan salah satu cara menurunkan berat badan.

10. Jangan Malas Bergerak

Siapa bilang membakar kalori hanya dengan berolahraga saja? Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga bukan berarti Anda dapat tidak bergerak sama sekali. Anda dapat membakar kalori cukup dengan membersihkan rumah, ajak anjing Anda jalan-jalan, bahkan juga menaiki tangga. Menurut fisiologi olahraga dan pelatih personal di Northem, California yang diambil Prevention.com, “Nyalakan musik, tambahkan semangat yang membara, dan rasakan gerakan Anda.”

Anda bisa juga pergi membeli makanan atau kebutuhan sendiri, tanpa minta bantuan ke orang lain. Membawa barang belanjaan Anda menjadi olahraga mudah yang membakar kalori tanpa Anda sadari. Bila Anda harus ke toilet, pilih toilet yang sedikit jauh, sama halnya dengan memilih parkiran dan tempat makan.

Begitupun saat Anda harus ke lantai atas yang terdekat di sebuah gedung, mungkin Anda bisa menggunakan tangga menjadi pilihan dibanding lift.

Kesimpulan

Itulah cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat, jika menurut Anda masih ada yang kurang silahkan tambahkan di kolom komentar dibawah.