hidden hit counter

Cara Menggunakan Canva Di PC Dan Kelebihan Fitur Canva

2 min read

Cara Menggunakan Canva

Content visual memang menjadi content yang paling menarik engagement untuk saat ini. Bahkan para content marketer memprediksi trends content pada tahun 2020 merupakan content video. Disini kita bisa menilai betapa tingginya potensi content visual untuk content marketing.

Sementara untuk membuat sebuah content visual yang menarik kita bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti photoshop, adobe illustrator, corel draw, dan lain-lain yang dimana jelas memerlukan skill design. Ini merupakan masalah bagi seseorang yang awam dengan skill desain, hingga akhirnya harus hire seorang designer hanya untuk membuat content visual. Dan lagi-lagi harus menjadi masalah karena kita harus menggaji seorang designer.

Namun sekarang apakah masih berlaku hal tersebut? Tidak. Saat ini ada sebuah website bernama Canva yang menyediakan tools yang membuat content visual secara online. Tanpa perlu spesifikasi komputer yang berat dan juga tanpa perlu skill design yang terlalu advance.

Canva sebenarnya sudah dirilis sejak tahun 2012 di Sydney, Australia. Namun baru populer pada akhir tahun 2016 karena para developer Canva saat itu melakukan perbaikan pada hampir seluruh fitur yang hasilnya sungguh memudahkan orang awam untuk membuat sebuah content visual.

Oke untuk lebih detail lagi tentang canva, kami akan membahasnya secara terperinci di bawah ini!

Apa itu Canva?
Canva adalah salah satu platform online editor yang bisa digunakan untuk membuat konten visual seperti logo, infografik, dan content unik lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengisi akun instagram, blog, dan lain-lain.

Apa kelebihan Canva daripada tools yang lainnya? Dengan Canva kita sudah disediakan berbagai template menarik dan unik. Tugas kita hanya perlu memilih, mengedit warna, icon, posisi, tulisan, dan lain-lain menyesuaikan dengan content yang ingin kita buat.

Dengan begitu kamu tidak perlu skill design untuk membuat sebuah content. Karena itu canva saat ini menjadi tools andalan untuk melakukan content marketing karena begitu mudah membuat content menggunakan canva.

Baca Juga: 9 Cara Resize Foto Dan Gambar Di hp & Laptop Mudah!!

Cara Membuat Content Dengan Canva

Seperti inilah overview template infografik yang ada di canva. Sangat banyak sekali bukan? Kamu hanya perlu memilih template mana yang paling kamu suka dan sesuai dengan content yang akan kamu buat. Setelah itu kamu klik saja template pilihanmu tersebut.

Selanjutnya kamu hanya perlu klik “Use this template” dan kamu akan diarahkan ke halaman editor.

Cara Menggunakan Aplikasi Canva

Pada screenshot diatas bisa kamu lihat, kamu bisa melakukan berbagai penyesuaian mulai dari posisi icon, tulisan, besar-kecil, dan lain-lain. Cukup fleksibel sekali bukan? Canva memang terkenal karena fleksibilitasnya dan ux-nya yang benar-benar mudah dipahami oleh orang awal design sekalipun.

Cara Menggunakan Aplikasi Canva

 

Kamu bahkan juga bisa membuat diagram dan hanya perlu memasukkan value dari diagram kamu. Dengan sekejap diagram kamu akan ada pada design kamu. Benar-benar fleksibel dan fungsional sekali bukan?

Baca Juga: 3 Cara Cek Nomor Smartfren GSM Di HP Terbaru 2020

Apa Saja Fitur Canva?

1. Text.

Pada sebuah content kamu pastinya memerlukan sebuah text untuk membantu audience kamu menerima apa yang kamu ingin sampaikan. Dengan begitu tidak terjadi yang nama miss information. Selain itu text juga bisa digunakan sebagai call-to-action agar content kamu lebih menarik audience kamu.

Canva menyediakan berbagai macam font dan template yang bisa kamu gunakan dan kamu hanya perlu mengganti isi textnya saja. Benar-benar sangat membantu sekali.

2. Color Palette

Color palette membantu kamu menemukan warna apa saja yang cocok untuk konten kamu. Dan fitur ini sangat customable. Canva memberi kamu kebebasan dalam mengganti warna elemen-elemen yang ada di canva.

3. Filter

Canva juga menyediakan fitur filter untuk foto yang kamu masukkan ke dalam layer canva kamu. Sehingga kamu bisa menyesuaikan filter seperti apa yang cocok untuk foto kamu agar sesuai dengan content yang kamu buat.

4. Canva for Work

Canva for work ini merupakan layanan berbayar yang berfungsi agar kamu bisa membuat tim dalam website canva. Nantinya anggota yang termasuk dalam tim kamu ini bisa mengakses seluruh template kamu dan juga mengeditnya. Fitur ini sangat berguna jika kamu memang bekerja secara tim.

Walaupun canva ini bisa digunakan tanpa harus bayar (Menggunakan akun free) tetapi ada limit pada beberapa fiturnya. Pada beberapa element, template, font, dan lain-lain ada yang diberi label premium yang artinya hanya bisa diakses oleh akun premium. Dan untuk menggunakan akun premium kamu perlu setidaknya $13 per bulan dan melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. Yang sudah pastinya ini menjadi masalah bagi mayoritas orang Indonesia karena masih asing dengan kartu kredit.

Untuk mengatasi solusi tersebut kamu bisa menggunakan jasa beli akun premium canva di IDCopy. IDCopy menyediakan berbagai macam pembelian akun premium. Dengan begitu kamu bisa melakukan pembayaran dengan mata uang rupiah dan bank lokal Indonesia.

Kesimpulan

Canva ini memang merupakan tools yang sangat powerfull dan fungsinya cukup worth-it jikapun kamu harus membeli akun premium. Tools ini memang cukup membantu untuk membuat sebuah content visual yang dimana saat ini menjadi senjata andalan para content marketer untuk melakukan content marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *