hidden hit counter

10 Langkah Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Pemula

5 min read

Cara Membuat Daftar Riwayat

Daftar riwayat hidup adalah bagian terpenting yang kita perlukan untuk dilampirakan dalam surat lamaran kerja atapun surat – surat yang penting lainnya, dalam membuat daftar riwayat hidup kita harus melampirkan sejarah real tentang penglaman kita sesuai kebutuhan.

Contoh Dan Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate Untuk Lamaran Kerja

Apabila kebutuhan anda dalam membuat daftar riwayat hidup adalah untuk melamar pekerjaan maka anda lampirkan semua riwayat atau pengalaman bekerja anda selama ini.

Setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda beda dalam hal pembuatan lamaran kerja, perusahan memperbolehkan semua pelamar atau calon karyawannya untuk melampirkan daftar riwayat hidup dalam betuk fisik berupa lembaran maupun daftar riwayat hidup yang berupa document atau pdf.

Menulis Daftar Riwayat hidup merupakan hal yang mudah untuk kita lakukan , namun bagi meraka yang baru lulus dari sekolah, dan belum pernah sama sekali membuat surat lamaran pekerjaan serta dalam menulis daftar riwayat hidup mungkin hal ini akan membuat anda kebingungan bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup dalam bentuk dokumen(doc,pdf),

Dalam bentuk print fisik maupun dalam betuk daftar riwayat hidup penulisan manual (kerta folio),setelah bisa menulis daftar riwayat hidup mungkin kalian juga butuh Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja bila sewaktu-waktu kalian bosan dengan pekerjaan lama dan ingin mencari pengalaman baru.

karna itulah kami akan memberikan contoh penulisan daftar riwayat hidup yang baik dan benar graduate berupa tulisan tangan ataupun dalam bentuk file doc or pdf.

Daftar Riwayat Hidup adalah salah satu lampiran yang sangat peting dalam membuat Cv lamaran pekerjaan untuk suatu perusahaan dan instansi tempat anda melamar,

Oleh karena itu dalam penulisan dan pembuatan daftar riwayat hidup kita harus membautnya dengan sebaik mungkin dari segi bahasa , penulisan, Ejaan EYD, dan Kerapian. hal ini akan menambah nilai A plus bagi anda yang sedang melamar pekerjaan maka dari itu ikutilah contoh dibawah ini cara dan panduan pembuatan daftar riwayat hidup yang baik dan benar.

Daftar Riwayt hidup ini diperuntukan untuk lulusan apa saja entah itu pembuatan daftar riwayat hidup untuk lulusan SMP, SD, SMK, KULIAH, dan juga bisa dijadikan sebagai contoh panduan pembuatan daftar riwayat untuk pelamar kerja Spg, untuk yang mau mendaftar Cpns, Satpam dan lain sebagainya, contoh daftar riwayat hidup hampir semuanya sama bila untuk melamar suatu pekerjaan.

Akan tetapi ada juga beberapa jenis contioh dafar riwayat hidup tulisan tangan atau manual, dalam contoh penulisan riwayat hidup itu ada dimana dalam bagiannya terdapat baris bidang pengalaman dalam baris bidang pengalaman ini kita harus menulis prengalaman- pengalaman apa saja yang pernah kita dapat dalam berkerja dengan perusahaan lain,

contoh seperti berapa lama anda dalam perusahaan itu, di perusahaan itu anda bekerja dalam bagian apa? dan juga apa alasan anda resign dari perusahaan terdahulu? untuk hal ini kami sarankan anda isi dengan hal yang positif dari pengalaman anda sendiri, jangan anda tulis hal yang membuat imaj anda rusak ketika HRD perusahaan yang tempat anda melamar tau bahwasanya anda memiliki masalah dalam tempat kerja yang lama.

Penulisan bagaian bidang pengalaman untum frash graduate diisi denga pengalaman anda selama prekerin(prektek kerja lapangan) selama anda berada disekolah(bagi Lulusan SMK),pelatihan yang pernah diikuti maupun prestasi- prestasi dalam lomba, bagi lulusan SMA bisa diisi denngan prestasi ataupun kegitan pelatihan yang pernah diikuti serta ikut setakan lampiran sertifikat yang didapaat dari kegitan tersebut.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan daftar riwayat hidup secara manual, pembuatan daftar riwayat hidup secara manual ini beda dengan yang lainnya karna harus rapi dalam segi penulisan dan penempatan tulisan.

Apabila tulisannya saja tidak rapi maka si penerima Surat lamaran pekerjaan anda akan menilai anda sepontan dari tulisan anda, dan itu kebanyakan adalah penilain yang buruk buat anda sendiri. Berikut adalah hal-hal yang perlu anda persiapkan dalam pembuatan daftar riwayat hidup yang baik dan benar agar terlihat profesional dan dedikatif.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Secara Manual Yang baik dan Benar

1. siapkan kertas folio atau legal bergaris sebanyak yang anda perlukan untuk membuat daftar riwayat hidup dan pastikan kertas yang anda gunakan tidak sobek, tercoret coret serta kusut.

2. Tulis lah dafar riwayat hidup anda sendiri dengan rabi dan ejaan yang benar, tetapi bila tulisaan anda tidak rapi bisa anda meminta tolong saudara anda yang mempunyai penulisan yang rapi, karna kerapian dalam penulisan seperti yang kita bahasa diatas tadi bahwa kerapian menuntukan imaj anda pertama kali dalam mata HRD perusahaan tersebut


3. Gunakan tinta yang bagus agar tulisan tidak tergores kemana mana, warna tinta biasanya yang digunakan adalah warna hitam dan biru tetapi alangkah bagusnya gunakan tinta warna hitam saja

4. Tulislah daftar riwayat hidup anda dengan urutan yang benar jangan asal-asalan di mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir dan lain sebgainya bisa dilihat dicontoh daftar riwayat hidup dibawah ini.

5.Isilah daftar riwayat hidup ini dengan jujur sesuai dengan pengalaman anda, jangan sampai anda membuat pernyataan palsu dalam pembuatan daftar riwayat hidup.

6. Anda juga bisa menambahkan pendidikan  informal yang pernah anda ikut dan kalau anda ikut sebuah organisasi yang besar bisa dimuat dalam daftar riwayat hidup juga.

7. Tulislah pengalam berkerja anda untuk yang baru lulus bisa tulis pengalaman prektik kerja lapangan, pelatihan yang pernah diikuti dan prestasi yang pernah diraih.

8. Lampirkan juga sertikifat yang pernah anda perolah selama berkerja atau disekolah.

9. Hindari pencoretan dibagian yang salah dengan type x ataupun alat bantu coret lainnya karan hal ini membuat tidak rapi dalam penulisan daftar riwayat hidup.

10. Dibagian ahir dalam penulisan daftar riwayat hidup anda dapat menyertakan tanda tangan anda dibagaiana kanan bawah surat daftar riwayat hidup



Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja Dari Perusahaan Secara Resmi

 Kekurangan Dari Penulisan Daftar Riwayat Hidup secara Manual (Tulis Tangan)

  1. Menghabiskan waktu yang lama dalam pembautannya.
  2. Membutuhkan Banyak Kertas, karna apabila dalam pembuatan daftar riwayat hidup ini terjadi.
  3. Tidak Cocok Untuk anda yang mempunyai tulisan yang tidak rapi.
  4. Tidak efisein.
  5. Terkesan Jadul karna di jaman modern sekrang ini sudah banyak sekali media mail eletronik yang bisa dimanfaatkan dalam pembuatan daftar riwayat hidup.
  6. Hasilnya sudah pasti Rapih dan bagus.

 

 Kelebihan Dari Penulisan Daftar Riwayat Hidup secara Manual (Tulis Tangan)

  1. Cocok untuk pelamar kerja yang GAPTEK
  2. Hemat biaya karna anda tidak perlu mencetaknya
  3. Pembuatanya terbilang mudah dibanding dengan yang lain
  4. Tidak perlu Belajar MS Word dalam pembuatannya

Dari poin Diatas kita bisa menyimpulkan untuk menjadi rujukan anda dalam pembuatan daftar riwayat hidup, bisa dengan secara tulis tangan maupun dengan print, semua pasti memiliki kekurangan dan kelebihan dalam pembuatan daftar riwyat hidup yang anda pilih,

tetapi anda harus kembali lagi ke perusahaan yang ingin anda ajuakan lamaran pekerjaan,  karna setiap perusahaan mempunyai requset yang berbeda, yang menginginkan secara tulisan tangan ada juga yang menginginkan dalam bentuk doc atau documen elektronik .

berikut adalah panduan dan contoh yang bisa anda coba dalam pembuatan daftar riwayat hidup yang baik dan benar

1. Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulisan Tangan

 
Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulisan Tangan

2. Contoh Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

 
Contoh Daftar Riwayat Hidup
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
 
 Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
  • Nama                                  : Dwiki Ridwan
  • Jenis Kelamin                   : Laki-Laki
  • Tempat Tanggal Lahir     : Pemalang, 15 Mei 1983
  • Status                                  : Belum Kawin
  • Alamat                                : Jl. Merdeka No 14 Pemalang
  • Kewarganegaraan             : Indonesia
  • Agama                                 : Islam
  • Nomor Handphone           : 0811 2233 4455
  • Email                                   : catur@gmail.com

 Pendidikan:

  • SDN 1 Pemalang 1991 – 1997
  • SMPN 1 Pemalang 1997 – 2000
  • SMAN 1 Pemalang 2000 – 2003
  • Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (Ekonomi) 2003 – 2007

 Pengalaman Organisiasi:

  • Anggota badan esekutif mahasiswa (BEM) di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dari tahun 2003 – 2006.

 Minat dan keahlian:

  • Mampu berbicara dengan baik
  • Menguasai penggunaan sistem aplikasi marketing
  • Suka menulis
Hormat saya       

 
Dwiki Ridwan     

3. Contoh daftar riwayat hidup sederhana yang menarik

Contoh Daftar Riwayat Hidup

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

 DATA PRIBADI
  • Nama : Adi Nugroho
  • Jenis Kelamin : Laki-laki
  • Tempat & tanggal Lahir : Surabaya, 15 Maret 1979
  • Alamat : Jl. Kertasono No. 21 Kel. Timbang rasa Kec. Suramadu Kota Surabaya
  • No. HP : 0122111592
  • Agama : Buddha
  • Kewarganegaraan : Indonesia
  • Status : Menikah
  • Email : adidotcom@gmail.com
 
 PENDIDIKAN FORMAL
  • SD Negeri 4 Surabaya
  • SMP Negeri 1 Surabaya
  • SMA Negeri 5 Surabaya
 
 PENGALAMAN KERJA
  • ASTRA  jabatan Sales Executive
  • TELKOM INDONESIA jabatan Salesman
  • MITRA PASIFIK SOFT jabatan Head Marketing
Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Hormat saya     
 
Adi Nugroho     

4. Contoh daftar riwayat hidup mahasiswa

Contoh Daftar Riwayat Hidup

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

 DATA PRIBADI

  • Nama : Siti Puspita
  • Jenis Kelamin : Perempuan
  • Tempat Tanggal Lahir : Yogyakarta, 11 Januari 1992
  • Kesehatan : Sangat Baik
  • Kewarganegaraan : Indonesia
  • Status Perkawinan : Belum Menikah
  • Agama : Islam
  • Alamat Lengkap : Jl. Cik Di Tiro No 56 RT 6 RW 7 Yogyakarta
  • Nomor Telepon : 0812123123
     

 PENDIDIKAN FORMAL

  • 1999 – 2005 : SD N 106803 Yogyakarta
  • 2005 – 2008 : SMP N 45 Yogyakarta
  • 2008 – 2011 : SMA PAB 1 Yogyakarta
  • 2011 – 2015 : S1-Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta (Teknik Informatika)

 PENGALAMAN KERJA

  • Bekerja di PT. Pasifik Solusindo Yogyakarta Sebagai Digital Marketing Januari 2010 – Desember 2011
  • Bekerja di PT. Musimas – Yogyakarta Sebagai Marketing Mei 2011 – Februari 2012
  • Bekerja di PT. Inalum Sebagai Teknisi Komputer Agustus 2012 – Januari 2014

 PRESTASI

  • PSMS u-17 (2007)
    Juara Lomba Komputer se Yogyakarta Yogyakarta ( 2008 – 2009 )
  • Seleksi Nasional PON Yogyakarta( 2009 – 2011 )
  • Juara SSB se-Indonesia ( 2005 – 2006 )
  • Juara Olimpiade Sains se-Yogyakarta (2004)
     

 Demikian Ini Daftar Riwayat Hidup saya buat dengan benar sesungguhnya.
 

Yogyakarta 17 September 2018.

Hormat saya   

Si Puspita      

    

Seperti contoh diataslah kira kira cara panduan untuk membuat daftar riwayat hidup yang bisa anda coba, semoga contoh daftar riwayat hidup diatas bisa bermanfaat dan menjadi acuan , para pencari kerja dalam membuat surat lamaran hidup semoga bermanfaat.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *