2 Cara Cetak Invoice Shopee Untuk Pembeli/Penjual[PRINT]

2 min read

Cara Cetak Invoice Shopee

Cara cetak invoice shopee sangat penting untuk dipelajari pasalnya dengan invoice menjadi lebih mudah untuk Melakukan pengiriman, dengan invoice penjual bisa menghemat waktu serta meminimalisir kesalahan penulisan alamat pembeli.

Mencetak invoice biasanya dibutuhkan perusahaan sebagai bukti transaksi yang dilakukan.

Invoice merupakan rincian dari transaksi yang telah dilakukan melalui shopee biasanya invoice juga disebut dengan nota pembelian sebagai bukti pembayaran setelah melakukan transaksi sebuah toko online maupun offline.

Invoice menjadi yang sangat penting untuk dipelajari, karena dengan memberikan invoice ke setiap pembeli memberikan yang bagus untuk para pelanggan toko.

Dengan invoice juga secara tidak langsung mempromosikan nama toko.

Sebab dengan invoice pembeli bisa mengingat dimana tempat membeli barang tersebut dan kemungkinan besar Jika kualitas barang serta pelayanan bagus pembeli tidak akan segan untuk kembali ke toko yang sama untuk melakukan transaksi pembelian barang.

Cara Cetak Invoice Shopee

Cara print invoice shopee pada awalnya Anda harus mendownload file invoice yang berupa PDF setelah itu kalian bisa melakukan print invoice untuk pembeli sebagai bukti transaksi dan juga menjadi patokan alamat si pengirim.

Dalam invoice terdapat berbagai data seperti nama pengirim, nama toko, alamat toko, harga dan nama barang, terdapat dua cara cetak invoice shopee nota shopee sebagai pembeli atau untuk pembeli.

Cara cetak invoice shopee bisa dilakukan melalui di Android dan juga bisa melalui shopee web yang bisa kalian buka di laptop ataupun juga smartphone.

Berikut cara print invoice shopee untuk pembeli dan sebagai pembeli.

Baca Juga: Cara Promosi Di Shopee Raih Omzet Besar

1. Cara Print Invoice Shopee Sebagai Pembeli

Jika kalian bekerja di sebuah perusahaan atau di kantor yang semua aktifitas pengeluaran uang membutuhkan bukti yang valid sebagai laporan yang harus disetor setiap bulannya.

Maka mencetak invoice langsung dari toko online menjadi pilihan yang efektif untuk menghemat waktu kerja anda.

  1. Login aplikasi shopee
  2. Klik menu saya
  3. Pilih Produk yang sedang “dikirim/belum bayar
  4. Cara Print Invoice Shopee Sebagai Pembeli
  5. Pilih Produk atau Transaksi yang ingin di cetak
  6. Klik “Lihat Faktur invoice” pada rincian produkCara Print Invoice Shopee Sebagai Pembeli
  7. Klik “kirim” Untuk Mengirim Invoice
  8. Cara Print Invoice Shopee Sebagai Pembeli
  9. Kemudian cek di email shopee anda
  10. Download invoice di email
  11. Kemudian silahkan di print
  12. Selesai

Karena pada aplikasi shopee di Android belum mendukung fitur cetak secara langsung langkah untuk melakukan print out invoice shopee harus melalui email terlebih dahulu file PDF berupa invoice pembayaran shopee.

Untuk yang membuka shopee web di laptop maka bisa secara langsung terdownload dalam bentuk pdf tanpa harus mengirimnya ke email terlebih dahulu.

Baca Juga: 3 Cara Menukarkan Koin Shopee Dengan Pulsa[UANG/REK/SHOPEEPAY]

2. Cara Cetak Invoice Shopee Untuk Pembeli

Untuk cara cetak invoice shopee berikut merupakan cara diperuntukan anda sebagai penjual ingin memberikan dan menempel invoice shopee untuk pembeli.

Invoice shopee untuk pembeli sebagai penunjuk alamat kemana barang harus dikirim dengan rincian transaksi lainnya seperti harga dan nama barang.

  1. Login shopee web via laptop/pc
  2. Buka seller center
  3. Pilih Penjualan saya
  4. Pilih “pengiriman massal” atau barang yang ingin dicetak invoicenya
  5. Cara Cetak Invoice Shopee Untuk Pembeli
  6. Pilih jasa pengiriman yang digunakan contoh “j&t
  7. Cara Cetak Invoice Shopee Untuk Pembeli
  8. Checklist produk
  9. Cara Cetak Invoice Shopee Untuk Pembeli
  10. Lalu pilih “konfirmasi
  11. Kemudian klik “cetak label” untuk mendownload invoice
  12. Cara Cetak Invoice Shopee Untuk Pembeli
  13. Selesai

Setelah invoice yang kalian download selesai maka Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah memprint atau mencetak invoice menggunakan mesin printer.

Dengan begitu invoice pengiriman pembelian barang anda di shopee bisa dijadikan bukti transaksi pembelian toko online shopee setelah dicetak melalui mesin printer.

Akan tetapi biasanya untuk sebuah perusahaan atau kantor invoice dibutuhkan dalam bentuk file PDF jadi tidak perlu di cetak dengan mesin print cukup file PDF tadi dijadikan bukti transaksi di shopee.

Demikianlah cara print invoice shopee jika anda masih bingung dengan cara di atas silahkan tinggalkan komentar di bawah ini, jangan lupa bagikan apabila artikel ini bermanfaat.