Tips Alami Menyembuhkan Sakit Gigi Berlubang

Siapa yang tidak pernah merasakan sakit gigi, hampir sebagaian besar orang pasti pernah mengalaminya. Sakit gigi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dinggap paling menyiksa, sehingga anda membutuhkan cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat untuk mengurangi rasa nyeri. Terkadang sakit gigi juga disertai dengan beberapa penyakit lain seperti demam, sakit kepala, nyeri dan rasa cenat-cenut yang bisa mempengaruhi suasana hati. Sehingga tak jarang banyak orang mengatakan ‘lebih baik sakit hari daripada sakit gigi’.

Salah satu penyebab yang paling sering membuat gigi terasa sakit adalah karena gigi berlubang. Gigi berlubang sendiri dapat dialami siapa saja tanpa mengenal usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Itulah mengapa obat sakit gigi selalu banyak dicari-cari. Adapun beberapa kebiasaan yang dapat menjadi penyebab gigi berlubang:

  1. Jarang menyikat gigi

Salah satu cara yang penting untuk menjaga kesehatan mulut adalah dengan menyikat gigi. Dengan menyikat gigi tumpukan kotoran hingga sisa-sisa makanan yang menumpuk dan menempel di sela-sela gigi akan hilang. Jika hal ini dibiarkan maka lama kelamaan akan menyebabkan plak dan karang gigi. Dan bakteri-bakteri pada karang gigi akan membuat gigi lemah, membusuk hingga berlubang.

  1. Menyikat gigi dengan cara yang salah

Meskipn anda sudah menyikat gigi namun bkan menjadi jaminan jika 100% anda teerhindar dari gigi berlubang. Sebab menyikat gigi dengan cara yang salah seperti terlalu kencang atau terlalu lama bisa membuat lapisan gigi terkikis. lama-kelamaan lapisan ini akan semakin tipis dan sangat beresiko membuat gigi anda berlubang. Anda mungkin pernah berfikir jika dengan menggosok gigi yang keras akan membersihkan gigi dengan cepat, padahal hal ini justru sebaliknya. Menggosok gigi dengan tekanan yang kuat bahkan dapat merusak gusi.

  1. Terlalu sering makan makanan manis

Makanan manis memang terasa enak, namun efeknya menjadi boomerang utama pada kesehatan gigi. Adapun dua jenis bekteri yang  paling sering ditemukan di mulut adalah Streptococcus Sorbinus dan Mutans. Keduanya membentuk plak gigi karena memakanan gula yang masih tersisa di sekitar gigi. Jika plak ini tidak segera dibersihkan dengan cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat, maka akan membentuk lubang gigi dan membuat mulut menjadi asam.

  1. Sering menngonsumsi minuman bersoda

Minuman bersoda juga menjadi salah satu faktor penyebab gigi berlubang terasa sakit. Minuman bersoda menyebabkan terjadinya erosi pada gigi. erosi ini terjadi saat asam pada minuman bersoda bertemu dengan lapisan pelindung gigi terluar atau enamel. Minuman bersoda bahkan juga dapat merusak beberapa lapisan lainnya seperti dentin dan tambalan komposit. Kerusakan pada enamel gigi ini secara terus-menerus dapat menyebabkan gigi berlubang.

  1. Kekurangan fluoride

Selain karena kebiasaan menyikat gigi dan makanan, ternyata gigi berlubang juga dapat disebabkan karena kurangan mineral Fluroide. Selain dapat membantu  mencegah gigi berlubang, mineral yang tersebentuk secara alami ini juga dapat mengatasi gigi berlubang. Fluroide berperan meremineralisasi email gigi untuk mencegah gigi berlubang. Bakteri pada mulut memicu timbulnya asam yang menyebabkan demineralisasi atau asam yang menggerogoti mineral pada enamel gigi. Jika enamel gigi lemah, maka bakteri penyebab gigi berlubang akan lebih rentan masuk. Oleh karena itulah Fluroide memiliki manfaat sebagai salah satu cara meredakan sakit gigi, sehingga banyak ditambahkan pada produk-produk perawatan mulut, seperti pasta gigi hingga obat kumur.

Beberapa hal diatas merupakan faktor-faktor yang sering kali menjadi alasan utama penyebab gigi berlubang. Sakit gigi memang bisa datang kapan saja dan dimana saja, terlebih setelah anda melakukan beberapa hal di atas. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat. Berikut diantaranya:

6 obat sakit gigi alami paling manjur

  1. Air garam

Cara pertama yang dianggap efektif untuk mengatasi sakit gigi yang pertama adalah dengan menggunakan air garam. Air garam dikenal dapat menjadi difinfeksi alami dan mampu mengangkat berbagai partikel kotoran atau sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi. Cara membuatnya juga sangat mudah, cukup ambil ½ sendok teh garam kemudian larutkan dengan segelas air hangat lalu gunakanlah untuk berkumur. Hindari menggunakan air yang terlalu panas karena justru dapat membuat rasa sakit semakin parah.

  1. Buah lemon

Cara menyembuhkan sakit gigi tanpa obat selanjutnya adalah dengan menggunakan Lemon. Buah ini dianggap sebagai obat alami yang ampuh untuk membasmi berbagai bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu, Lemon juga dapat menyeimbangkan kadar pH dalam mulut karena memiliki kandungan asam yang bermanfaat sebagai alkali alami. Siapkan satu buah lemon lalu peras airnya dan campurkan dengan segelas air hangat. Gunakanlah berkumur setidaknya 3 kali sehari agar bakteri yang ada di dalam mulut hilang.

  1. Belimbing wuluh

Sama halnya dengan lemon, buah belimbing wuluh memiliki kandunan rasa asam yang berguna sebagai antibakteri. Antibakteri ini tentunya menjadi alat yang efektif dalam menumpas berbagai bakteri dalam mulut. Cara mengobati sakit gigi menggunakan buah ini adalah siapkan beberapa biji belimbing wuluh yang masih mentah. Kemudian tumbuk sampai sedikit lembut, lalu gunakanlah sebagai obat oles dan pijatan untuk sakit gigi.

  1. Bawang putih

Salah satu bahan masakan dapur yang sering digunakan untuk mengatasi masalah sakit gigi adalah bawang putih. Efek antibakteri yang dimiliki bawang putih tidak hanya bermanfaat untuk mengobati sakit gigi saja. melainkan juga efektif dalam membunuh bakteri-bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya plak gigi. Cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat menggunakan bawang putih juga cukup mudah, yakni anda hanya perlu mengunyahnya menggunakan bagian gigi yang sakit. Atau dengan cara lainnya yakni ambil beberapa siung bawang putih kemudian kupas dan hancurkan. Jika sudah cukup halus anda dapat mengoleskannya pada bagian gigi yang sakit.

  1. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh memiliki kandungan Eugenol yang sangat efektif untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit pada gigi. Tuang sedikit saja minyak cengkeh ke kapas, lalu oleskan pada bagian gigi yang sedang sakit beberapa kali. Anda juga dapat mencampur setetes minyak cengkeh kedalam air untuk dijadikan obat kumur.

  1. Daun jambu biji

Selain efektif digunakan untuk mengatasi penyakit diare, ternyata daun jambu biji juga bisa menjadi obat alami untuk menyembuhkan sakit gigi lho. Daun buah ini memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu merawat mulut. Caranya ambillan beberapa daun buah jambu biji yang masih muda dan segar lalu kunyah. Atau anda juga dapat menggunakannya sebagai campuran untuk obat kumur dengan cara ditumbuk lalu dimasukkan ke dalam air mendidih.

Nah itulah beberapa cara-cara alami yang bisa anda jadikan solusi ketika sakit gigi berlubang menyerang. Meskipun cara ini sifatnya hanya untuk meredakan rasa sakit bukan untuk mengobati sepenuhnya. Namun cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat akan sangat cocok terutama bagi anda yang sedang membatasi penggunaan obat-obatan dari bahan kimia dengan segala efek sampingnya.