Beasiswa KIP Kuliah Untuk Kabar Gembira !! Ini Dia Syarat dan Tahapan

Beasiswa KIP Kuliah Untuk Kabar Gembira !! Ini Dia Syarat dan Tahapan

MasPedia.com-Beasiswa KIP kuliah merupakan bantuan dari pemerintah. Ditujukan kepada lulusan siswa Sekolah Menengah Atas atau sederajatnya yang memiliki potensi dalam akademik baik, tetapi memiliki keterbatasan dalam ekonomi. Untuk menciptakan generasi bangsa yang baik, harus ada usaha yang mendukung untuk membantu mereka yang kurang beruntung.

Melansir dari laman Kemdikbud, kartu ini dikhususkan kepada lulusan SMA atau calon mahasiswa tahun berjalan dan yang lulus dua tahun sebelumnya. Berikut merupakan dari syarat, tahapan daftar, penerimaan biaya, dan juga jangka waktu yang harus ditempuh.

Syarat Penerima Beasiswa KIP Kuliah

Syarat pertama, penerima KIP kuliah yakni siswa SMK, SMA, ataupun sederajat yang akan lulus di tahun berjalan serta lulus 2 tahun sebelumnya.

Yang kedua, memiliki potensi dalam bidang akademik baik, tetapi tidak memiliki kemampuan ekonomi. Disertakan juga bukti yang sah.

Yang ketiga, lulus seleksi dalam penerimaan mahasiswa baru, dan juga diterima di PTN atau PTS pada program studi yang sudah terakreditasi A ataupun B. Lalu untuk akreditasi C mungkin dengan pertimbangan.

Keempat, memiliki keterbatasan ekonomi dengan dibuktikan kepemilikan program bantuan nasional dalam bentuk, Kartu Keluarga Sejahtera atau dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar.

Terakhir, jika dalam hal ini mahasiswa belum mempunyai Kartu Indonesia Pintar ataupun orangtua/wali belum juga mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera.

Dapat diberi bantuan biaya pendidikan usai memenuhi persyaratan keterbatasan ekonomi sesuai dengan ketentuannya.

Dengan adanya syarat-syarat tersebut, beasiswa KIP kuliah bisa anda dapatkan. Bagi anda yang telah memenuhi persyaratan, silahkan daftar untuk diri anda.

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah

Langkah awal, siswa bisa melakukan secara mandiri di web Sistem kartu tersebut pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau bisa melalui aplikasi KIP kuliah.

Langkah yang kedua, saat pendaftaran siswa bisa memasukkan seperti NIK, NISN, NPSN, serta alamat email yang aktif dan valid.

Yang ketiga, sistem ini selanjutnya akan dilakukan validasi NIK, NISN, NPSN dan kelayakan mendapat kartu tersebut.

Keempat, jika pemrosesan validasi berhasil, sistem kartu selanjutnya akan mengirimi anda Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang anda masukkan.

Kelima menyelesaikan proses pendaftaran dan memilih jalur yang akan diikuti untuk seleksi, diantaranya SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri.

Selanjutnya, siswa selesaikan proses pendaftaran beasiswa KIP kuliah di portal ataupun sistem informasi sesuai jalur seleksinya yang dipilih.

Sebelum dibuka sistemnya, siswa dapat melakukan daftar di portal ataupun sistem informasi yakni (SNMPTN dan SNMPN). Tahap sinkronisasi dilakukan dengan skema host-to-host.

Terakhir calon penerima  yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, bisa dilakukan verifikasi lanjutan sebelum diusulkan sebagai mahasiswa calon penerima kartu.

Pembiayaan Dalam Kartu

Bebas biaya untuk pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi. Subsidi yang diberikan untuk hidup sebanyak Rp 700.000 per bulannya. Sehingga disesuaikan dengan pengeluaran di masing-masing wilayah.

Jangka waktu untuk kartu tersebut untuk sarjana tidak boleh lebih dari 8 semester. Untuk diploma empat tidak boleh lebih dari 8 semester juga.

Untuk diploma tiga, tidak boleh lebih dari 6 semester. Diploma dua tidak lebih dari 4 semester, dan diploma satu tidak boleh lebih dari 2 semester.

Bagi anda siswa SMA/SMK atau sederajat yang ingin kuliah tapi ekonomi terbatas, tidak perlu khawatir ataupun putus semangat. Yuk buruan daftar beasiswa KIP kuliah. Dengan bantuan tersebut, mampu membantu anda untuk menggapai cita-cita. Jangan lewatkan kesempatan yang sudah ada ini. Cek segera syarat pendaftaran dan ketentuan-ketentuannya.