Bantuan Sosial Tunai Hanya Sampai Bulan April 2021

Bantuan Sosial Tunai Hanya Sampai Bulan April 2021

Maspedia.com – Masyarakat musti merasa lega akan keputusan Tri Risma Maharani yang memperpanjang bantuan sosial tunai hingga 2021. Pasalnya, dengan kondisi yang seperti saat ini, lemahnya ekonomi sangat membuat masyarakat terpuruk. Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai membuat semua aspek lumpuh.

Dengan bansos yang masih akan diperpanjang sampai 2021 ini, memberikan angin segar untuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka. Kebanyakan masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya seperti di PHK, bisnis yang sepi dan down, banyaknya pengangguran, dan lain sebagainya. Hal ini sangat terasa oleh masyarakat.

Keputusan Tri Risma Maharani Mengenai Bantuan Sosial Tunai 

Di kabar terbaru mengenai bansos tunai, Menteri Sosial mengungkapkan bahwa bantuan tunai 300 ribu hanya akan disalurkan mulai Januari sampai April 2021. Hal ini untuk mengatasi krisis ekonomi yang sudah terjadi di saat pandemi ini.

Bansos tunai hanya sampai bulan April 2021, dalam 4 bulan nanti diharapkan dapat tersalurkan dengan tepat sasaran. Dalam pernyataan selanjutnya, Tri Rismaharini juga menyampaikan bahwa bansos tunai ini direalisasikan tidak utuh selama 1 tahun seperti PKH. Pernyataan ini memperkuat keputusan pemerintah bahwa bantuan sosial tunai hanya berlangsung 4 bulan saja mulai Januari sampai April 2021.

Yang perlu anda ketahui, keseluruhan penerima bantuan dana tunai ini dianggarkan untuk 10 juta penerima manfaat. Total tersebut sudah sekaligus penambahan penerima Jabodetabek.

Sesuai jalur penyaluran yang sudah-sudah, bantuan sosial tunai ini akan disalurkan melalui Kantor Pos di setiap alamat penerima bantuan sosial tunai. Sedangkan nilai bantuan yang disalurkan sebesar 300 ribu setiap bulannya.

Dalam keputusan pemerintah terbaru juga dijelaskan bahwa tidak hanya bansos tunai saja yang akan disalurkan, akan tetapi ada bantuan sosial reguler lainnya. Seperti BPNT yaitu Bantuan Pangan Non Tunai yang rencananya akan disalurkan kepada 18,8 juta penerima manfaat.

Bantuan reguler tersebut sebesar 200 ribu rupiah yang akan disalurkan setiap bulan mulai Januari sampai Desember.

Cara Mengecek Penerima Bantuan Sosial

Daftar penerima  bantuan ini berada dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Anda dapat mencari tahu informasi penerima bantuan sosial tunai tersebut dengan mengunjungi laman resmi dtks.kemensos.go.id. Hal ini untuk menghindari data hoax yang sering muncul di situs.

Selanjutnya anda wajib memilih identitas diri untuk verivikasi.anda dapat memilih data identitas yang ingin anda pakai.

Sebaiknya sebelum anda mengecek, anda siapkan terlebih dahulu syarat untuk mengisi, pilihannya yaitu Nomor Induk Kependudukan, ID DTKS/BDT dan Nomor PBI JK/KIS.

Apabila sudah muncul, dan yakin bahwa anda termasuk penerima bantuan dana sosial tunai, maka anda dapat segera mencairkannya di kantor pos terdekat di wilayah anda.

Adapun agar anda terdaftar di dtks.kemensos.go.id, begini caranya :

  • Anda dapat melaporkan ke perangkat desa maupun kelurahan anda dengan syarat membawa identitas diri yaitu KTP
  • Selanjutnya dari Dinas Sosial melakukan verifikasi data anda apakah sudah valid.
  • Anda jangan senang dulu karena proses selanjutnya tidak semua usulan dapat disetujui dansos. Karena hanya yang memenuhi kriteria dari dansos yang bisa mendapat persetujuan.
  • Bagi yang usulannya telah disetujui, langkah selanjutnya adalah pelaporan kepada kemensos. Jalur ini biasanya melalui gubernur.
  • Proses terakhir adalah setelah proses validasi dan verivikasi tersebut calon tersebut terdaftar dalam dtks. kemensos.go.id.

Bagi penerima yang tidak mempunyai rekening, dapat mencairkan melalui Kantor Pos terdekat dengan membawa KTP dan KK sebagai syarat mekanisme pengambilan bantuan sosial tunai tersebut.