Harapan Jokowi Penyaluran Bansos 2021 Tidak Terpotong Apapun

MasPedia.com Penyaluran bansos 2021 rencana akan diperpanjang pada 4 Januari 2021. Beberapa bantuan sosial yang akan disalurkan adalah Bansos Tunai, BLT UMKM, Kartu Pra Kerja, dan Subsidi Gaji. Semenjak dilanda Covid-19 yang sampai sekarang belum juga usai, sangat membuat resah dan terpuruknya ekonomi masyarakat.

Tidak hanya itu, lemahnya di berbagai aspek membuat pemerintah berfikir keras untuk mengatasinya. Dengan penyaluran kembali bansos tersebut, masyarakat kembali merasa lega. Pasalnya, 4 bantuan yang dikabarkan berakhir di 2020 itu tidak terjadi.

Pemerintah juga mengharapkan adanya validasi ulang penerima bantuan agar tidak hanya orang sama yang mendapatkan bantuan. Diharapkan dapat tersalurkan merata kepada yang sebelumnya belum mendapatkan bantuan.

Penyaluran Bansos 2021 Tidak Terpotong Apapun

Presiden Jokowi dalam pidatonya menyampaikan dan sekaligus mengingatkan kepada menterinya agar bantuan yang disalurkan tidak ada potongan sama sekali. Hal ini dikarenakan adanya kasus yang terjadi di Jabodetabek.

Dalam mengantisipasi terjadinya potongan dalam penyaluran, maka dilakukan digitalisasi data bantuan yaitu dengan sistem bank mitra pemerintah.

Anggaran sekitar 110 triliun telah dianggarkan dalam bansos yaitu ke 38,8 juta penerima. Anggaran tersebut direncanakan melalui 6 program susunan.

Anggaran Penyaluran Bansos 2021

Dari empat bantuan sosial yang diperpanjang tersebut, sudah direncanakan di setiap saluran bantuan yaitu

  • Bantuan Sosial Tunai atau BST

Perpanjangan bantuan tunai tersebut sejumlah 10 juta KPM ke 34 provinsi. Hal ini diharapkan dapat memulihkan ekonomi berskala nasional. Apabila ditotal, anggaran bantuan tunai ini sebesar 12 triliun.

  • Banpres UMKM

Anggaran bantuan presiden untuk pengusaha mikro sebesar 2,4 juta. Penyaluran bansos 2021  ini cuma-cuma yang bertujuan membantu pelaku usaha mikro dalam membuka usaha. Yang perlu anda ketahui, pelaku UMKM ini harus sudah terdaftar ke Kadiskop UKM di wilayahnya masing-masing. Hal ini adalah untuk memastikan kelayakan usaha pelaku UMKM tersebut.

  • Bantuan pada Kartu Pra Kerja

Bagi masyarakat yang belum lolos sebaiknya mendaftarkan kembali, sedangkan yang sudah memasukkan data tinggal menunggu pembukaan gelombang selanjutnya. Anda dapat mengakses lewat situs www.prakerja.go.id. Namun apabila sebelumnya sudah mendapatkan bantuan ini, maka anda tidak dapat mendaftar sebagai penerima kembali. Karena dari sistem hanya terima yang belum pernah menerima sebelumnya.

  • Subsidi Gaji Karyawan

Penyaluran bansos 2021 ini diperuntukkan khusus yang sudah terdaftar di BPJS ketenagakerjaan dan mempunyai nilai gaii dibawah 5 juta rupiah. Bantuan ini akan berlanjut sampai 6 bulan mendatang di tahun 2021.

Presiden Jokowi mengharapkan dengan bantuan yang diperpanjang ini bisa meningkatkan daya beli masyarakat dan memacu kembali pertumbuhan ekonomi.

Harapan Jokowi Bansos 2021 Tidak Terpotong Apapun

Presiden Jokowi menginstruksikan kepada menteri sosial agar penyaluran bantuan sosial tepat sasaran. Hal ini agar penyaluran tersebut tersalurkan kepada yang benar-benar membutuhkan.

Tri Rismawati menegaskan “Kami mengharapkan dalam penyaluran bantuan sosial ini tersalurkan dengan benar dan tidak ada yang berusaha melakukan pemotongan maupun penyelewengan penyaluran bansos, karena laporan penyaluran masuk ke data kami.”

Selain itu, penyaluran bantuan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Presiden Jokowi pun menekankan agar masyarakat tidak menggunakan dana bansos ini untuk membeli rokok.

KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dihimbau untuk memenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan pangan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, bukan untuk hal gaya hidup dan merokok.

Nah, penyaluran bansos 2021 ini akan terealisasi mulai tanggal 4 Januari 2021 dan dengan harapan dapat tersalurkan tepat waktu sesuai jadwal penyaluran.