Kabar Gembira, Inilah Daftar Bantuan yang Diperpanjang 2021, Cek Segera

MasPedia.com Daftar bantuan yang diperpanjang 2021 telah disampaikan oleh Pemerintah melalui sejumlah kementerian. Paling tidak ada empat bantuan yang sampai tahun 2021 nanti akan diperpanjang.

Seperti Kartu Pra Kerja yang dibuka kembali pada 2021 dan bansos tunai Rp 300  ribu. Masyarakat tentu saja bisa bernapas lega. Pasalnya empat bantuan ini akan kembali disalurkan.

Hal ini berkaitan dengan tak segera usainya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Diketahui sejak Maret 2020, virus ini masih saja merebak dan membuat berbagai kegiatan ekonomi masyarakat terhambat.

Ini Dia Daftar Bantuan yang Diperpanjang 2021

Presiden Joko Widodo dalam acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran di Istana Kepresidenan telah menyampaikan pidatonya.

Bahwa anggaran belanja negara yang tertera di dalam APBN 2021 yang besarnya Rp 2.750 triliun akan fokus untuk penanganan Covid-19 untuk sektor ekonomi dan kesehatan.

Berikut ini berbagai daftar bantuan pemerintah yang akan diperpanjang sampai 2021 mendatang.

Kartu Pra Kerja

Masyarakat yang belum lolos dalam program kartu prak kerja tahun 2020 bisa mendaftarkan diri kembali. Sebab program ini diperpanjang sampai tahun 2021.

Pendaftar yang dulu sudah memasukan data juga tinggal menunggu pembukaan gelombang berikutnya. Sebab datanya sudah tersimpan di data base PMO. JAdi tak perlu mendaftar dari awal lagi.

Bantuan Sosial Tunai

Selanjutnya yang masuk ke dalam daftar bantuan yang diperpanjang 2021 adalah BST atau Bantuan Sosial Tunai. Hal ini dilakukan untuk bisa memberikan kesempatan keluarga penerima manfaat KPM yang sampai saat ini belum menerima BST.

Sehingga penerima BST akan dilakukan validasi ulang supaya penerimanya bukan orang yang itu-itu saja. Program BST ini diperpanjang dengan tujuan untuk menjaga pemulihan ekonomi nasional yang ada di 34 provinsi dengan jumlah 10 juta KPM.

BLT UMKM

Ada lagi bantuan yang diperpanjang sampai dengan tahun 2021. Namanya adalah Bantuan Presiden Produktif. Atau BLT dengan besaran Rp 2,4 juta. Bantuan ini khusus ditujukan bagi pengusaha mikro atau BLT UMKM.

Bila ekonomi nasional dalam kuartal I-2021 masih saja landai. Bantuan ini kemungkinan besar juga masih akan diteruskan. Disamping itu, bantuan ini juga diberikan secara cuma-cuma atau hibah dalam rangka membantu pelaku usaha Mikro supaya mempunyai modal saat membuka usaha.

Subsidi Gaji

Salah satu daftar bantuan yang diperpanjang 2021 adalah subsidi gaji. Subsidi gaji ini untuk karyawan swasta yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta dan sudah terdaftar sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan.

Airlangga Hartarto sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Menyatakan bahwa pemerintah hendak melanjutkan program subsidi gaji sampai kuartal I tahun depan.

Selanjutnya untuk kuartal II masih menjadi pertimbangan pemerintah. Itu artinya di tahun 2021 subsidi gaji bisa jadi akan berlanjut hingga enam bulan pada tahun 2021.

Bagaimana dengan Subsidi Listrik dari PLN?

Dari keempat bantuan tersebut, ada satu yang menjadi pertanyaan banyak masyarakat. Apakah subsidi listrik gratis dari PLN juga masih akan diperpanjang? Terkait dengan hal ini,  sampai sekarang belum diketahui apakah pemerintah juga masih akan memperpanjang subsidi listrik gratis sampai dengan tahun 2021.

Agung Murdifi, Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN juga belum bisa memastikan terkait perpanjangan subsidi listrik di tahun 2021. Sebab ini merupakan bagian dari keputusan pemerintah. Maka dari itu, kita hanya bisa menunggu seperti apa keputusan yang akan diambil oleh pemerintah nantinya.

Meski demikian, PLN akan selalu mendukung penuh kebijakan yang diambil oleh pemerintah. Kita tunggu saja, apakah subsidi listrik gratis juga akan menjadi tambahan daftar bantuan yang diperpanjang 2021 nanti.