Kartu Prakerja

Belum Dapat Kartu Prakerja Tahun Ini? Tenang! 2021 Masih Dibuka Gelombang Pendaftaran Kartu Prakerja!

Hingga akhir tahun 2020 ini, pendaftaran Kartu Prakerja telah mencapai pada gelombang ke-11. Adapun total pendaftar Kartu Prakerja pada tahun 2020 ini ada sekitar 43 juta pendaftar semenjak gelombang satu pendaftaran Kartu Prakerja diluncurkan.

Namun, tahun 2020 ini akan segera berakhir dan masih banyak calon pendaftar Kartu Prakerja yang belum kebagian Kartu Prakerja. Ada beberapa alasan mengapa calon pendaftar Kartu Prakerja gagal pendaftaran. Alasan yang paling utama adalah informasi profil yang salah dan tidak akurat.

Tenang! 2021 Masih Dibuka Gelombang Pendaftaran Kartu Prakerja!

Nah, bagi yang masih belum mendapatkan slot Kartu Prakerja tenang saja, karena beredar kabar bahwa pendaftaran Kartu Prakerja akan dibuka kembali pada awal tahun 2021. Berarti, gelombang pendaftaran Kartu Prakerja ke-12 akan dibuka di awal tahun baru nanti. Ini artinya, pendaftar yang masih gagal bisa mendapatkan peluang untuk mendapatkan Kartu Prakerja di tahun 2021 nanti.

Angin segar mengenai pembukaan gelombang pendaftaran baru Kartu Prakerja ini disampaikan secara langsung oleh Denni Purbasari yang menjabat sebagai Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja. Denni mengungkapkan statementnya mengenai gelombang Kartu Prakerja baru pada tahun 2021 pada saat penutupan gelombang 11 di akhir November 2020 lalu.

Dikutip dari ANTARA News, Selasa 3 November 2020 lalu, Denni mengungkapkan bahwa bagi para pendaftar Kartu Prakerja yang telah memasukkan data lengkap pada akun prakerja.go.id tidak usah khawatir jika belum mendapatkan Kartu Prakerja. Menurut Denni, bagi yang belum mendapatkan Kartu Prakerja bisa mengikuti pendaftaran pada gelombang ke-12, atau Batch pertama di tahun 2021 nanti.

Bagi yang sudah input data tentu tinggal tunggu batch pertama yang rencananya akan diluncurkan di awal tahun 2021 nanti. Akan tetapi, bagi yang masih belum mendaftarkan akun di prakerja.go.id dan masuk kriteria penerima Kartu Prakerja, maka berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan.

BACA JUGA : Peluang Bagi 20 Juta Penerima Baru BLT UMKM Rp2,4 Juta untuk 2021, Ini Syarat Dan Cara Pendaftaran nya

SYARAT DAFTAR KARTU PRAKERJA

  1. Anda harus berusia minimal 18 tahun dan sedang tidak mengikuti Pendidikan formal.
  2. Anda haruslah Warga Negara Indonesia.
  3. Anda bukanlah penerima bansos dari Kementerian Sosial.
  4. Anda bukanlah penerima Bantuan Subsidi Upah dari pemerintah.

Selain syarat-syarat yang tertulis diatas, pelaksana Kartu Prakerja juga memberikan info mengenai orang-orang yang masuk pada daftar hitam, atau orang-orang yang tidak bisa mengikuti program Kartu Prakerja ini. Daftar hitam ini menganut pada peraturan dari Permenko Tahun 2020 Nomor 11.

Adapun yang dimaksud daftar hitam diatas adalah para pendaftar yang memiliki status sebagai ASN, prajurit TNI, Polri, direksi, komisaris atau pejabat desa, dewan pengawas BUMD atau BUMN, dan juga pejabat DPRD.

Nah, bagi yang lolos kriteria untuk mendapatkan Kartu Prakerja, ada tips dan trik supaya lolos dan masuk mendapatkan Kartu Prakerja pada batch 1 yang rencananya akan dilaksanakan awal tahun depan. Berikut tips dan triknya.

Masuk dari prakerja.go.id tidak terhambat

  1. Nama harus sesuai dengan nama di KTP.
  2. Telitilah saat mengisi nomor Kartu Keluarga (KK), nomor KK dan KTP harus sesuai dan cocok pada database kependudukan.
  3. Teliti lagi saat mengisi tanggal lahir, pastikan sesuai KTP.
  4. Alamat email harus benar dan pastikan email tersebut aktif. Pastikan juga kotak masuk email tidak penuh agar email masuk dari prakerja.go.id tidak terhambat.
  5. Pastikan Nomor Handphone sesuai dengan data di KTP dan sesuai saat registrasi di prakerja.go.id.
  6. Pastikan alamat sesuai dengan yang ada di KTP.
  7. Teliti lagi pengisian data jenis kelamin.
  8. Teliti kembali saat mengisi data pendidikan terakhir.
  9. Teliti kembali saat mengisi status kebekerjaan.
  10. Foto KTP harus jelas dan tentu harus sesuai dengan milik pendaftar.