Ada Bansos Modal Usaha Rp3,5 Juta dari Kemensos, Begini Cara Dapatnya (dreamstime)

TERUPDATE !!! Ada Bansos Modal Usaha Rp3,5 Juta dari Tri Rismaharini, Begini Cara Pendaftaran nya

Selain adanya BLT UMKM dari Kemenkop, ternyata saat ini ada pula bansos modal usaha Rp3,5 juta yang diberikan oleh Kemensos. Diberikan kepada warga yang masuk dalam Keluarga Penerima Manfaat atau yang disingkat KPM. Maupun Program Keluarga Harapan atau PKH.

Bansos KPM PKH yang besarnya mencapai Rp3,5 juta ini adalah program yang bertujuan sebagai bentuk strategi untuk melakukan percepatan penanganan kemiskinan. Disamping itu, adanya program bansos KPM PKH ini juga menjadi program bantuan dalam mendorong perekonomian untuk warga yang terdampak Covid 19.

Bagaimana Mendapatkan Bansos Modal Usaha Rp3,5 Juta?

Bila anda merupakan salah seorang yang masuk dalam KPM maupun PKH yang mempunyai usaha. Maka secara otomatis anda bisa memperoleh bantuan UMKM sebesar 3,5 juta rupiah ditambah Rp500.000 dari Kemensos.

Seperti yang tertera dalam laman kemensos.go.id, Kemensos akan memberikan bantuan modal usaha untuk 10 ribu KPM PKH graduasi. Mereka yang mempunyai rintisan usaha dan terdampak pandemi dengan besaran bantuan sosial  Rp3,5 juta.

Rintisan usaha yang dikelola oleh KPM PKH graduasi merupakan usaha ultra mikro. Dengan begitu, tidak semua masyarakat yang memiliki pendapatan rendah bisa memperoleh bantuan usaha 3,5 juta tersebut dari Kemensos.

Bantuan modal usaha UMKM ini akan bergulir pada 2021 dari Kemensos dan diberikan sebagai bantuan dana tunai. Melanjutkan bansos Program Keluarga Harapan graduasi di tahun 2021 yang lebih spesifik.

Nantinya pemerintah memilih masyarakat KPM PKH yang akan memperoleh bansos modal usaha Rp3,5 juta yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.

BACA JUGA : Peluang Bagi 20 Juta Penerima Baru BLT UMKM Rp2,4 Juta untuk 2021, Ini Syarat Dan Cara Pendaftaran nya

Selanjutnya bantuan sosial ini juga bisa langsung diperoleh tanpa harus mendaftar secara khusus. Tetapi syaratnya calon penerima BLT Rp3,5 juta ini sudah terdaftar di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.

Login ke dtks.kemensos.go.id.

Agar bisa terdaftar sebagai penerima bantuan modal usaha Rp3,5 juta plus Rp500.000 dari Kemensos, anda bisa login ke dtks.kemensos.go.id. Saat anda login, anda harus menyiapkan identitas Pendaftaran  seperti KTP. Sebab sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS harus menggunakan NIK KTP.

Cek Peserta DTKS

Untuk mengecek kepesertaan DTKS anda bisa login ke link  https://dtks.kemensos.go.id/. Selanjutnya anda pilih ID. ID tersebut bisa menggunakan ID DTKS, ID NIK, atau nomor ID yang ada pada JK/KIS.

Selanjutnya anda tinggal memasukkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK. Serta nama sesuai kartu tanda penduduk. Berikutnya anda tinggal ketik ulang kode captcha di dalam tampilan dan klik kata cari. Jika sudah, anda bisa melihat apakah anda sudah termasuk kedalam daftar peserta DTKS.

Selain DTKS, bansos modal usaha Rp3,5 juta untuk UMKM seperti yang disebutkan di awal tadi juga ditujukan bagi anggota KPM PKH yang di graduasi dan mempunyai usaha.

Ada beberapa syarat yang harus dilengkapi untuk mendaftar bantuan sosial modal usaha Rp3,5 juta dari Kemensos untuk UMKM. Syarat tersebut diantaranya adalah:

  • Warga miskin atau rentan miskin
  • Memiliki usaha
  • Terdampak covid-19.
  • Sempat masuk di dalam KPM PKH dan masuk ke dalam daftar dtks.kemensos.go.id.
  • Bila sudah masuk ke daftar dtks.kemensos.go.id, maka kini sudah di graduasi karena lebih sejahtera.

Program Kewirausahaan Sosial atau Program Bantuan Stimulan Intensif Modal Usaha yang nilainya 5 miliar akan disalurkan kepada 10.000 KPM PKH graduasi. Itu artinya bagi mereka  yang sedang membangun maupun merintis usaha.

Nantinya KPM dan PKH graduasi yang sudah terseleksi akan menerima bansos modal usaha Rp3,5 juta. Serta pendampingan agar bisa lebih mengembangkan usaha yang dijalankan nya.