Bansos
Bansos

Beritau Pada Saudara Yang Membutuhkan Bansos Ini Resmi Berlanjut Sampai Tahun 2021

Maspedia.com – Untuk membantu kelangsungan hidup di masa pandemic COVID-19 ini pemerintah akan memberikan bantuan berupa program perlindungan sosial bagi masyarakat di Indonesia. Hal ini pun telah diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo bahwa pemerintah telah menyiapkan bantuan dana untuk pelaksanaan program tersebut. Total dana yang digelontorkan untuk bantuan ini pun juga tak tanggung-tanggung, yakni mencapai Rp 408,8 trilyun dari APBN tahun 2021.

Rapat yang diselenggarakan dalam rangka penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) serta transfer ke daerah dan dana desa 2021 pada Rabu (25/11) di Istana negara. Melalui Kementrian Sosial Jokowi menginstruksikan, jika anggaran belanja yang telah disiapkan untuk bansos segera direalisasikan mulai awal tahun. Sehingga di tahun 2021 akan ada beberapa program bansos lanjutan dari tahun 2020. Lalu apa saja program bansos lanjutan tersebut?

Berikut Adalah 5 Bansos Yang Di Perpanjang Sampai 2021

  1. Yang pertama yakni Program Keluarga Harapan (PKH). Selain jumlah kepesertaannya yang akan ditambah dari 9,2 juta menjadi 10 juta, proses pencairannya pun juga akan dipercepat yang semula dari 3 bulan sekali menjadi setiap bulan sekali. Jumlah anggaran yang ditetapkan untuk bansos PKH yakni sebesar Rp 30,4 trilyun.
  2. Program kedua yaitu Bantuan Pangan Non-Tunai (BNPT) atau sembako. Sama halnya dengan PKH jumlah kepesertaan pada bansos BNPT ini juga akan diperbanyak dari 15,2 juta menjadi 18,5 juta di tahun 2021. Besar nominal BNPT juga akan ditambah dari Rp 150 ribu menjadi Rp 200 ribu dari anggaran Rp 44,7 trilyun.
  3. Ketiga yakni bansos tunai. Bansos tunai dianggarkan dana sebesar Rp 12 trilyun untuk periode januari-juli 2021 untuk 10 juta orang dengan indeks Rp 200 ribu per penerima.
  4. Program bansos keempat yang akan terus berlanjut pada tahun 2021 adalah Kartu Prakerja. Hal ini diungkapkan oleh Denni Puspa Purbasari selaku PMO kartu prakerja mengatakan jika telah menyiapkan anggaran dana sekitar Rp 10 trilyun untuk program tersebut.
  5. Bansos yang kelima yakni program Penerima bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (PBI-JKN). Melalui Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) pemerintah akan memberikan subsidi iuran kesehatan sebesar Rp 48 trilyun untuk 98,8 juta peserta.

Sumber : Cnn indonesia