Jokowi Memberi Pesan ke UMKM yang Akan Gabung Brilianpreneur 2020

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) membuka gelaran UMKM EXPO[RT] Brilianpreneur 2020. Dalam kesempatan itu, Jokowi menyebut pandemi menuntut kita untuk lebih kreatif, termasuk UMKM. UMKM harus mampu menampilkan produknya yang lebih menarik dan melalui cara baru yang inovatif.

“UMKM pun harus mampu menampilkan produknya yang lebih menarik. Melalui cara-cara baru yang inovatif, seperti yang saya lihat dalam pameran ini, showcase UMKM-nya sangat berbeda, sudah 3D virtual, disajikan dengan instalasi seni yang bagus, disajikan virtual, kita seperti berada pameran sesungguhnya,” ujar Jokowi secara virtual, Kamis (10/12/2020).

4 Arahan Tegas Jokowi Supaya Orang RI Nggak Gapkeun

Ia juga menekankan UMKM agar selain melakukan adaptasi teknologi digital, tapi juga harus terintegrasi dengan marketplace nasional maupun marketplace global. Ini supaya produknya bisa dijual lebih mudah dan agar semakin dikenali.

“Saya melihat akhir tahun banyak pameran yang diselenggarakan oleh kementerian dan lembaga atau institusi, tapi saya ingatkan agar pameran-pameran ini harus maou meningkatkan transaksi dan volume ekspor dari UMKM kita,” ujarnya.

“Kalau tahun 2019 business matchingnya mencapai 33,5 juta USD, tahun ini harusnya lebih besar. Saya dengar targetnya mencapai USD 50 juta. Dan tahun depan harus lebih besar lagi. (Target) kenaikan nilai transaksi ini tentunya membutuhkan sinergi semua pihak,” imbuhnya.

Jokowi Kecewa Tingkat Melek Uang Orang RI Ketinggalan di ASEAN

Sementara itu, Direktur Utama Bank BRI, Sunarso mengatakan UMKM EXPO[RT] Brilianpreneur 2020 diikuti oleh 573 UMKM. Kegiatan ini sebenarnya sudah berlangsung sejak 1 Desember dan akan berakhir pada 15 Desember 2020.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar UMKM tidak hanya naik kelas, tapi bisa bersaing di pasar global melalui kegiatan expo. Kegiatan ini diikuti 573 pelaku UMKM binaan BRI, dari berbagai bidang usaha meliputi fashion, accessories and beauty, home decor and craft, dan food and beverage,” ujarnya.

Gaya Mantri BRI Wanita di Rupat, Naik Motor Trail Sambangi Nasabah

“Kegiatan ini dilakukan secara hybrid, bisa diikuti secara on the ground maupun virtual, yang meliputi 3D virtual showcase produk 573 UMKM yang dipamerkan melalui serangkaian kurasi dalam kemasa digital,” imbuhnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam pembukaan UMKM EXPO[RT] Brilianpreneur 2020 di JCC Senayan, antara lain Menkop UKM Teten Masduki; Wakil Menteri BUMN.

Sumber:Detik.com