Diperpanjang Hingga 2021- 4 Bantuan Pemerintah Yaitu BLT UMKM Hingga Subsidi Gaji

Wabah Covid- 19 tidak kunjung selesai. Penguasa juga mengambil keputusan buat memperpanjang beberapa program dorongan pada warga sampai 2021.

Buat menunjang kebijaksanaan itu pemerintah sudah membagikan perhitungan dalam APBN 2021 sebesar Rp2, 75 triliun. Perhitungan itu difokuskan buat penindakan Covid- 19, bagus di zona kesehatan ataupun ekonomi.

Demikian disebut Presiden Joko Widodo( Jokowi) dikala acara penyerahan Daftar Isian Penerapan Anggaran( DIPA) di Istana Kepresidenan, pada Rabu( 25 atau 11 atau 2020).

Paling tidak, terdapat beberapa bantuan yang dipastikan hendak diperpanjang sampai 2021. Mulai dari Kartu Prakerja sampai BLT UMKM. Lalu gimana dengan bantuan token listrik free ataupun diskon 50 persen dari PLN?

Berikut catatan bantuan dari pemerintah yang diperpanjang sampai 2021, yang umma kutip dari Tribunnews. com:

1. Bansos Tunai

Menteri Sosial Juliari P Batubara berkata, program Bantuan Sosial Tunai( Bansos Tunai atau BST) diperpanjang sampai 2021. Perihal itu dilakukan buat membagikan peluang pada keluarga penerima manfaat( KPM) yang belum menerima BST.

” Buat penerima BST, saya memohon dilakukan pengesahan ulang supaya penerimanya tidak orang yang itu- itu saja. Masih banyak yang menginginkan,” ucap Juliari.

Perpanjangan program BST bermaksud untuk melindungi pemulihan ekonomi nasional sejumlah 10 juta KPM pada 34 provinsi. Ada pula anggaran yang disiapkan buat menyalurkan BST sebesar Rp12 triliun.

Tidak hanya BST, program bansos pangan program sembako pula diperpanjang buat 18, 8 juta KPM, dengan perhitungan yang disiapkan sebesar Rp45, 12 triliun.

2. BLT UMKM

Bantuan lain yang diperpanjang sampai 2021 merupakan Bantuan Presiden( Banpres) Produktif ataupun Bantuan Langsung Tunai( BLT) sebesar Rp2, 4 juta buat pengusaha mikro nama lain BLT UMKM.

” Bila perekonomian nasional pada suku tahun I- 2021 sedang miring, hingga dorongan ini mungkin besar hendak diteruskan,” ucap Menteri Koperasi serta UKM( Menkop UKM) Teten Masduki, Senin( 7 atau 9 atau 2020).

Metode buat memasukkan dorongan ini, para pelakon UMKM wajib mengajukan usahanya terlebih dulu pada Kepala Biro Koperasi Upaya Kecil Menengah( Kadiskop UKM) kabupaten atau kota di area tiap- tiap.

Sehabis tertera, esoknya para pelakon UMKM hendak memperoleh bantuan sebesar Rp 2, 4 juta dari pemerintah yang ditransfer melalui rekening.

3. Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja juga dipastikan diperpanjang hingga 2021. Masyarakat yang belum lolos pada program Kartu Prakerja pada 2020 dapat mendaftarkan diri kembali.

Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, pendaftar yang sudah memasukkan data pun tinggal menunggu pembukaan gelombang berikutnya di tahun depan.

Sebab data mereka sudah tersimpan di dalam data base PMO dan tidak perlu mengisi data seperti saat mendaftar pertama kali di situs www.prakerja.go.id.

4. Subsidi Gaji

Program bantuan lain yang hendak dilanjutkan pada 2021 merupakan bantuan pendapatan untuk pegawai swasta dengan pendapatan di bawah Rp5 juta serta tercatat di BPJS Ketenagakerjaan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto berkata, pemerintah hendak meneruskan program bantuan gaji sampai kuartal I tahun depan.

” Dukungan Subsidi Pendapatan hendak dilanjutkan di suku tahun pertama tahun depan,” tutur Airlangga.

Masih menurut penjelasan Airlangga, pemerintah tengah memikirkan buat meneruskan sampai kuartal II. Maksudnya, tahun depan program bantuan pendapatan dapat jadi akan bersinambung dalam 6 bulan di 2021.

Bantuan Listrik Free dari PLN

Bila keempat bantuan di atas dipastikan berlanjut sampai 2021. Berlainan dengan bantuan listrik free dari PLN. Sebab sampai saat ini, belum dikenal apakah pemerintah pula hendak memperpanjang bantuan listrik free sampai 2021.