94DTCVv3Yden5O8wBOvNfDZFHlDJocscH4Dp8BlE
Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Beserta Gmabar + Tabel

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Beserta Gmabar + Tabel

perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan merupakan faktor penting yang perlu kita ketahui Untuk bahan pembelajaran, perbedaan sel hewan dan tumbuhan bisa dilihat dari bentuk dan struktur dari hewan dan tumbuhan tersebut.

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan yang paling tampak yang bisa kita ketahui tumbuhan memiliki dinding sel sementara hewan tidak mempunyai dinding sel.

Perbedaan di atas kemudian juga berdampak terhadap perbedaan karakteristik yang lebih besar, kemampuan gerak tumbuhan yang hanya bisa melakukan sebuah gerakan gerakan kecil dan halus sedangkan hewan bisa melakukan gerakan yang sangat aktif.

Penyebab tumbuhan hanya mampu melakukan gerakan-gerakan kecil karena pada tumbuhan memiliki dinding sel yang keras dan membuat sel tumbuhan bersifat kaku sehingga tidak mampu melakukan gerakan yang aktif atau sembarangan.

perbedaannya dengan sel hewan sel hewan tidak memiliki dinding sel dan bersifat fleksibel serta bentuknya berubah-ubah karena hal itu hewan dapat bergerak secara aktif

Untuk lebih jelasnya lagi artikel ini akan menyebutkan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan beserta fungsinya.

Baca Juga: Perbedaan DNA Dan RNA Dalam Bentuk Struktur Beserta Fungsinya

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan

Sel hewan dan sel tumbuhan pada dasarnya memiliki struktur yang sama, namun karena masing-masing jenis sel tumbuhan dan hewan mengalami yang berbeda dari lingkungan hal ini memicu perbedaan pada dua jenis sel tersebut.

Sebagai contohnya dari segi peran ekologis baik sel hewan maupun sel tumbuhan memiliki peranan yang berbeda-beda, tumbuhan memiliki peran sebagai produsen makanan sementara itu Hewan memiliki fungsi sebagai konsumen tumbuhan atau hewan lain.

Berikut ini adalah perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan beserta gambar dalam tabel:

Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan

Penjelasan perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan


1. Bentuk dan ukuran

Sel tumbuhan memiliki ukuran besar dan berbentuk persegi panjang sedangkan sel hewan memiliki bentuk bulat.

2. Lisosom

Pada sel hewan memiliki organel lisosom di dalam sitoplasmanya, terdapat kandungan sejumlah enzim yang membantu  dalam proses pencernaan intraseluler atau pemecahan zat di dalam sel hewan, Sedangkan untuk sel tumbuhan tidak memiliki lisosom

3. Plastida dan kloroplas

Untuk sel tumbuhan memiliki plastida yang pada bagian dalamnya terdapat kloroplas, kloroplas inilah yang bisa menjadikan tumbuhan membuat makanan sendiri (autotrof). kloroplas atau zat hijau daun memiliki fungsi sebagai tempat berfotosintesis.
Sedangkan pada sel hewan tidak memiliki kloroplas Oleh karena itu hewan membutuhkan makanan  tumbuh tinggi organ heterotrof.

4. Dinding sel

sel tumbuhan mempunyai dinding sel dan membran plasma, dinding sel pada tumbuhan memiliki fungsi mempertahankan bentuk sel dan memberikan perlindungan kepada sel. dinding sel tumbuhan ini terdiri dari selulosa dan hemiselulosa

hewan yang tidak memiliki dinding sel tetapi memiliki membran plasma, membran plasma memiliki fungsi sebagai batas luar pada sel hewan. Ada dua jenis dinding sel pada hewan dan tumbuhan

Dinding sel primer

Jenis ini terdiri dari  pektin,hemiselulosa, dan selulosa ini ini ini terbentuk pada saat pembelahan sel

Dinding sel sekunder

Merupakan dinding sel yang dibentuk dengan adanya perubahan penebalan dinding sel yang disusun oleh lignin, hemiselulosa, dan selulosa. dinding sel sekunder terdapat di sel dewasa di dalam dinding sel primer.

Diantara dua dinding sel yang berdekatan di tengah terdapat susunan dari magnesium dan kalsium  yang berupa gel, terdapat pori di antara dua sel yang berdekatan tersebut, melewati pori ini plasma dua sel berdekatan terhubung karena dihubungkan oleh benang-benang plasma disebut juga dengan plasma mode Semata.

Kerasnya batang pada tumbuhan disebabkan karena pada bagian luar sel tumbuhan disusun oleh dinding sel yang sangat keras

Baca Juga: 5 Perbedaan Nabi Dan Rosul Yang Wajib Kalian Ketahui

5. Sentriol

Sentriol merupakan organel yang tidak ditemukan dalam sel tumbuhan sedangkan pada sel hewan sentriol membantu pergerakan kromosom selama proses pembelahan sel.

 6. Vakuola

Pada sel tumbuhan memiliki organel vakuola dan berukuran besar, vakuola memiliki kandungan air zat besi cadangan makanan dan zat terlarut lainnya. oleh karenanya  Organel ini memiliki fungsi sebagai gudang sel, beberapa sel hewan ada yang memiliki 1 atau 2 vakuola akan tetapi pada umumnya memiliki ukuran yang kecil.


Demikianlah yang bisa di Jelaskan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan di dalam artikel ini yang berbentuk tabel beserta fungsinya yang bisa anda jadikan referensi Tugas anda tentang perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, semoga bermanfaat bila ada yang salah dalam penulisan silakan kritik dan komentarnya di bawah ini.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post