94DTCVv3Yden5O8wBOvNfDZFHlDJocscH4Dp8BlE
Perbedaan Serta Persamaan Pantun Syair Dan Gurindam Terlengkap

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Perbedaan Serta Persamaan Pantun Syair Dan Gurindam Terlengkap

perbedaan pantun syair dan gurindam

Perbedaan Pantun, Syair dan Gurindam bukanlah hal yang sulit untuk dipelajari dengan mengetahui pengertian dari masing- masing pantun, syair dan Gurindam mungkin kalian bisa mengambil kesimpulan antara perbedaan pantun syair dan gurindam, dalam hal ini Pantun, syair, dan gurindam adalah sebuah karya tulisan yang  mengekspresikan suatu perasaan dari pengarang atau Pesan yang disampaikan melalui karya tulisan.

Jadi untuk kalian yang bertanya dimana letak bagian isi pantun dan syair. sebagian besar jawaban itu bisa kalian temukan dibagian ciri-ciri pantun dans syair karna sudah jelas disana dan apabila kandungan isi pantun yang anda cari ,perhatikanlah dibait berapa isi dari pantun tersebut.

Sebelum mempelajari lebih dalam tentang perbedaan pantun syair dan gurindam baiknya bila kita tahu pengertian pantun syair dan gurindam terlebih dahulu, Agar kalian lebih mudah untuk memahami materi perbedaan pantun syair dan gurindam dengan seksama.

Baca Juga: Perbedaan Antara Asimilasi dan Akulturasi Beserta Contohnya

Pengertian Pantun, Syair, dan Gurindam

Pantun adalah salah satu  puisi lama yang banyak diperkenalkan dalam bahasa-bahasa Nusantara sendiri, Pantun merupakan berasal dari bahasa Minangkabau yaitu “patuntun” yang memiliki arti penuntun dalam bahasa Jawa sendiri pantun biasanya disebut dengan perikanan, sedangkan kalau dalam bahasa Sunda pantun disebut dengan paparikan dan  pantun dalam bahasa Batak disebut dengan Umpasa, pantun memiliki banyak jenis berdasarkan isinya seperti pantun teka teki, pantun lucu romantis , dan masih banyak lainnya..

Pantun Memiliki Ciri-Ciri Sebagai Berikut:
  1. Terdiri dari 4 larik atau 4 baris dalam setiap bait
  2. Setiap baris terdiri dari 8 sampai 12 suku kata
  3. Bersajak a-b-a-b atau a-a-a-a
  4. Pada baris pertama dan kedua disebut sampiran
  5. Baris ketiga dan keempat disebut isi

Syair Ialah salah satu jenis puisi lama dan mementingkan irama sajak, Kata syair berasal dari bahasa Arab yaitu syu’ur yang memiliki arti perasaan, kemudian kata syukur berkembang jadi kata syi’ru yang memiliki arti puisi. di dalam kasus telaan bahasa Melayu syair merujuk pada pengertian puisi umum, akan tetapi dalam perkembangannya syair mengalami banyak perubahan dan modifikasi sehingga ditata sesuai dengan suatu keadaan dan situasi yang terjadi.

Ciri-ciri pada syair antara lain:
  1. Setiap bait terdiri atas 4 baris
  2. Pada setiap baris terdiri dari 4 kata
  3. Setiap baris terdiri dari 10 sampai 12 suku kata
  4. Memliki sajak a-a-a-a
  5. Bahasa yang digunakan berbentuk kiasan
  6. Pada umumnya berisi sebuah cerita yang memuat nasehat
  7. Semua baris merupakan isi

Baca Juga: Perbedaan Dikotil Monokotil Dan Contoh Lengkap

Gurindam adalah bentuk dari puisi lama yang memiliki 2 bait, Gurindam dibawa oleh orang hindu atau dari pengaruh hindu sastra, gurindam merupakan bahasa yang berasal dari  bahas tamil (india) yaitu kirindam yang memiliki arti mula-mula amsal, perumpamaan. untuk baris utama berisikan semacam soal masalah, atau perjanjian sedangkan pada baris kedua mimilki isi sebagai jawabannya atau akibat dari masalah, serta perjanjian yang dibuat pada baris pertama.

Ciri-Ciri Gurindam
  1. Gurindam terdiri dari 2 baris dan tidak lebih pada setiap baitnya.
  2. Masing-masing kata pada setiap baris hanya sekitar 10 - 14 kata.
  3. Memiliki sajak a-a, b-b, dan seterusnya.
  4. Untuk setiap baris gurindam punya ikatan sebab akibat.
  5. Baris kedua merupakan isi.
  6. Isi gurindam berupa Nasehat-nasehat hidup, atau kata-kata mutiara.

Perbedaan Pantun, Syair, dan Gurindam

Perbedaan antara pantun syair dan gurindam bisa anda Simak pada penjelasan di bawah ini tentang perbedaan pantun syair dan gurindam seperti berikut:

Jumlah baris pantun terdiri dari empat baris sedangkan syair, terdiri dari empat baris dan untuk gurindam, terdiri dari dua baris.
  1. Jumlah kata pantun, terdiri dari 8-12 suku kata Sedangkan Pada syair, terdiri atas 8-14 suku kata. dan untuk gurindam, terdiri atas 10-14 kata.
  2. Struktur pantun pantun, baris pertama dan kedua berupa sampiran, baris ketiga dan keempat berupa isi  sedangkan Pada syair, semua baris adalah isi dan untuk gurindam, isi atau maksud gurindam terdapat pada baris kedua karena baris kedua berisi jawaban, akibat dari masalah atau perjanjian pada baris pertama.
  3. Rima akhir baris pantun mempunyai rima a-b-a-b sedangkan Pada syair, berima a-a-a-a dan untuk gurindam, berima a-a, b-b, c-c, dan seterusnya
  4. Kandungan isi pantun berupa nasihat atau teguran secara tidak langsung dengan kata-kata yang menghibur sedangkan Pada syair, berupa nasihat, filosofi hidup atau kata-kata mutiara.dan untuk gurindam, berupa nilai-nilai kehidupan atau nilai-nilai moral.

Baca Juga: Perbedaan DNA dan RNA Menurut Struktur Bentuknya

Persamaan Pantun, Syair Dan Gurindam 

Selain memiliki perbedaan diantara pantun, syair dan gurindam dari ketiga puisi lama ini juga memiki persamaan berikut adalah Persamaan diantara pantun, syair dan gurindam.
  1. Pengarang Tidak Diketahui
  2. Bersifat warisan karena penyampaiannya secara turun menurun dari mulut ke mulut
  3. Isi kandungan berupa sebuah nasehat dengan menggunakan kata-kata yang indah
  4. Kaku sebab tidak terikat oleh aturan-aturan seperti jumlah kata dalam setiap baris dan jumlah baris dalam setiap bait
  5. Pengulangan kata di bagian awal maupun di akhir sajak umumnya disebut dengan rima.

Kira-kira seperti itulah antara perbedaan pantun syair dan gurindam serta pengertian syair pantun dan gurindam  yang bisa kalian jadikan referensi sebagai acuan pembelajaran, dengan mengetahui perbedaan antara pantun syair dan gurindam Semoga bisa menambah wawasan kalian.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post