94DTCVv3Yden5O8wBOvNfDZFHlDJocscH4Dp8BlE
5 Perbedaan Nabi Dan Rosul Yang Wajib Kalian Ketahui

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

5 Perbedaan Nabi Dan Rosul Yang Wajib Kalian Ketahui

perbedaan nabi dan rosul

Perbedaan nabi dan rasul tentu harus kalian ketahui karna merupakan ilmu yang wajib diketahui sebagai pemeluk agama islam, seperti yang sudah kita ketahui dalam agama islam terdapat manusia-manusia piliha pada jaman dahulu yang di disebut secara umum yaitu adalah nabi dan rosul.

Akan tetapi apakah kalian sudah tau apa perbedaan nabi dan rosul di dalam islam, jika kalian belum tahu dibawah ini akan kita bahas apa perbedaan antara nabi dan rosul

Pengertian nabi dan Rasulullah

Nabi merupakan kata yang berasal dari NABA,  yang memiliki arti dari tempat yang tinggi. nabi merupakan seorang manusia laki- laki yang mendapatkan Wahyu dari Allah subhanahu wa ta'ala untuk dirinya sendiri dan keluarganya tanpa diperintahkan untuk menyampaikan atau risalah kepada manusia lain

Sedangkan Rosul berasal dari kata Risalah yang memiliki arti menyampaikan, maka dari itu Rosul seorang laki- laki sudah diangkat menjadi nabi terlebih dahulu dan bertugas agar menyampaikan wahyu tersebut kepada suatu umat disuatu wilayah.

Baca Juga: Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Beserta Gmabar + Tabel

Penjelasan Perbedaan Nabi Dan Rasul Sebagai Berikut:


1. Tingkat Jenjang Nabi Dan Rosul

Tingkatan Drajat dari nabi dan Rosul memiliki perbedaan dikarnakan Drajat Rosul lebih utams dibandingkan dengan nabi, Itu karena rosul diutus langsung oleh ALLAH SWT sebagai orang-orang pilhan dimuka bumi

2. Utusan Pertama Antara Nabi dan Rosul ALLAH

Nabi dan Rosul juga memliki perbedan dari segi utusan yang pertama kali, Nabi pertama kali yang diutus adalah nabi Adam A.S, sedangkan dari rosul yang pertama kali diutus oleh ALLAH SWT adalah nabi Nuh A.S

3. Pengutusan

Nabi diutus oleh Allah SWT ditengah-tengah kaum yang sudah beriman, berbeda halnya dengan Rosul, Rosul diutus langsung oleh allah swt di tengah kaum yang kafir, kaum yang tidak percaya akan kebesaran Allah SWT.

4. Penyampaian Wahyu

Wahyu yang diterima oleh Nabi melalui sebuah mimpi yang datang kepada seorang nabi terbsebut, sedangkan rosul menerima wahyunya secara langsung melalui malaikat yang diperintahkan oleh allah SWT untuk menyampaikan wahyu kepada rosul secara langsung dan juga bisa menerima wahyunya melalui mimpi juga.


5. Syariat

Dalam syariat, Nabi mempunyai tugas untuk melanjutkan syariat dan menguatkan syariat yang telah disampaikan rosulullah sebelumnya, sedangkan rosul diutus dan ditugaskan langusng oleh allah SWT untuk membawa syariat yang baru untuk umatnya.

6. Jumlah Nabi Dan Rosullullah

Diriwayatkan dari sebuah hadist terdapat 315 rosul, dibawah ini merupakan hadistnya

ثلاثمائة وبضعة عشر جمّاً غفيرا

“Sekitar tiga ratus belasan orang. Banyak sekali.” (HR. Baihaqi dalam Syu’abul Iman no. 129 dan dishahihkan al-Albani dalam al–Misykah 5737).

Diperkuat dalam sebuah hadist lain sebagai berikut

مِائَةُ أَلْفٍ وَأَرْبَعَةٌ وَعِشْرُونَ أَلْفًا الرُّسُلُ مِنْ ذَلِكَ ثَلَاثُ
مِائَةٍ وَخَمْسَةَ عَشَرَ جَمًّا غَفِيرًا

“Jumlah para nabi 124.000 orang, 315 diantara mereka adalah rasul. Banyak sekali.” (HR. Ahmad no. 22288 dan sanadnya dinilai shahih oleh al-Albani dalam al–Misykah).

Junmlah  para Nabi dan Rasul itu banyak, dan kita tidak mengetahui, hanya Tuhan-lah yang mengetahui bilangan pastinya, sebagaimana tertera di dalam ayat Al-Qur’an sebagai berikut :  وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلاً مِنْ قَبْلِكَ مِنْهُمْ مَنْ قَصَصْنَا عَلَيْكَ وَمِنْهُمْ مَنْ لَمْ نَقْصُصْ عَلَيْكَ “Kami telah mengutus beberapa utusan sebelum engkau, di antara mereka itu ada yang telah kami ceritakan kepadamu, dan ada pula yang tidak kami ceritakan kepadamu, dan ada pula yang tidak kami ceritakan kepadamu”. (Al-Mu’min: 78) dikutip dari https://islam.nu.or.id/

Namun adapun yang difirmankan dalam Al-Quran dengan riwayatnya masing-masing terdapat 25 nabi yang perlu kita ketahui didalam 25 nabi sudah terdapat 5 rosul yang memilki kelebihan istimewa Mereka itu dijuluki Ulul-Azmi (اولوالعزم) yang artinya para Nabi dan Rasul yang mempunyai ketabahan luar biasa. Mereka itu adalah Nabi Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan Nabi Muhammad SAW.

7. Perbedaan Nabi dan Rasul

Seluruh rosul adalah nabi , sedangkan bila Nabi belum tentu rosul, karna rosul merupakan nabi yang sudah diangkat menjadi rosul

Baca Juga: Perbedaan DNA Dan RNA Dalam Bentuk Struktur Beserta Fungsinya

Kenapa Kita harus beriman kepada nabi dan rosul?

  • Ada berbagai macam alasan mengapa kita sebagai umat Islam wajib beriman kepada nabi dan rasul, antara lain:
  • Beriman kepada semua Rasul Allah merupakan salah satu kewajiban yang bersifat mutlak bagi setiap muslim. Sebab beriman kepada Rasul Allah termasuk dalam Rukun Iman.
  • Orang yang tidak beriman kepada Rasul, berarti sama saja ia bukanlah orang Islam. Sebab ia telah mengkufuri salah satu rukun Iman.
  • Beriman kepada Nabi dan Rasul merupakan salah satu cara guna mendekatkan diri kepada Allah SWT agar selamat di dunia dan di akhirat.
  • Beriman kepada Nabi dan Rasul merupakan salah satu cara untuk membuktikan bahwa kita benar-benar mencintai Allah SWT.
  • Dengan beriman kepada Nabi dan Rasul, menjadikan kita mendapat rahmat dari Allah SWT serta mendapatkan figur yang dapat dijadikan suri tauladan.

Itulah artikel yang bisa kami rangkum dari berbagai sumber yang valid, tentang perbedaan antara nabi dan rosullulah bila mana ada kesalahan silahkan berikan komentar kalian dibawah ini, pesan saya sebelum menjadikan artikel penjelasan perbedaan nabi dan rasul sebagai refrensi kalian, baiknya silahkan tanyakan terlebih dahulu kepada guru agama kalian sekian terima kasih.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post