94DTCVv3Yden5O8wBOvNfDZFHlDJocscH4Dp8BlE
Perbedaan Monokotil Dan Dikotil Beserta Contohnya Lengkap

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Perbedaan Monokotil Dan Dikotil Beserta Contohnya Lengkap

Perbedaan Monokotil Dan Dikotil

Perbedaan monokotil dan dikotil pada tumbuhan, pengertian tumbuhan dikotil dan monokotil adalah tumbahan yang bisa dibedakan berdasarkan jumlah keping bijinya.

Tumbuhan berdasarkan keping bijinya dibedakan menjadi dua jenis yaitu tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil, Tumbuhan monokotil adalah tumbuhan yang memiliki jumlah keping bijinya hanya satu sedangkan pada tumbuhan dikotil adalah tumbuhan yang keping bijinya berjumlah dua.

Selain dari jumlah keping yang ada pada bijinya tumbuhan monokotil dan dikotil juga mempunyai beberapa perbedaan yang bisa dilihat secara morfologi langsung. perbedaan monokotil dan dikotil Bisa diketahui dari akar dan batang. dibawah ini merupakan pengertian dan  penjelaskan perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil beserta contohnya masing masing yang bisa kalian jadikan refrensi

Perbedaan Monokotil Dan Dikotil Beserta Contohnya Lengkap

Perbedaan Monokotil Dan Dikotil

Perbedaan monokotil dan dikotil pada akar

Perbedaan yang mencolok pada tumbuhan monokotil dan dikotil juga dapat kalian identifikasi langsung menurut struktur akarnya. tumbuhan monokotil pada umumnya memiliki sistem akar serabut yang tipis dan kecil.

Contoh dari tumbuhan monokotil  adalah seperti eceng gondok, karena eceng gondok memiliki akar serabut dan tipis serta kecil, sedangkan pada tumbuhan dikotil mempunyai sistem akar tunggang yang bercabang kuat dan dalam menembus tanah,

Selain perbedaan dikotil monokotil pada bentuknya di akar, perbedaan akar tumbuhan monokotil dan dikotil juga tampak terlihat dari dari ada atau tidaknya Kliptra ( tudung akar) pada akar tumbuhan monokotil memiliki tudung akar Sedangkan untuk tumbuhan dikotil akar umumnya tidak memiliki organ ini.

Baca Juga: Perbedaan DNA dan RNA Dari Struktur Beserta Fungsinya

Perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil pada batang

perbedaan monokotil dan dikotil yang diidentifikasi menurut morfologi batangnya,pada tumbuhan dikotil biasanya memiliki cabang serta memiliki kambium pada pembatas antara jaringan xilem dan jaringan floem,

Sedangkan apabila batang pada tumbuhan monokotil tidak memiliki cabang melainkan terus tumbuh serta tidak memiliki kambium pada batangnya. untuk mengetahui terdapat kambium atau tidak dalam batang tumbuhan yang kita harus lakukan adalah dengan menyayat Kulit batang pada tumbuhan tersebut

Perbedaan monokotil dan dikotil pada bunga

untuk mengetahui  tumbuhan ini termasuk dalam kelompok dikotil dan monokotil kita harus bisa tahu akan perbedaan melalui bunga dengan identifikasi monokotil dan dikotil.

bunga pada tumbuhan monokotil memiliki kelopak dengan jumlah 3 atau kelipatannya Sedangkan untuk bunga pada tumbuhan dikotil memiliki jumlah kelopak dengan jumlah 2,4,5 atau kelipatannya.

Perbedaan dikotil dan monokotil dilihat dari berkas pengangkut

Tumbuhan memiliki berkas pengangkut yang berbeda-beda dari hal itu kita bisa tahu tumbuhan ini termasuk dikotil dan monokotil dengan mengidentifikasi berkas pengangkut pada tumbuhan tersebut,

Pada tumbuhan monokotil berkas pengangkutnya tersebar pada pembuluh tapis maupun pada pembuluh kayu nya Sedangkan untuk berkas pengangkut pada tumbuhan dikotil umumnya teratur.

Perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil pada klasifikasinya

Tumbuhan dikotil monokotil juga bisa dibedakan dalam hal klasifikasi, pada tumbuhan monokotil bisa yaitu klasifikasinya diantaranya adalah graminae, palmae, musaceae,Orchidaceae, dan Zingberaceae.

Untuk klasifikasi pada tumbuhan dikotil juga dikelompokan menjadi 5 klasifikasi yaitu Euphorbiaceae, Leguminoceae, Solanaceae, Myrtaceae, dan Compositae.

Untuk memudahkan kalian dalam mengidentifikasi perbedaan monokotil dan dikotil berdasarkan morfologi pada daun akar batang bunga pada tumbuhan dapat kalian lihat pada tabel perbedaan monokotil dan dikotil di bawah ini.

Tabel perbedaan monootil dan dikotil

Contoh Tumbuhan Monokotil Dan Dikotil Pada Tumbuhan

Untuk kalian yang kesulitan dalam mencari tumbuh-tumbuhan yang mana termasuk monokotil atau dikotil di bawah ini akan maspedia.com berikan contoh Tentang tumbuhan dikotil dan monokotil yang bisa kalian pelajari.

Tumbuhan dikotil monokotil tanpa kita sadari banyak sekali berada di sekitar, agar bisa lebih memperdalam ilmu biologi kalian dalam mengidentifikasi tumbuhan dikotil dan monokotil Berikut adalah contoh tumbuhan dikotil dan monokotil:

Baca Juga: Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Beserta Gmabar

Contoh tumbuhan monokotil

Contoh tumbuhan monokotil

Adapun berikut adalah contoh-contoh tumbuhan monokotil yang bisa menjadi referensi kalian untuk mengidentifikasi tumbuh-tumbuhan di sekitar.

Kurma

Dalam bahasa Latinnya adalah (Phoenix dactylifera) merupakan contoh dari tumbuhan monokotil, buah yang sangat banyak memiliki manfaat ini masuk dalam kategori tumbuhan monokotil,

Buah kurma bisa langsung dimakan saat sudah matang, sekarang di Indonesia juga banyak pembudidaya tumbuhan kurma yang asal aslinya dari negara Arab.

Kunyit

Bahasa latinnya adalah (Curcuma Lango Linn atau Curcuma Domestica Val), Kunyit merupakan contoh dari tumbuhan monokotil yang hampir sama dengan jahe dimana bisa dimanfaatkan umbinya sebgai obat alami,

Kunyit tumbuh subur diindonesia yang sudah digunakan sejak zaman dahulu oleh orang Indonesia sebagai rempah-rempah masakan ataupun tumbuhan obat

Jahe

Jahe memiliki nama Latin (zingiber officinale) jahe adalah salah satu contoh tumbuhan monokotil dan memiliki senyawa keton yang sangat kuat yang mampu menciptakan rasa pedas saat dikonsumsi, jahe juga dapat dijadikan bahan rempah-rempah bumbu masakan dan juga bisa dijadikan sebagai obat sama seperti halnya kunyit.

Tumbuhan jahe juga mudah tumbuh di Indonesia dan perawatannya tidak sulit untuk dikembangbiakkan, ada tiga jenis jahe yang bisa ditemukan di Indonesia jahe putih, jahe gajah, dan jahe merah dari ketiga jenis tersebut semuanya bisa dimanfaatkan untuk obat alami.

Bunga anggrek

Mempunyai nama latin (Orchidacae) Anggrek ialah contoh tumbuhan kategori monokotil tanaman bunga anggrek sendiri memiliki banyak jenis dan warna pada bunganya biasanya kalian bisa menemukan tumbuhan anggrek ini di lingkungan tropis seperti Indonesia.

Bunga anggrek biasanya oleh pecinta bunga di tempelkan ke batang pohon yang besar sehingga akar Anggrek bisa menyatu dengan pohon besar untuk mencari makanan tanpa apa hidup di tanah.

Padi

Tumbuhan yang memiliki nama Latin (Oryza Sativa L)  merupakan contoh tumbuhan monokotil walaupun akar pada tumbuhan padi ini terbilang serabut, namun pada saat proses tumbuh padi hanya memiliki satu keping biji, seperti yang kalian ketahui tumbuhan padi ini sangat penting sebagai  asupan makanan makhluk hidup terlebih lagi manusia.

Tebu

Tebu memiliki nama Latin (saccharum SP) Teguh termasuk dalam tumbuhan monokotil setiap tumbuhan tebu memiliki batang besar dan berbeda-beda tergantung dari pertumbuhannya sendiri.

Pisang

Tumbuhan yang memiliki nama Latin (Musa SP) pisang juga termasuk contoh tumbuhan monokotil kita bisa menemukannya di sekitar,tumbuhan yang memiliki satu batang ini memiliki banyak manfaat dari segi buah nya, selain dimakan buahnya daun pisang juga bisa bermanfaat sebagai alas alternatif makanan tradisional.

Kelapa

Kelapa memiliki nama Latin (Cocos nucifera). kelapa merupakan contoh tumbuhan monokotil yang memenuhi persyaratan anda bisa melihat dengan jelas keping biji yang ada pada ada buah kelapa hanya satu .

Jagung

Tumbuhan jagung memiliki nama Latin (Zea mays SP). jagung termasuk dalam kategori tumbuhan monokotil Karena pada saat pertumbuhan dari biji jagung hanya memiliki satu keping biji,

Tumbuhan jagung bisa dijadikan alternatif pengganti makanan pokok seperti padi kandungan karbohidrat yang tinggi pada jagung bisa memberikan Efek kenyang yang cukup tahan lama.

Itulah contoh-contoh Tumbuhan monokotil yang bisa kalian temukan di sekitar rumah selain itu masih banyak lagi contoh tumbuhan monokotil yang bisa kalian identifikasi dengan melalui batang, akar, biji, bunga, dan daun pada tumbuhan tersebut.

Contoh Tumbuhan-Tumbuhan Dikotil

Setelah kalian mempelajari contoh tumbuhan monokotil yang selanjutnya yang harus kalian pelajari adalah mengidentifikasi atau menemukan contoh dari tumbuhan dikotil karena hal ini saling berkaitan untuk kalian pelajari. untuk contoh terdiri dari beberapa kelompok besar atau beberapa suku tumbuhan yaitu:

Baca Juga: 5 Perbedaan Nabi Dan Rosul Yang Wajib Diketahui

Jarak -jarakan

Juga bisa disebut dengan nama latin (Euphorbiaceae).  untuk contoh kelompok tumbuhan dikotil jarak-jarakan adalah tumbuhan jarak, ubi dan lain-lain.

Jambu-jambuan

Jambu jambuan dalam bahasa Latin (myrtaceae) dalam kelompok jambu-jambuan ini contoh tumbuhan dikotil adalah jambu air jambu biji dan jambu monyet.

Terong-terongan

Dengan nama latin (Solanaceae) contoh tumbuhan dikotil pada kelompok ini adalah terong dan tomat.

Polong- polongan

Polong- polongan atau dengan bahasa Latin leguminoceae. contoh pada tumbuhan dikotil pada kelompok polong-polongan adalah kacang dan pete.

Komposit atau compositae

Kelompok yang satu ini juga termasuk tumbuhan dikotil pada kelompok ini tumbuhan dikotil sebagai contoh bunga matahari

Itulah artikel tentang perbedaan dikotil dan monokotil pada akar tumbuhan, perbedaan dikotil dan monokotil pada batang dan juga contoh tumbuhan dikotil monokotil yang bisa kalian pelajari,

Untuk perbedaan dikotil dan monokotil bisa di identifikasi melalui morfologi pada tumbuhan tersebut seperti morfologi bunga, batang, dan juga daun semoga artikel tentang perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil ini bisa bermanfaat. jika ada kesalahan penulisan silakan berikan kritik dan saran di kolom komentar.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post