94DTCVv3Yden5O8wBOvNfDZFHlDJocscH4Dp8BlE
Contoh Kata Pengantar Baik Dan Benar Yang Wajib Dituliskan

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Contoh Kata Pengantar Baik Dan Benar Yang Wajib Dituliskan

contoh kata pengantar yang baik dan benar

Apabila kamu merupakan seorang pemula dalam membuat karya ilmiah makalah, laporan,  proposal, skripsi, dan juga laporan PKL atau pekerja lapangan bukan hanya ada di lembaga seperti sekolah yang membutuhkan kata pengantar dalam menulis proposal usaha juga harus memberikan kata pengantar yang baik dan benar.

Dengan membuat kata pengantar yang baik yang benar bisa meningkatkan kredibilitas dan profesionalitas dari makalah atau proposal yang dibuat, Dalam sama-sama membuat file dalam bentuk dokumen cara membuat kata pengantar berbeda jauh dengan cara membuat daftar riwayat hidup

Untuk membuat dokumen penting memerluakan kaidah-kaidah tertentu seperti halnya juga dalam pembuatan surat pengunduran diri dari perusahaan

Terlebih lagi jika membuat untuk sebuah lembaga pastinya kalian harus membuat sebuah kata pengantar untuk melengkapi karya tersebut, Namun jika kita tidak punya contoh kata pengantar yang baik dan benar dalam membuat makalah maka juga akan berimbas buruk pada karya yang kalian buat.

kata pengantar adalah sebuah halaman yang terdapat di dalam sebuah karya tulisan yang berisi ucapan rasa puji syukur dan juga rasa Terima kasih dari seorang penulis pembuat Karya ilmiah tersebut,

kata pengantar yang baik dan benar terletak di awal Karya tulisan yang memuat beberapa bagian penting seperti pembukaan, isi, dan penutup.

Isi dari kata pengantar tersebut merupakan hal-hal yang sudah dilalui oleh penulis atau pembuat karya ilmiah tersebut dalam menyelesaikan karyanya nya serta pihak-pihak Siapa saja yang telah membantu menyusun dan menyelesaikan karya tersebut yang berupa contoh seperti proposal skripsi, laporan praktek kerja, lapangan laporan praktikum, proposal penelitian, proposal usaha, dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini maspedia.com akan memberikan contoh kata pengantar yang baik dan benar dalam pembuatan karya ilmiah, makalah, laporan,dan juga proposal.

Fungsi dari kata pengantar

Fungsi kata pengantar yaitu Untuk mengantarkan para pembaca terhadap isi dan uraian yang terdapat pada karya tulis tersebut.

Kata pengantar bukan hanya berisi ucapan rasa syukur dan terima kasih namun juga memuat gambaran umum tentang karya tersebut agar dapat meningkatkan minat para penikmat karya tulisan.

Apabila uraian yang ditulis semakin menarik oleh pengarang maka kesempatan semakin besar untuk membuat rasa penasaran dari para pembaca.

Ketika menulis kata pengantar apabila terdapat kalimat-kalimat penting seperti nama Seseorang yang sangat berperan penting dalam pembuatan karya tulisan tersebut bisa kalian berikan bold atau cetak tebal dalam penulisan

Cara membuat kata pengantar mungkin  terasa  sulit bagi yang baru saja Memulai membuat sebuah karya tulisan ataupun proposal laporan, dari contoh kata pengantar di bawah kalian pastinya sudah memiliki pandangan atau bayangan tentang bagaimana membuat kata pengantar yang baik dan benar.

Jalan membuat kata pengantar yang baik dan benar memiliki tiga bagian yaitu ada pembukaan, isi dan yang terakhir adalah penutup. Dalam membuat kata pengantar Yang baik dan benar kamu bisa melakukan hal-hal seperti berikut ini:


Contoh Membuat Kata Pengantar Yang Baik Dan Benar


Bagian - Pembukaan 

Pntuk bagian pembukaan dan bisa menuliskan ucapan rasa puji syukur sebagaimana sudah terselesainya karya tulis yang kamu buat itu sebagai penulis individu ataupun bersama tim,tidak perlu Terlalu panjang cukup Tuliskan satu sampai dua paragraf pendek saja.

Kemudian setelah menuliskan rasa syukur Kalian juga bisa menuliskan rasa dari Makasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan Karya atau laporan tersebut

Bagian - isi

Setelah membuat pembukaan kalian bisa melanjutkan ke bagian isi, bagian ini merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam pembuatan kata pengantar jadi Jangan sampai terlewatkan.

Pada bagian isi kalian bisa menuliskan tentang gambaran umum hasil karyamu atau laporan yang  kalian buat kalian buat, bisa dimulai dengan menyebutkan judul kemudian memberikan uraian sedikit tentang karya atau laporan tersebut.

Setelah memberikan uraian sebisa mungkin jangan terlalu panjang hanya berikan gambaran umum saja secara singkat, padat, dan jelas tentang karya atau laporan tersebut.Dalam memberikan uraian sebisa mungkin Buatlah uraian yang menarik minat pembaca sehingga akan semakin penasaran dan tertarik untuk membaca karya atau laporan  kalian Sampai Akhir.

Bagian - Penutup

Pada bagian penutup kalian bisa menulisnya dengan ucapan maaf selaku penulis adalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan, jadi apabila seorang pembaca menemukan kesalahan di kemudian hari pada karya atau laporan kalian, penulis sudah mencantumkan permohonan maaf atas kesalahan tersebut dan tentunya si pembaca akan memaklumi kesalahan tersebut, jadi bisa dengan memberikan kritik dan saran yang membangun.

Kemudian setelah menuliskan permohonan maaf kalian dapat memberikan harapan kalian terhadap karya tulis atau makalah dan laporan tersebut untuk kedepannya seperti contoh berharap di penulisan laporan atau makalah selanjutnya bisa lebih baik lagi.

yang terakhir adalah Jangan lupa untuk menuliskan tempat, dan tanggal, tahun, serta nama penulis bentuk tim atau individu di bagian akhir kata pengantar.

Berikut adalah penulisan contoh  kata pengantar yang baik dan benar untuk sebuah karya tulisan berupa makalah, skripsi, proposal, laporan PKL, dan juga proposal usaha dan lain sebagainya di bawah ini:

Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Diri Risign Kerja

Contoh Kata Pengantar Makalah

KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya sehingga dengan ini saya dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul [judul makalah] Ini dengan tepat pada waktunya

Adapun tujuan dari penulisan  makalah ini adalah untuk bisa memenuhi tugas [dosen/guru] pada [bidang studi/mata kuliah] [nama bidang studi/mata kuliah]. Selain itu, makalah ini juga bertujuan agar menambah wawasan dan pengetahuan tentang [topik makalah] untuk para pembaca dan juga bagi penulis.

Saya mengucapkan terima kasih kepada [bapak/ibu] [nama guru/dosen], selaku [guru/dosen] [bidang studi/mata kuliah] [nama bidang studi/mata kuliah] yang telah memberikan tugas ini sehingga bisa menambah pengetahuan serta wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.

Dengan tidak mengurangi rasa hormat, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak  yang sudah sebagian pengetahuannya kepada saya sehingga dapat menyelesaikan makalah ini.
Saya menyadari, makalah yang telah saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun bagi saya, akan saya nantikan demi menuju kesempurnaan makalah ini.


[tempat, tanggal pembuatan makalah]


Penulis

Contoh kata pengantar laporan PKL atau praktek kerja lapangan

Praktek kerja lapangan atau PKL seringkali dilakukan oleh siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) atau sekolah menengah atas (SMA), namun berbeda untuk SMA  praktek lapangan siswa SMA hanya di lingkungan sekolah.

Untuk SMK melakukan praktek kerja lapangan di sebuah instansi atau lembaga industri selama beberapa bulan untuk mendapatkan pengalaman dan wawasan baru, setelah selesai melakukan PKL, siswa tentunya harus membuat laporan hasil PKL dan dalam laporan tersebut tentunya ada yang namanya kata pengantar. untuk yang masih bingung dengan kata pengantar Berikut adalah contoh kata pengantar praktek kerja lapangan.

KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat Taufik serta hidayah-nya yang sangat besar sehingga pada akhirnya kami bisa menyelesaikan laporan praktikum kerja lapangan [judul laporan]  dengan tepat pada waktunya.

Ucapan terima kasih kami ucapkan kepada segenap guru pembimbing yang selalu memberikan bimbingan serta dukungan sehingga laporan praktek kerja lapangan ini bisa disusun dengan sangat baik.

Semoga laporan Praktek kerja lapangan yang telah kami susun bisa andil memperkaya wawasan tentang praktek kerja lapangan dan juga bisa menambah pengetahuan serta pengalaman bagi para pembaca.

Sebagaimana kalimat yang menyatakan bahwasanya tidak ada suatu apapun yang sempurna, kami juga menyadari dengan segenap hati bahwa laporan praktek kerja lapangan Ini juga masih banyak kekurangan. kami mengharap mengharapkan kritik dan saran dari pembaca sekalian demi penyusunan laporan praktek kerja lapangan yang lebih baik lagi.


[tempat, tanggal pembuatan laporan]

Penulis

Contoh Kata Pengantar Proposal

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua. serta shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Rasulullah SAW beserta keluarganya

Penulisan proposal [jenis proposal] ini bertujuan untuk [tujuan proposal].

Dalam penyusunan proposal ini kami menyadari dengan sepenuhnya bahwa proposal ini masih jauh dari kata kesempurnaan, karena pengalaman serta pengetahuan penulis yang terbatas. maka dari itu kami mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak demi terciptanya sebuah proposal yang lebih baik lagi di masa akan datang.


[tempat, tanggal pembuatan proposal]


Penulis

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Skripsi  Iyalah Salah satu syarat yang harus dibuat sebagai hasil dari tugas akhir yang diberikan oleh lembaga universitas atau perguruan tinggi negeri, merupakan syarat kelulusan yang mutlak harus dipenuhi jika seorang mahasiswa ingin lulus dalam pendidikannya. dalam penulisan skripsi harus benar memperhatikan dari segi bahasa Dan EYD jika terjadi kesalahan sedikit pun tidak akan diterima.

Padahal dasar seperti kata pengantar skripsi juga sangat berperan penting untuk penilaian, jika dalam penulisan kata pengantar saja sudah salah maka harus menulis ulang  skripsi dari nol lagi,  untuk kalian yang kesulitan dalam menulis kata pengantar berikut adalah contoh kata pengantar skripsi.

KATA PENGANTAR

Puji Syukur Saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya, saya mampu menyelesaikan skripsi yang berjudul “[judul skripsi]”.

Skripsi ini dibuat dan diajukan untuk memenuhi syarat guna memperoleh gelar [nama gelar] pada Fakultas [nama fakultas] di [nama perguruan tinggi]. Selain itu, tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai [topik skripsi].

Selama penulisan skripsi ini, penulis banyak menerima bantuan dan dukungan sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada:

[Daftar pihak yang telah membantu kamu, urutkan dari yang paling berpengaruh]

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kata sempurna karena adanya keterbatasan ilmu dan pengalaman yang dimiliki. Oleh karena itu, semua kritik dan saran yang bersifat membangun akan penulis terima dengan lapang dada. Penulis berharap, semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang memerlukan.

[tempat, tanggal pembuatan skripsi]


Penulis

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Karya ilmiah adalah sebuah karya tulisan yang dibukukan, dalam penulisan kerya ilmiah banyak faktor yang harus dipenuhi salah satunya ialah kata pengantar, dibawah ini merupakan contoh kata pengantar karya imiah yang bisa kalian jadikan contoh dan refrensi ide kalian.

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan hidayah-Nya, solawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada baginda nabi besar Muhammad SAW, sehingga kami bisa menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “[judul karya ilmiah]”.

Tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada [bapak/ibu] [guru/dosen] yang telah membantu kami dengan segenap jiwa dalam mengerjakan karya ilmiah ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah memberi kontribusi baik secara moril atapun moral dalam pembuatan karya ilmiah ini.

[Uraian singkat tentang karya ilmiahmu]

Kami sebagai penulis menyadari bahwa ada banyak kekurangan pada karya ilmiah ini. Oleh seebab itu, kritik dan saran dari seluruh pihak senantiasa kami harapkan demi kesempurnaan karya kami. Semoga karya ilmiah ini dapat membawa pemahaman dan pengetahuan bagi kita semua tentang [topik karya ilmiah].

[tempat, tanggal pembuatan karya ilmiah]


Penulis

Baca Juga: 40 Kata-Kata Bijak Mutiara Dalam Hubungan cinta Dan Motivasi Hidup

Contoh Kata Pengantar Usaha

Untuk membangun sebuah usaha tentunya kita memerlukan modal yang cukup besar terlebih lagi dalam memilih usaha makanan atau kuliner dan juga kerajinan, dengan tanpa adanya modal kita tidak bisa membangun usaha tersebut.

Lalu solusi dar hal ini adalah dengan mencari invstor, atau mungkin mecari suntikan dana untuk membuka usaha tersebut ,dalam mengajukan permohonan modal kita membutuhkan yang namanya proposal. sedangkan didalam pembuatan proposal terdapat kata pengantar yang harus dibuat agar lebih terlihat profesional, berikut contoh kata pengantar proposal usaha.

KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah yang telah diberikan-Nya, sehingga proposal usaha ini dapat terselesaikan dengan baik.

Dengan itu, usaha yang akan saya bangun nanti adalah usaha kerajinan batik modern. Awal ide didirikan usaha ini ialah karena batik yang sudah mendunia namun masih terbilang minim dalam inovasi dan kecepatan pemasaran. Padahal, batik sangat potensial sekali dan mampu menembus pasar-pasar eropa yang sangat luas sekali. Oleh karena itu, ide usaha tersebut saya ajukan untuk didirikan di daerah ini. Tetapi, usaha yang ingin saya dirikan itu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Itulah sebabnya mengapa saya mengajukan proposal ini ke yang bersangkutan sekalian.

Saya mengharapkan agar proposal ini dapat berguna atau bermanfaat, khususnya bagi saya sendiri selaku pemohon, dan bagi Ibu/Bapak yang bersangkutan sekalian. Saya menyadari bahwa proposal ini masih banyak kekurangan.  Maka, saya sangat mengharapkan atas kritik dan saran yang membangun dari Bapak/Ibu sekalian.


Surabaya, 05 November 2019


Pemohon

Demikian contoh kata pengantar dan cara membuat kata pengantar yang baik dan benar dalam pembuatan prosposal usaha, laporan PKL (praktek kerja lapangan), contoh kata pengantar skripsi dan karya ilmiahm, semoga dengan adanya contoh kata pengantar diatas biasa membantu kalian yang kesulitan dalam membuat kata pengantar serta bisa membuat kata pengantar yang lebih bagus dari contoh diatas, sekian terima kasih
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post