94DTCVv3Yden5O8wBOvNfDZFHlDJocscH4Dp8BlE
Perbedaan Antara Asimilasi Dan Akulturasi Beserta Contohnya

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Perbedaan Antara Asimilasi Dan Akulturasi Beserta Contohnya

apa perbedaan antara asimilasi dan akulturasi

Apa perbedaan antara asimilasi dan akulturasi? dari kata asimilasi dan akulturasi kalau dalam bahasa Inggris culture berarti budaya,  dalam akulturasi kita bisa simpulkan ini adalah berkaitan dengan budaya sedangkan perbedaan asimilasi dan akulturasi secara umumnya adalah ah hilangnya kepribadian asli atau ciri khas suatu kebudayaan lama Ketika masuknya kebudayaan baru terhadap suatu bangsa.

Perbedaan Antara Asimilasi Dan Akulturasi Beserta Contohnya

Untuk menemukan perbedaan antara asimilasi dan akulturasi  maka kalian harus mempelajari dan mencermati pengertian dari asimilasi dan alkulturasi terlebih dahulu berikut adalah pengertian asimilasi dan akulturasi:

Akulturasi proses perubahan  di mana terdapat pernyataan sebuah budaya yang berbeda, alkulturasi apa suatu unsur dari kebudayaan asing atau dari  berinteraksi dengan kebudayaan masyarakat tertentu yang berbeda dan lambat laun kelompok tersebut akan menyerap unsur-unsur kebudayaan asing tersebut dengan tanpa menghilangkan kebudayaan asli atau ciri khas dari kelompok tersebut.

Asimilasi adalah dimana proses pembauran kebudayaan yang berbeda atau asing disertai dengan hilangnya ciri khas atau kebudayaan asli dari kelompok tersebut dan terbentuklah sebuah kebudayaan baru  dengan sifat baru yang ditimbulkan oleh kebudayaan asing tersebut terhadap kebudayaan asli atau lama di suatu kelompok

Dari pengertian di atas kita bisa memberikan penilaian pembedaan antara akulturasi dan asimilasi yang secara umum yang terletak pada hilang dan tidaknya  nya ciri khas atau kepribadian asli dari suatu kebudayaan saat bertemu dengan kebudayaan asing atau kebudayaan lainnya.

Baca Juga: Perbedaan Monokotil Dan Dikotil Lengkap Dengan Contohnya

Jelaskan Perbedaan Antara Asimilasi Dan Akulturasi

Apa perbedaan antara asimilasi dan akulturasi? setelah membaca ulasan di atas Jika kalian masih belum paham dengan pengertian asimilasi dan akulturasi di atas berikut kesimpulan tentang perbedaan antara akulturasi dan asimilasi.

Akulturasi adalah sebuah proses sosial yang timbul Ketika suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu yang dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing.

Asimilasi adalah sebuah pembaruan dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas sebuah budaya asli sehingga terbentuklah kebudayaan baru di suatu kelompok  tersebut.
Untuk asimilasi memiliki 3 jenis:

1. Asimilasi budaya
Proses pengambilan nilai kepercayaan, ideologi,  bahasa, dan simbol dari kebudayaan lain

2. Asimilasi struktural
Bagaimana proses penetrasi kebudayaan yang berasal dari suatu kelompok etnik ke dalam  etnik lain melewati hubungan keluarga teman dan lainnya

3. Asimilasi perkawinan
Asimilasi perkawinan juga disebut sebagai asimilasi fisik yang terjadi karena perkawinan antara dua etnis berbeda yang melahirkan sebuah etnik atau ras baru

Contoh dari perbedaan asimilasi dan akulturasi yang bisa kalian amati dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhanb Dengan Contoh Gambar

Contoh asimilasi

  1. Saat pergi ke pantai menggunakan pakaian bikini yang dilakukan oleh warga Indonesia asli dibawa oleh budaya asing
  2. Kebudayaan Betawi dengan Tiongkok yang menghasilkan budaya baru seperti tari lenong dan tari congkek

Contoh akulturasi

  1. Masjid yang yang mengadopsi desain dari khas negara lain yang ada di Indonesia, tetapi tidak  menghilangkan unsur utama masjid yaitu sebagai tempat ibadah tempat ibadah.
  2. Bentuk dari Candi adalah perpaduan antara Kebudayaan Hindu Budha dan Indonesia
  3. Wayang golek atau kulit yang menceritakan kisah Mahabharata atau Ramayana dari India adalah budaya yang dibawa Hindu ke Indonesia.


Demikianlah penjelasan Apa perbedaan antara asimilasi dan akulturasi yang bisa kalian jadikan referensi untuk bahan pembelajaran di sekolah ataupun bahan penelitian tentang interaksi sosial di sekitar kalian, dengan adanya artikel Apa perbedaan antara asimilasi dan alkulturasi Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post