94DTCVv3Yden5O8wBOvNfDZFHlDJocscH4Dp8BlE
6 Jenis Bisnis di Internet Yang Sangat Potensial

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

6 Jenis Bisnis di Internet Yang Sangat Potensial

6 Jenis Bisnis di Internet Yang Sangat Potensial
Bisnis masa kini yang menjanjikan mungkin tidak banyak orang tau tentang hal ini, karna kebanyakan orang indonesia merupakan mental karyawan daripada mental pembisnis padahal jika mau berlajar banyak sekali bisnis dari dunia digital dan bisnis internet tanpa modal yang bisa kita jadikan alternative untuk mencari rejeki selain mengandalkan perusahaan.

Sejak 5 tahun lalu perkembangan teknologi di Indonesia berjalan sangat pesat. Dan tentu hal ini mendorong beberapa perubahan khususnya di bidang perekonomian. Ada yang merasa perkembangan teknologi sangat buruk karena mereka tidak bisa mengikutinya, ada yang juga mengatakan ini bagus karena bisa membuat hal yang dulunya sulit menjadi sangat mudah saat ini.

Karena hal tersebut juga, perkembangan jenis pekerjaan juga semakin banyak. Banyak jenis pekerjaan baru yang lahir karena perkembangan teknologi. Karena peluang bisnis yang dilakukan secara digital lebih potensial ketimbang bisnis yang hanya dilakukan secara offline atau konvensional.

Bahkan banyak dari pekerjaan tersebut yang tidak memerlukan ijazah sama sekali. Karena apa? Karena dari sisi pendidikan Indonesia sendiri kurikulumnya masih sangat jadul yang hanya mengacu pada pekerjaan konvensional.

Seperti contohnya di dunia perkuliahan hingga saat ini belum ada kurikulum yang mempelajari tentang dunia digital marketing secara spesifik. Seperti kelas programmer, developer, robotic, big data, dan lain-lain. Padahal pekerjaan tersebut sangat-sangat dibutuhkan saat ini, dan akan semakin banyak ke depannya. Oke tanpa lama-lama lagi, berikut:


6 jenis bisnis dan pekerjaan yang sangat potensial


1. Jadi Pengiklan/Advertiser

Bisnis ini intinya sangat mudah. Anda hanya perlu mencari klien yang membutuhkan jasa pengiklan, dan anda menyediakan jasa untuk klien tersebut mencari platform yang tepat untuk mereka beriklan.

Saat ini banyak sekali platform periklanan yang bisa anda pakai. Seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan lain-lain. Dan caranya pun cukup mudah. Tidak perlu saya bahas detail disini untuk bagaimana caranya karena saya yakin di Google cukup banyak tutorial yang membahas tentang Google Ads.

2. Penyedia List Building

List building itu merupakan sekumpulan list data seperti nomor whatsapp, bbm, nomor hp, dan lain-lain. Data ini sangat dibutuhkan perusahaan untuk ladang mereka menebar promosi. Nah dari sini kalian bisa memanfaatkan peluang tersebut.

Kalian bisa mendapatkan data-data tersebut secara kreatif. Bisa dengan kalian melakukan survey atau hal lainnya tergantung kreatif kalian.

3. Affiliate Marketing

Jadi pada dasarnya bisnis ini lebih mirip ke dropshipper. Bedanya kalian tidak perlu mengatur stok barang, meminta alamat pembeli dan lain-lain. Kalian hanya perlu memberi link affiliate tersebut ke calon pembeli.

Ketika calon pembeli tersebut melakukan pembelian, kalian akan mendapatkan komisi bergantung penyedia affiliate yang kalian ikuti. Jadi bisnis ini cukup mudah, anda hanya perlu menyebar link dan melakukan promosi.

4. Membuat Toko Online

Nah sejak awal saya sudah mention bahwa dunia digital/online peluangnya cukup menjanjikan. Karena semakin berkembangnya jaman, potensi di dunia digital juga akan terus makin berkembang.

Jika kalian tidak mengerti bagaimana cara membuat toko online, kalian tidak perlu khawatir, Banyak penyedia jasa pembuatan toko online di Indonesia saat ini. Seperti yang terbaik sekelas agensi digital marketing Whello Indonesia, atau jika kalian masih terkendala biaya kalian bisa mencari tutorial di Internet.

Karena dengan kalian menjual produk secara online, pemasaran produk kalian tidak terbatas oleh jarak. Kalian bisa menjangkau calon pembeli kalian yang mungkin ada di luar kota, luar provinsi, atau bahkan luar negeri. Beda jika kalian hanya memasarkan produk secara offline, hanya orang yang ada di sekitar toko kalian saja yang akan mengetahui produk kalian.

5. Menjadi Content Writer 

Dilansir dari Google bahwa website yang ada di seluruh dunia terus bertambah sampai ribuan per harinya. Karena itu sudah jelas pasti jasa seperti content writer akan semakin dibutuhkan kedepannya.

Karena selain sebagai content, setiap website pasti butuh yang namanya blog untuk membantu kinerja SEO dari website mereka. Dan kebanyakan content writer itu tidak dibutuhkan hanya 1 atau 2 minggu. Kebanyakan kontrak mereka berkisar antara 3-6 bulan.

So ini peluang yang sangat potensial untuk kalian semua.


6. Menjual Jasa Yang Dibutuhkan di Dunia Digital

Sekarang ini banyak pekerjaan yang bisa dengan dilakukan dari rumah. Atau bahasa gaulnya remote worker. Jadi mereka hanya bekerja di rumah tanpa harus datang ke kantor. Dan kebanyakan pekerjaan sejenis ini adalah pekerjaan yang menjual jasa dan masih relevan di dunia digital marketing.

Seperti contohnya jasa SEO, developer website, digital marketing consultant, dan lain-lain. Karena untuk melakukan pekerjaan ini cukup simple. Asal ada wifi, colokan charger, dan laptop, kalian sudah bisa bekerja di tempat tersebut.

So mungkin itulah 6 jenis bisnis di internet yang sangat potensial sekali peluangnya saat ini. Bagaimanapun zaman terus berkembang, dan mau tidak mau kita harus mengikutinya. Sebenarnya ada banyak sekali jenis bisnis di internet yang juga sangat potensial yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu disini.

Nah itu tugas kalian tergantung kreatif kalian dalam mengeksplor dunia digital marketing. Saya beri sedikit contoh, seperti situs IDCopy yang memberikan jasa beli atau jual akun premium untuk beberapa platform.

Mereka bisa melihat kebutuhan pasar yang potensial. Dimana orang Indonesia untuk membeli akun premium seperti shutterstock dan lain-lain membutuhkan kartu kredit, sementara orang Indonesia kebanyakan tidak punya. Karena itu mereka membuka jasa ini.

Dan sebagai sumber belajar kalian tidak perlu bingung-bingung. Kalian tidak perlu membeli buku yang harganya ratusan ribu berkali-kali. Selama situs google.com masih gratis, selama itu juga kalian bisa belajar hal apapun secara gratis di Google.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post