94DTCVv3Yden5O8wBOvNfDZFHlDJocscH4Dp8BlE
Tutorial Flash Xperia X Compact Docomo SO-02J dengan Firmware Global F5321

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Tutorial Flash Xperia X Compact Docomo SO-02J dengan Firmware Global F5321


Smartphone Sony Xperia X Compact merupakan smarphone mungil yang dikeluarkan Sony pada tahun 2016 lalu. Seperti namanya, smartphone ini mengusung layar 4,5 inch desain yang compact, mungil, dan pastinya nyaman digenggam. Tambahan finishing glossy serta curved desain pada bagian atas bawah membuat smartphone ini terlihat premium.

Tutorial Flash Xperia X Compact Docomo SO-02J dengan Firmware Global F5321


Diluar dari tahun keluaran tersebut, pada tahun 2018, Xperia X Compact naik daun di Indonesia. Sudah tentu kita tahu penyebabnya, yakni masuknya Xperia seri X Compact ini dengan versi Docomo nya di Indonesia.

Masuknya seri Docomo ke Indonesia membuat harga Xperia seri ini menurun drastis ditambah lagi dengan persaingan ketat brand lain, membuat harga serta pamornya semakin terpuruk. Namun, Sony tetap memiliki nama di para pecintanya.

Biarkan saya berbicara pengalaman pribadi sedikit, karena tutorial yang akan saya berikan berdasarkan pengalaman pribadi yang saya alami. Pada tahun 2018 lalu saya membeli Xperia X Compact ini dengan kondisi batangan di toko hijau dengan harga 1,45jt. Impresi saya saat pertama kali menggunakan smartphone ini, saya sangat senang karena performanya ngebut dan tidak nge-lag. 

Namun, sangat disayangkan Xperia X Compact ini memiliki banyak sekali bloatware alias aplikasi bawaan dari Docomo yang sangat tidak berguna sama sekali di Indonesia. Aplikasi Docomo hanya berlaku jika kita menggunakan kartu provider Docomo, sedangkan kita menggunakan kartu provider Indonesia, terlebih lagi kita tinggal di Indonesia. Sampai disini teman-teman tahu penyebab tidak bergunanya aplikasi Docomo di Indonesia.

Lantas, apa permasalahannya jika banyak bloatware dari Docomo? Aplikasi Docomo ini memakan penyimpanan internal, ram, daya baterai, serta kuota internet. Mungkin kuota internet bisa kita toleransikan.

Yang saya sangat permasalahkan adalah ketiga hal diatas. Terlebih lagi di daya tahan baterai. Aplikasi Docomo ini memakan daya tahan baterai hampir 20% karena berjalan di latar belakang, apalagi saat jaringan data aktif, akan membuat kita seolah-olah menggunakan smartphone 300rb-an, karena harus mengecas 2-3 kali dalam sehari.

Dari permasalahan diatas, saya menemukan satu solusi yakni dengan menghapus bloatware. Menghapus bloatware disini ada dua cara. Yakni, menghapus dengan mendapatkan akses root dan tanpa akses root. 

Untuk mendapatkan akses root di Xperia X Compact ini, bagi saya merupakan suatu hal yang amat sulit. Oleh karena itu, saya menggunakan tutorial menghapus bloatware tanpa root. Tutorial menghapus bloatware tanpa root, teman-teman bisa cek disini

Namun, sayangnya dengan menggunakan tutorial tersebut aplikasi masih tersimpan di penyimpanan walaupun sudah mematikan total fungsinya. Karena, aplikasi tersebut masih memakan penyimpanan, maka saya putuskan untuk melakukan flash terhadap Xperia X Compact ini.

Jika teman-teman sudah tahu flash langsung saja ke tutorial. Flash merupakan salah satu upaya menginstal smartphone secara besar. Secara besar yang dimaksud disini yakni mengganti semua software pada smartphone secara total dengan software lain. Software yang dimaksud disini adalah firmware. Berbeda dengan menginstal ulang secara kecil yang hanya menghapus data pengguna saja yang biasa kita sebut dengan reset pabrik (Factory Reset).

 Disini kita akan melakukan flash Xperia X Compact Docomo dengan Firmware Global agar aplikasi docomo nya terhapus. Sebenarnya menghapus aplikasi docomo bukanlah satu-satunya alasan untuk melakukan flash. Banyak alasan lainnya, seperti jaringan tidak stabil, bosan dengan tampilan, fitur-fitur yang berbeda, dan lain-lain.

Perlu saya ingatkan bahwa melakukan flash firmware global terhadap Xperia X Compact akan membuat fitur NFC tidak aktif. Bagi teman-teman yang sangat membutuhkan fitur ini, sebaiknya urungkan saja niat untuk flash firmware global. Baiklah, langsung saja.

Baca Juga: Cara Flash Oppo A37 Dan A37F Lupa Pola Lengkap Dengan Mudah

Pra- flash Sony Xperia X Compact Docomo dengan Firmware Global.

Siapkan terlebih dahulu peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan dibawah ini.

1. Siapkan PC dan Kabel USB. Gunakan PC ber-OS windows dan Kabel USB yang bagus. Menggunakan kabel USB kaleng-kaleng dapat menghambat proses flashing.

2. Download dan instal Sony Flashtool versi 0.9.25 disini. Tutorial instalasi bisa cek postingan Tutorial Lengkap Instal Sony Flashtool windows 7, windows 8, windows 10, dan Linux Ubuntu

3. Untuk flash Xperia X Compact Docomo kita membutuhkan driver manual. Mengapa? karena flashtool tidak menyediakan driver untuk perangkan Xperia diatas 2015. Download driver manual disini (termasuk tutorial instalasi).

4. Download Xperifirm disini. Xperifirm disini berguna untuk mendownload firmware Xperia. Setelah firmware berhasil download, maka kita harus mem-bundle firmware. Tutorial bundle firmware bisa di cek di postingan Tutorial Download Firmware FTF di Xperifirm serta Cara Buat atau Bundiling FTF nya.

Firmware yang sudah jadi, pindahkan ke dalam folder default flashtool di C:\users\nama_pc_anda\.flashTool\firmwares\disini

setelah meyiapkan bahan-bahan diatas, mari kita lanjutkan ke tutorial flash-nya

Tutorial Flash Sony Xperia X Compact Docomo dengan Firmware Global

1. Silahkan Unlock bootloader Xperia X Compact Docomo terlebih dahulu. Mengapa harus unlock bootloader? padahal biasanya tidak? Saya juga tidak tahu mengapa pada beberaapa tipe Sony bundling Docomo harus unlock bootloader terlebih dahulu untuk flash ke firmware global, Seperti Xperia XZ Docomo, Xperia X Performance Docomo, dan Xperia X Compact ini.




Tutorial unlock bootloader teman-teman bisa cek disini. Oiya,, teman-teman juga harus pastikan Xperia X Compact Status bootloader unlock allowed-nya YES. Jika  NO, maka tidak bisa di Unlock bootloader. Tidak bisa unlock bootloader berarti tidak bisa flash menggunakan tutorial ini. Untuk mengecek status bootloader, Dial *#*#7378423#*#* lalu pilih konfigursi silahkan lihat status bootloadernya.

2. Buka Sony flashtool yang telah diinstal
3. Klik logo petir pada sudut kiri atas lalu pilih flashmode.

Tutorial Flash Xperia X Compact Docomo SO-02J dengan Firmware Global F5321


4. Klik pada firmware Sony Xperia X Compact yang sudah di bundle. klik juga panah kecil disampingnya hingga build number muncul, lalu klik pada build numbernya.
5. Centang semua pada semua opsi wipe sin. yang lain abaikan saja. lalu klik flash.

Tutorial Flash Xperia X Compact Docomo SO-02J dengan Firmware Global F5321


6. Tunggu sejenak, flashtool sedang menyiapkan firmware untuk di flash.
7. Jika Pop up untuk menghubungkan Xperia ke PC sudah muncul, hubungkan Xperia X Compact dalam keadaan mati sambil menahan volume bawah.


Tutorial Flash Xperia X Compact Docomo SO-02J dengan Firmware Global F5321


8. Flashing akan berjalan secara otomatis. Tunggu saja prosesnya.
Jika bar hijau sudah kosong dan sudah ada tulisan "flash finished" pada log flashtool berarti flashsing sudah selesai.

Biasanya akan hidup otomatis. Jika tidak nyala secara otomatis, hidupkan Xperia secara manual.

Sampai disini, kita sudah berhasil flash Sony Xperia X Compact Docomo dengan firmware global. Jika teman-teman masih bingung, silahkan hubungi kami. Kami akan berusaha merespon secepat mungkin. 


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post