Jerawat berdarah : apakah berbahaya dan bisa meninggalkan bekas?



Jerawat berdarah : apakah berbahaya dan bisa meninggalkan bekas?

Apakah anda pernah memencet jerawat hingga berdarah? mungkin semua orang yang pernah mengalami jerawatan pernah mengalami hal yang sama, ketika jerawat sudah berwarna putih, rasanya tangan ingin segera memencet untuk mengeluarkan isi jerawat, terkadang saat isi jerawat dipencet keluar, darah Juga ikut keluar. namun pada umumnya darah yang keluar tidak banyak.

lalu Apakah hal ini berbahaya?

Memencet jerawat hingga keluar darah tidak berbahaya
Sebenarnya hal ini tidak berbahaya bagi anda, namun memencet jerawat sampai keluar darah memiliki beberapa resiko, yaitu jerawat semakin menyebar dan terjadi infeksi pada jerawat.


Lalu Bagaimana jika darah yang keluar banyak?

Hal pertama yang harus anda lakukan jika darah yang keluar dari jerawat banyak adalah mengusapnya dengan tisu yang bersih, hal ini untuk mencegah darah yang keluar masuk ke pori-pori lain yang belum terkena jerawat. 
biasanya darah akan berhenti dengan sendirinya, anda hanya harus memastikan bahwa luka yang terbuka sebab dipencet tidak terkena kotoran. agar tidak terjadi infeksi

Namun jika darah yang keluar tidak berhenti, anda bisa menutupnya dengan plester luka, hal ini akan menghentikan pendarahan dan luka akan tertutup dengan sendirinya.

Pendarahan dalam jumlah banyak terjadi diakibatkan adanya jaringan darah yang terbuka, untuk mencegahnya Jangan sembarangan memencet jerawat, apalagi dilakukan dengan tekanan yang kuat.

Kalau tidak boleh dipencet, lalu Bagaimana cara mengeluarkan isi jerawat?
Jika memang Anda harus mengeluarkan isi jerawat, jangan memencetnya. cara yang bisa anda gunakan adalah dengan menusuknya, atau mencubitnya. kedua hal ini dapat mengeluarkan isi jerawat tanpa harus merusak jaringan kulit yang ada di sekitar jerawat, Selain itu kemungkinan terjadinya pendarahan pada jerawat akan semakin kecil.


Bagaimana caranya menusuk jerawat?

Pertama siapkanlah sebuah jarum, dan alkohol atau korek api. 

Kemudian siram jarum tersebut menggunakan alkohol atau bakar menggunakan korek api agar bakteri yang ada jarum mati. Selanjutnya anda bisa menusuk jerawat Anda dengan aman tanpa khawatir terjadi infeksi.

Tusuklah tepat di mata jerawat, biasanya berwarna putih Tengah jerawat... tusuklah hanya di permukaan nya saja, anda tidak perlu khawatir untuk menusuk mata jerawat, karena itu adalah kulit yang sudah mati, setelah terdapat lubang di mata jerawat Anda bisa menekan jerawat secara perlahan untuk menghindari pendarahan, dan untuk menghindari kerusakan pada jaringan kulit.


Bagaimana cara mencubit jerawat dengan benar?

Sebelum mencubit jerawat dengan kuku anda, Anda harus mensterilkan kuku Anda menggunakan alkohol agar tidak terjadi infeksi pada jerawat, yang diakibatkan oleh bakteri yang ada di tangan anda.

Setelah tangan ada steril, Anda bisa mencubit mata jerawat hingga terdapat lubang sedikit, Lalu Anda bisa memencet secara perlahan untuk mengeluarkan isi jerawat, hal ini bisa mengurangi resiko pendarahan pada jerawat Anda.


Apakah jerawat berdarah akan meninggalkan bekas luka?

Jawabannya adalah tidak selalu, sebenarnya penyebab utama terjadinya bekas luka pada jerawat bukan karena dipencet.

Penyebab utamanya ada pada jerawat itu sendiri, biasanya dikarenakan adanya peradangan hebat dan jerawat berukuran besar. 

Untuk menghindari adanya bekas jerawat, jangan pernah memencet jerawat Anda dengan tangan yang kotor, atau setelah memencet, anda membiarkan luka tersebut menganga hingga kotoran bisa masuk ke pori-porinya. Hal ini dapat mengakibatkan infeksi yang berujung pada peradangan.


Kesimpulan

Jerawat yang berdarah sebenarnya tidak berbahaya, asal anda bisa menjaga kebersihannya. kalau memencet jangan keras-keras karena dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan kulit. 

Jangan memegang luka jerawat dengan tangan yang kotor, Untuk menghindari infeksi yang bisa mengakibatkan peradangan pada jerawat. atau hal ini akan membuat jerawat tersebut meninggalkan bekas luka dalam jangka waktu yang lama.

Tampilkan Komentar


EmoticonEmoticon