Cara Mengobati Jerawat Batu di Hidung

cara mengobati jerawat batu pada hidung

Jerawat batu berbeda dengan tipe jerawat yang lain, jerawat ini memiliki rasa yang sakit ketika disentuh, dan sulit untuk mengeluarkan nanah di dalamnya, karena jerawat batu terbentuk jauh di dalam kulit wajah. kali ini kami akan menjabarkan tentang jerawat batu di hidung dan cara mengobatinya. 

Karena berada di bawah permukaan kulit, jerawat batu butuh waktu yang lebih lama untuk sembuh daripada jerawat biasa. ukurannya pun biasanya lebih besar daripada jerawat biasa. 

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan jerawat batu di hidung muncul?
pada dasarnya, jerawat batu timbul karena beberapa hal, diantaranya adalah 

Karena Bakteri

Hidung anda selalu memiliki resiko untuk terpapar bakteri, contohnya dari tangan anda sendiri . Tangan yang kotor dan tidak dibersihkan dengan baik apabila digunakan untuk mengusap hidung, maka bakteri dari tangan Akan berpindah di hidung.

Apabila bakteri tersebut sampai terperangkap di pori-pori hidung, maka bakteri akan menyebabkan infeksi. itulah yang menyebabkan jerawat batu muncul di hidung anda. 

Karena penyumbatan pori-pori oleh sel-sel kulit mati dan kotoran
Selain bakteri, sel-sel kulit mati atau kotoran bisa juga menyebabkan jerawat batu di hidung, hal ini terjadi jika wajah tidak dibersihkan setiap hari.

Saat pori-pori tersumbat, minyak yang diproduksi oleh wajah tidak bisa keluar melalui pori-pori, awalnya hanya sedikit namun lama-lama akan menumpuk dan semakin membesar. jika minyak yang terperangkap makin banyak, Hal inilah yang menyebabkan jerawat batu.

Cara mengobati jerawat batu di hidung

Sebenarnya jerawat akan sembuh dengan sendirinya bila hanya 1 buah saja, Namun apabila anda memiliki banyak jerawat, atau jerawat Anda mengalami peradangan yang cukup parah maka anda dianjurkan untuk datang ke dokter kulit atau dermatologis.

Dokter kulit akan mencari tahu penyebab dari jerawat anda, kemudian memberikan pengobatan sesuai dengan gejala dan juga penyebabnya.

Ada beberapa pengobatan yang biasanya digunakan oleh dokter kulit, yaitu menggunakan

Obat-obatan Antibiotik

Untuk jerawat batu yang terjadi karena diakibatkan oleh bakteri, dokter biasanya akan memberikan antibiotik. namun ingat, antibiotik harus sesuai resep dokter dan tidak boleh berhenti mengkonsumsi sebelum obatnya habis atau dengan petunjuk dokter.

Jika anda berhenti sebelum obat habis, bisa jadi bakteri penyebab jerawat di hidung akan menjadi semakin kuat dan tidak bisa diatasi dengan antibiotik biasa.

Pemberian krim atau lotion

Krim yang biasa digunakan untuk pengobatan jerawat batu pada hidung adalah yang mengandung retinoid dan vitamin A, fungsi dari retinoid adalah untuk menjaga kecantikan, menyembuhkan jerawat, mengatasi flek hitam dikarenakan sinar matahari.

Namun untuk ibu hamil dan menyusui, krim atau lotion yang mengandung retinoic sangat dilarang. Atau bisa digunakan namun dengan petunjuk dari dokter.

Jika anda ingin menggunakan krim ini, pastikan anda berkonsultasi pada dokter kulit terlebih dahulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Perawatan Untuk Merawat dan Mencegah Jerawat batu pada hidung

Anda bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini untuk merawat jerawat batu pada hidung anda :

Membersihkan hidung dan wajah

Membersihkan hidung dan wajah secara berkala, Jika perlu Anda bisa menggunakan sabun wajah untuk membersihkan minyak yang berada di pori-pori hidung dan wajah anda.

Hal ini untuk mencegah adanya bakteri atau kotoran yang menyumbat jalan keluar minyak wajah.

Hindari beberapa makanan yang bisa memperparah jerawat

Beberapa makanan yang harus anda hindari adalah makanan yang berbahan susu, makanan atau minuman yang berbahan coklat, dan makanan yang memiliki rendah serat.

Anda bisa mengkonsumsi makanan di atas setelah jerawat batu di hidung anda sembuh.

Tampilkan Komentar


EmoticonEmoticon