Cara Merawat dan Mengatasi Jerawat Pasir di Dahi

Cara Merawat dan Mengatasi Jerawat Pasir di Dahi

Mengatasi jerawat pasir adalah hal yang lumayan sulit bagi sebagian orang. jerawat ini disebut jerawat pasir karena muncul secara berbarengan dan dalam jumlah banyak, Jika dilihat dari dekat terlihat berbentuk bintik-bintik kecil yang menyerupai ukuran pasir.

Biasanya jerawat ini muncul di bagian dahi, bagi wanita hal ini mengganggu dan merusak penampilan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? agar wajah kembali menjadi mulus seperti sedia kala?

Sebelum membahas tentang bagaimana cara menyembuhkannya, Anda harus tahu terlebih dahulu kenapa jerawat pasir ini timbul di wajah.


Penyebab jerawat pasir :

1. Make up yang tidak dibersihkan

Ada beberapa penyebab kenapa jerawat pasir bisa muncul di wajah, yang pertama adalah karena tidak membersihkan make up secara benar..

Hal ini khususnya untuk wanita, apabila anda menggunakan make up, maka usahakan untuk membersihkannya ketika sudah selesai digunakan, make up yang tidak dibersihkan dengan sempurna akan menutup pori-pori dan bercampur dengan minyak di wajah. 

Pori-pori pun akhirnya tersumbat dan keringat tidak bisa keluar. Hal inilah yang menyebabkan jerawat pasir timbul.

Baca juga :Cara Mengobati Jerawat Batu di Hidung

2. Solusi jerawat pasir karena make up

Solusinya adalah, Anda bisa membersihkanya dengan make up cleanser, atau Anda juga bisa menggunakan sabun pembersih wajah seperti Biore atau yang lain. 

Jika anda tidak memilikinya, Anda bisa menggunakan air saja, namun pastikan untuk membersihkannya hingga ke pori-pori anda.


3. Solusi jerawat pasir karena make up

Pada saat stres sebagian orang bisa merasakan kejanggalan pada kulitnya, seperti gatal-gatal atau timbulnya jerawat

Sebenarnya hubungan antara jerawat dan stres masih dipertanyakan oleh para ahli karena kurangnya referensi. Namun untuk pencegahan hindarilah stres secara berlebihan agar jerawat pasir tidak muncul di wajah anda.


4. Solusi jerawat pasir karena stres

Luangkanlah waktu anda untuk berlibur, atau sekedar bersantai di rumah tanpa memikirkan pekerjaan dan beban hidup anda, apabila anda rileks maka sirkulasi darah di dalam tubuh dan wajah anda akan semakin lancar,hasilnya anda akan semakin sehat.


5. Jerawat pasir timbul karena rambut yang kotor

Ternyata ada hubungan antara rambut yang jerawat pasir, rambut yang jarang dicuci pasti memiliki banyak kotoran dan bakteri yang menempel, 

Umumnya rambut akan mengenai dahi anda bukan? dan bakteri serta kotoran di rambut akan menempel di kulit wajah anda.

Apabila tidak dibersihkan secara maksimal hal itu akan mengakibatkan jerawat pasir.


6. Solusi jerawat pasir karena rambut kotor

Bersihkanlah rambut Anda minimal 3 hari sekali, agar tidak ada bakteri atau kotoran yang menempel di sana.


7. Menyentuh wajah dengan Tangan yang kotor

Apabila anda bekerja di luar ruangan, dan melakukan kontak langsung dengan benda kotor, pasti tangan anda juga akan kotor.

Jangan menyentuh atau mengusap wajah anda menggunakan tangan kotor tersebut. karena kotoran akan menempel di wajah dan bisa mengakibatkan jerawat pasir.

Solusinya adalah dengan menggunakan sarung tangan saat menyentuh barang yang kotor, atau segera mencuci tangan jika ingin memegang wajah.


Cara Perawatan jerawat pasir

Ada beberapa perawatan yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan jerawat pasir, yang pertama adalah:

  •  Menggunakan obat dengan resep dokter

Apabila anda sudah kerepotan untuk membersihkan jerawat di wajah anda, Anda bisa pergi ke klinik dokter kulit terdekat di kota Anda.  Biasanya dokter akan memberi obat jerawat untuk diminum, seperti doxycycline, minocycline, tetracycline, atau erythromycin.

Resep ini harus sesuai dengan petunjuk dokter, obat-obatan tersebut digunakan untuk membasmi bakteri yang ada di kulit anda, sehingga mengurangi pembentukan jerawat dikarenakan bakteri. 

  • Jangan memencet jerawat Anda

Memencet jerawat bisa mengakibatkan infeksi, bukannya sembuh, jerawat bisa semakin menyebar ke wajah anda. 

  • Bersihkan wajah secara rutin

Yang terakhir adalah bersihkan wajah secara rutin, Jika perlu gunakan wajah seperti Cleanser, atau sabun pembersih muka. hindari penggunaan pembersih dengan kandungan merkuri, karena bisa menyebabkan kerusakan pada kulit wajah anda.

Tampilkan Komentar


EmoticonEmoticon