6 Cara Diet Setelah Melahirkan Untuk Ibu Menyusui

Setelah melahirkan, hampir setiap wanita mengalami perut buncit, Hal ini cukup mengganggu penampilan, ingin diet dengan mengurangi makan... Tapi takut nanti susu tidak keluar, Lalu bagaimana solusinya agar bisa diet tanpa harus mengorbankan ASI untuk anak.

Pada diet setelah melahirkan untuk ibu menyusui, yang terpenting adalah jadwal makan, dan apa yang dikonsumsi, juga kestabilan emosi. Dengan penjadwalan yang benar dan juga konsumsi makanan yang tepat dapat menurunkan berat badan Anda hingga kembali menjadi langsing.

Disarankan untuk tidak terlalu memforsir diri dalam diet, selalu cukupi kebutuhan nutrisi setiap hari baik untuk diri Anda dan juga untuk bayi anda.

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Normal Secara Tradisional

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Normal Secara Tradisional

1. Kurangi makanan bergula banyak

Hampir setiap wanita menyukai makanan manis, jika anda salah satunya maka sebisa mungkin jauhi makanan yang memiliki gula banyak, apalagi makanan yang tidak membuat kenyang. Seperti permen, coklat, selai dll. 

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan di dalam gula dapat merangsang zat-zat di dalam otak, sehingga kita jadi ingin terus menerus makan. Yang pada akhirnya hal ini akan membuat anda semakin gendut.

2. Kurangi Makanan Berlemak

Lemak dapat meningkatkan berat badan lebih daripada gula, jika kandungan kalori dalam gula adalah 4, maka kandungan kalori dalam lemak adalah 9. Ini berarti kandungan lemak dua kali lebih besar daripada gula.

Maka dari itu hindarilah makanan berlemak seperti gorengan, daging, kulit ayam, sate dan lain-lain. Itulah kenapa Banyak pakar diet yang menyarankan untuk mengurangi konsumsi lemak dan gula.

Namun saran, Jangan sampai tidak mengkonsumsi daging sama sekali khususnya ikan, karena kandungan gizi dalam ikan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak.

3. Makanlah Dengan Porsi Yang Lebih Kecil Namun Sering

Jika anda biasanya makan satu piring penuh sekali makan, anda bisa menguranginya hingga seperempat piring dan anda konsumsi 2 jam sekali, atau 3 jam sekali, hal ini akan menjaga anda untuk tetap merasa kenyang Sehingga anda tidak mengkonsumsi banyak makanan.

Berbeda jika anda lapar, biasanya orang yang lapar cenderung mengkonsumsi makanan dengan jumlah banyak, yang akhirnya akan menjadi tumpukan lemak di tubuh anda.

Makan dengan porsi yang lebih kecil namun sering tetap akan mencukupi kebutuhan bayi anda, sekaligus anda pun bisa lebih langsing selepas melahirkan.

4. Menyusui Bayi Dapat Mengecilkan Lingkar Pinggang

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American journal of clinical Nutrition yang meneliti 25.000 ibu menyusui, menunjukkan hasil bahwa ibu yang menyusui selama 6 bulan sejak melahirkan dapat menurunkan berat badan yang didapat saat hamil.

Hal ini terjadi karena nutrisi yang anda makan digunakan untuk memproduksi ASI, sehingga gizi yang Anda dapat dari makanan menjadi kalori untuk tubuh anda sepenuhnya, 

5. Olahraga Ringan Untuk Diet Ibu Menyusui Setelah Melahirkan

Jika mengurangi konsumsi makan dapat mengurangi asupan lemak untuk tubuh, maka olahraga dapat membakar lemak yang ada di dalam perut dan bagian lain dalam tubuh. 

Untuk ibu yang habis melahirkan, sebaiknya tidak berolahraga dengan berat. Yang bisa anda lakukan adalah jogging, berjalan-jalan ringan, atau mengangkat beban bayi. Anda bisa berjalan-jalan di pagi hari dengan menggendong anak anda. 

Namun untuk Anda yang melahirkan dengan cara cesar, Sebaiknya anda tidak berolahraga dulu sampai jahitan Cesar anda sembuh dengan seutuhnya. Karena bisa berakibat jahitan robek lagi.

Baca Juga: Cara Mengobati Jerawat Batu di Hidung

6. Istirahatlah Dengan Cukup

Mungkin akan susah untuk Anda yang baru saja melahirkan, Anda harus bangun setiap malam untuk menyusui anak anda. Meskipun begitu usahakan untuk tetap istirahat dengan cukup. karena menurut penelitian, kurangnya tidur dapat mengganggu nafsu makan, sehingga anda akan terus merasa lapar.

Itulah diet setelah melahirkan untuk ibu menyusui, semoga bermanfaat
Tampilkan Komentar


EmoticonEmoticon